Ikan nila merah dan Ciri-ciri Ikan Nila Citralada

JENIS IKAN NILA BESERTA CIRI CIRINYA

Ciri-ciri Ikan Nila Citralada

Ikan Nila Citralada - Nila adalah salah satu jenis ikan air tawar yang menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi. Pemberian nama nila sendiri diambil dari asal muasal ikan tersebut, yakni Sungai Nil di Afrika. Sekitar tahun 1969, ikan nila diperkenalkan di Indonesia dan beberapa rekayasa dilakukan demi mendapatkan strain ikan nila terbaik. Dengan begitu, ada berbagai jenis ikan nila yang beredar di kalangan pembudidaya, di antaranya adalah; Ikan nila JICA, Ikan nila Gesit, Ikan nila Nirwana, Ikan nila Jatimbulan, Ikan nila Best, Ikan nila Larasati, Ikan nila Srikandi Nirwana Il, Ikan nila Sultana, Ikan nila Anjani, Ikan nila Nilasa, Ikan nila Pandu, dan Ikan nila Kunti. Permintaan pasar yang sangat tinggi terus memacu produksi budidaya ikan nila.

Ciri ciri benih unggul : Benih ikan nila unggul berasal dari induk yang diketahui jenis dari galurnya. Disebut benih unggul apabila pertumbuhannya cepat. toleran terhadap lingkungan, tahan terhadap penyakit, dan baik penanganannya. Di Indonesia, ada banyak jenis (strain) ikan nila unggul seperti nila JICA, Nila Gesit, Nila Nirwana, Nila Jatimbulan, Nila Best, Nila Larasati, Nila Srikandi Nirwana Il, Nila Sultana, Nila Anjani, Nila Nilasa, Nila Pandu, dan Ikan Nila Kunti. Semua jenis ikan nila unggul memiliki keunggulan masing-masing, sehingga menjadi bahan pertimbangan untuk pembenihan

Misalnya, Ikan nila Best, Ikan Nila Srikandi, Ikan nila Jatimbulan, dan Ikan nila Nilasa dapat beradaptasi di lahan payau (salinitas). Ikan Nila Gesit dan Ikan nila Sultana memiliki kelebihan atau keunggulan turunannya sebagian besar berkelamin jantan, sehingga sangat cocok untuk budidaya ikan nila monoseks jantan. Ikan nila laras banyak dipilih untuk budidaya dalam Keramba jaring Apung (KJA), Namun yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai ikan nila Citralada. 

Ikan Nila Citralada

Jenis ikan nila yang sudah menyebar : Salah satu strain ikan nila merah ini telah beredar di Indonesia sejak tahun 1989. Didatangkan dari Thailand, Ikan nila Citralada memiliki warna tubuh yang lebih terang dari ikan nila merah pada umumnya dan ikan nila citralada ini juga mempunyai sirip yang lebih panjang. Selain nila Citralada, nila merah dari Thailand yang dikenalkan di Indonesia adalah ikan nila nifi. Perbedaannya, nila nifi dapat melahirkan lebih banyak keturunan jantan.

Ciri-ciri Ikan Nila Citralada

ikan nila merah

Ikan nila Citralada tergolong jenis ikan nila merah. Mungkin jika dilihat sekilas agak sulit dibedakan, namun ikan nila Citralada mempunyai perbedaan tersendiri. Jika diperhatikan baik-baik, Ikan nila Citralada mempunyai warna lebih terang dan mempunyai garis vertikal yang lebih menonjol daripada ikan nila merah lainnya. Selain itu, ikan nila citralada ini juga mempunyai sirip yang lebih panjang.

Upaya pemuliaan genetis ikan nila citralada dan ikan nila nifi kemudian dilakukan oleh BBI Cangkringan menghasilkan ikan nila Cangkringan. Sayangnya, ikan nila Cangkringan belum secara resmi disebar ke pembudidaya. Walaupun pertumbuhannya cukup cepat juga, dalam 4 bulan bobotnya bisa mencapai 200 gram.

Demikianlah informasi mengenai Ikan Nila Citralada dan Ciri-ciri Ikan Nila Citralada, data tentang ikan nila ini kami olah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "Ikan nila merah dan Ciri-ciri Ikan Nila Citralada"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel