CIRI-CIRI IKAN NILA HITAM dan habitatnya

Jenis Ikan Nila Hitam 69

CIRI-CIRI NILA HITAM dan habitatnya

Ikan Nila Hitam 69 - Ikan Nila hitam69 merupakan jenis jenis ikan nila yang pertama kali didatangkan dari Taiwan.
Jenis Ikan nila yang didatangkan dari Taiwan pada tahun 1969, Setelah melalui uji coba, jenis ikan nila ini kemudian disebarluaskan ke masyarakat dan dalam waktu singkat sudah menyebar seluruh daerah di Indonesia. Saking akrabnya dengan jenis ikan nila hitam69, oleh sebagian petani menyebutnya jenis ikan nila lokal.

    Habitat atau lingkungan hidup ikan nila hitam yaitu waduk, rawa, sawah, danau, sungai dan perairan air tawar lainnya. Selain itu, ikan nila mampu hidup dan berkembang biak pada perairan yang bersifat payau, misalnya. tambak dengan salinitas maksimal 29%. Oleh karena itu, masyarakat yang berada di daerah sekitar pantai dapat membudidayakannya, khususnya kegiatan pembesaran ikan nila.

    Ikan nila secara alami menghendaki suhu air antara 22°C – 37°C untuk proses pemijahan, namun untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan ikan nila menghendaki suhu optimum antara 25°C sampai 30°C. Ikan Nila hitam sangat toleran terhadap perubahan suhu air dan tahan kisaran pH yang lebar antara 5 – 11. Namun untuk kehidupan normalnva nila membutuhkan pH antara 7 sampai 8. Ketinggian tempat untuk lokasi budidaya ikan nila antara 0 m dpl – 1000 meter dpl.

    CIRI-CIRI IKAN NILA HITAM

    HABITAT HIDUP IKAN NILA HITAM

    Jenis Ikan nila yang didatangkan dari Taiwan pada tahun 1969 ini memi­liki ciri ciri diantaranya yaitu bentuk tubuh panjang pipih ke samping. Dibandingkan dengan kerabat dekatnya ikan mujair, ikan nila (O.niloticus) badan­nya lebih panjang. Perbandingan antara panjang total dan Iebar badannya 3 : 1, sedangkan ikan mujair hanya 2 : 1.

    Warna di sekujur tubuh hitam dipengaruhi oleh lingkungan hidupnya. Bila dibudidayakan di jaring terapung (perarian dalam) warna ikan lebih hitam atau gelap dibandingkan dengan hasil budidaya kolam (perairan dangkal).
    Sisik-sisik yang melekat di seluruh tubuhnya kasar dan berbentuk ota­noid. Warna sirip dada lebih hitam. 
    CIRI-CIRI IKAN NILA HITAM dan habitatnya
    Pada sirip ekornya terdapat enam buah garis tegak, sedang­kan pada sirip punggungnya yang dironai warna hitam terdapat delapan buah garis tegak dengan bagian pinggir berwarna abu­ abu atau hitam. Selain terdapat pada sirip punggung dan ekor, garis-garis tegak juga terdapat pada kedua sisi tubuh sebanyak delapan buah. 
    Adapun pada ikan mujair, garis-garis tegak sama sekali tidak ada. Perbedaan garis tegak inilah yang dijadikan pedoman untuk membedakan antara ikan nila hitam dengan ikan mujair. Selain itu, ikan nila hitam mem­punyai mata cukup besar dan pada bagian tepi dironai warna putih.

    PERKEMBANGBIAKAN

    Ikan Nila, secara alamiah dapat berkembangbiak sepanjang tahun. Namun. frekuensi pemijahan banyak ter­jadi pada musim penghujan. Ikan nila mudah berkembangbiak tanpa perlakuan khusus.

    Pada umur yang masih relatif muda (4 sampai 5 bulan) Ikan nila hitam sudah kawin, walaupun jumlah telurnya masih sedikit. Jika sudah mencapai bobot 600 gram seekor ikan nila berjenis kelamin betina dapat menghasilkan larva sebanyak 1200 ekor - 1.500 ekor. Oleh karena itu, induk ikan nila yang akan di­pijahkan, paling tidak harus mempunyai berat 500 gram /ekornya.

    Jenis ikan nila hitam ini memang mempunyai banyak sekali keunggulan, berikut ini beberapa keunggulan dari ikan nila hitam.

    Jenis ikan nila hitam memiliki keunggulan, diantaranya:

    1. Pertumbuhan badannya sangat cepat
    2. Mudah berkembang biak
    3. Ikan nila hitam juga termasuk pemakan plankton dan tanaman air lunak yang tumbuh di dalam kolam.
    4. Ikan nila hitam dapat hidup, tumbuh, dan berkembang biak pada kondisi air yang memiliki pH 5 (sedikit asam).

    Habitat atau lingkungan hidup ikan nila hitam yaitu waduk, rawa, sawah, danau, sungai dan perairan air tawar lainnya. Selain itu, ikan nila mampu hidup dan berkembang biak pada perairan yang bersifat payau, Jenis ikan nila hitam ini termasuk salah satu ikan yang mempunyai toleransi terhadap kualitas air dalam kisaran lebar, sehingga mudah dibudidaya di berbagai lokasi.
    Pertumbuhan ikan nila hitam yang berkelamin jantan lebih cepat dibandingkan dengan betina.
    maka dari itu, ikan nila ini dapat dibudidayakan secara kelamin tunggal.

    Nah, Demikian informasi tentang Mengenal ikan nila hitam dan ciri ciri ikan nila hitam dan perkembangbiakkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "CIRI-CIRI IKAN NILA HITAM dan habitatnya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel