KLASIFIKASI IKAN PIRANHA, KARAKTERISTIK IKAN PIRANHA DAN JENIS JENISNYA

IKAN PIRANHA DAN KARAKTERISTIKNYA

KLASIFIKASI IKAN PIRANHA, KARAKTERISTIK IKAN PIRANHA DAN JENIS JENISNYA

Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Piranha - Ikan Pirana atau Piranha merupakan sejenis ikan air tawar yang hidup di perairan tropis sungai-sungai di Amerika Selatan. Laut Merah dan danau Kaptai, Bangladesh. Ikan Piranha sangat sensitive dan tertarik dengan bau darah ini terkenal sebagai ikan buas yang paling ditakuti, dengan giginya yang kuat, runcing dan tajam.

Klasifikasi Ikan Piranha

Kingdom:     Animalia

  • Filum:     Chordata
  • Kelas:     Actinopterygii
  • Ordo:     Characiformes
  • Famili:     Serrasalmidae
  • Pristobrycon
  • Pygocentrus
  • Pygopristis
  • Genera
  • Catoprion
  • Serrasalmus

Pada saat ini tercatat  mencapai 60-an spesies ikan piranha yang tercatat dan tersebar disegala penjuru dunia. Hampir 80% dari spesies yang ada terdapat di sungai tropis Amazon, Amerika Selatan.

Pada habitatnya ikan piranha hidup secara berkelompok atau berkoloni, sehingga membuat ikan piranha ini terkesan tangguh dihadapan predator-predatornya. Ikan piranha biasanya memakan predatornya yang telah mati secara bersama-sama dengan kelompoknya/koloni. Dalam satu kelompok biasanya berjumlah 20 ekor tidak lebih.

KLASIFIKASI IKAN PIRANHA, KARAKTERISTIK IKAN PIRANHA DAN JENIS JENISNYA

Piranha jenis ikan air tawar omnivora, Di sungai-sungai Venezuela, Ikan piranha disebut caribes. Ikan piranha terkenal dengan gigi tajam dan pemakan daging. Ikan Piranha dapat berubah menjadi kanibal jika kondisi lingkungan yang memburuk seperti berkurangnya makanan di alam, ruang hidup dan oksigen dapat membuat mereka saling memangsa. Ikan Piranha dapat mencapai panjang hingga 30 cm, dan beratnya sekitar 7,7 kg.
Gigi ikan Piranha sangatlah tajam dan runcing. Giginya pun tersusun rapi dalam satu baris. dan makanan ikan piranha ini adalah ikan, reptile, serangga, cacing dan mamalia.

    perkawinan ikan piranha juga terjadi pada bulan April dan Mei. Di setiap perkawinan itu, ikan Piranha betina dapat memprduksi hingga 5.000 telur. 
    Ikan piranha yang memiliki reputasi paling agresif adalah piranha perut merah, dalam bahasa latinnya Pygrocentrus Natterereri.

    Dari seluruh jenis ikan air tawar yang pernah dipelihara sebagai hiasan mungkin hanya jenis PIRANHA saja yang tidak diizinkan untuk dipelihara di rumah. Sebab jenis ikan ini tergolong jenis ikan yang paling berbahaya dan tidak bersahabat dengan manusia.

      Serangan ikan piranha sangat ditakuti karena dapat membunuh hewan bahkan manusia yang terjebak di sungai. Ikan piranha paling tidak tahan melihat dan mencium bau darah begitu mencium bau darah, ikan piranha akan langsung menyerbu dalam gerombolan besar. Lalu menyobek-nyobek daging hingga tidak bersisa. Ikan Piranha juga dilengkapi dengan organ sensorik khusus yang mampu mendeteksi aliran darah dalam air

      Meskipun ikan piranha ini tergolong ikan yang paling tangguh saat bersama, namun ikan piranha  tetap saja memiliki predator yang selalu siap memangsanya. Predator atau musuh yang biasa memburu ikan piranha diantaranya adalah buaya, kura-kura, lumba-lumba dan burung dandang.

        Karakteristik Ikan Piranha

        ciri ikan piranha
        1. Kelompok Ikan Piranha terdiri dari 1.000 ikan. Kelompok yang paling mereka musuhi adalah kelompok buaya, kura-kura dan  lumba-lumba.
        2. Ikan Piranha mempunyai kulit perak yang ditutupi cercak merah. perpaduan warna ini berfungsi sebagai kamuflase pada perairan yang mereka huni.
        3. Gigi Ikan Piranha sangatlah tajam dan runcing. Giginya pun tersusun rapi dalam satu baris. Kekuatan gigitannya ini bisa disamakan dengan kait yang terbuat dari perak
        4. perkawinan ikan piranhan terjadi pada bulan April dan Mei. Di setiap perkawinan itu, Ikan Piranha betina dapat memproduksi hingga 5.000 telur.
        5. Tubuh Ikan Piranha bisa sampai 5,5-17 inci, beratnya sekitar 7,7 kg.
        6. Ikan piranha juga hidup di alam liar hingga 25 tahun lamanya.
        7. Ikan Piranha juga dilengkapi dengan organ sensorik khusus yang mampu mendeteksi aliran darah dalam air
        8. Tulang rahang ikan piranha sangatlah kuat. Bahkan, ikan piranha mampu menghancurkan tulang tangan manusia dalam waktu 5-10 detik.

        10 jenis ikan piranha :

        1. Ikan Piranha Pygopristis Denticulata
        2. Jenis ikan piranha gigi besar ini memiliki ukuran panjang maksimal 20 cm. Ikan yang hidup soliter ini memiliki warna kebiruan di bagian punggung dan kekuningan atau orange dibagian perut, dengan bintik hitam diseluruh tubuh.
          Ikan piranha jenis ini bersifat karnivora, kanibal, agresif, predator, memiliki rahang yang kuat dan susunan gigi unik dan tajam. Ikan ini makan dengan cara mencabik-cabik mangsanya.
          Memiliki mata besar dan lubang hidung yang besar pula. Sirip berwarna kemerahan dan bentuk kepala yang cembung.

          Habitat Pygopristis denticulata
          Habitat Pygopristis denticulata adalah perairan air tawar, hidup pelagis di perairan sungai yang berlumpur. Selain terdapat di sungai, ikan piranha jenis ini juga bisa ditemukan di rawa dan danau air tawar. 

          Penyebaran Ikan Piranha Pygopristis denticulata
          Ikan piranha Pygopristis denticulata berhabitat di sungai Amazon dan penyebaran daerah asing diantaranya adalah wilayah Amerika Selatan, mencakup wilayah perairan Brazil, Guyana, Guyana Perancis, Venezuela dan Suriname.

        3. Ikan Piranha Pygocentrus Nattereri
        4. Jenis ikan piranha Pygocentrus nattereri atau red piranha ini memiliki ukuran panjang maksimal 30 centimeter. Ikan piranha yang hidup soliter ini memiliki warna perak kemerahan dengan bentuk kepala tumpul, dan mulut yang agak kecil. Ikan ini makan dengan cara mencabik mangsanya.
          Ikan piranha jenis ini bersifat karnivora, kanibal, agresif, predator, ikan piranha jenis ini memiliki rahang yang sangat kuat dan susunan gigi unik dan tajam.

          Habitat ikan Piranha Pygocentrus nattereri
          Habitat jenis ikan piranha ini adalah danau, kolam, menghuni sungai, anak sungai dan kawasan hutan banjir. hidup di perairan sungai yang berlumpur, dan ikan piranha jenis ini dapat ditemukan di wilayah Guyana dan Brazil. Selain terdapat di sungai, ikan piranha jenis ini juga dapat ditemukan di rawa-rawa dan danau air tawar. 

          Penyebaran ikan Piranha Pygocentrus nattereri
          Jenis ikan piranha ini tersebar sangat luas di alam, habitat asli diantaranya ialah Bolivia, Paraguay, Argentina, Uruguay, Venezuela, Kolombia, Ekuador, Guyana, Brazil dan Peru. Namun ikan piranha jenis Pygocentrus nattereri iniTerdapat juga di saluran air di beberapa sungai besar di Amazon, Rio Paraguay, Rio Essequibo dan Rio Parana.

          Penyebaran ikan piranha jenis Pygocentrus nattereri
          Penyebaran ikan piranha jenis ini terdapat di wilayah Kansas, Ohio, Nebraska, Florida, Hawaii, Texas, Washington, Michigan, Ontario, Virginia, Minnesota,Oklahoma, Pennysylvania dan Massachusetts.

        5. Ikan Piranha Pygocentrus Cariba
          ikan dewasa memiliki bagian atas tubuh berwarna abu-abu keperakan. Sebagian besar kepala berwarna abu-abu, dengan warna oranye atau merah di sisi bawah. Tubuh bagian bawah berwarna merah atau merah-oranye, dan bervariasi dari suatu ikan dengan ikan yang lain. memiliki bintik-bintik hitam di seluruh tubuh bagian atas mereka, mirip dengan juvenil dari ikan Pygocentrus nattereri.

          KLASIFIKASI IKAN PIRANHA, KARAKTERISTIK IKAN PIRANHA DAN JENIS JENIS IKAN PIRANHA

          Mata berwarna keperakan, dengan pigmen hitam di atas dan di bawah iris. Sirip punggung gelap keabu-abuan, dan sirip adiposa berwarna hitam. Sirip anal dan sirip dada yang berwarna oranye sampai merah. Sirip ekor menyerupai redbelly, yaitu gelap dengan band vertikal cahaya di tengah. 

          Habitat Ikan Piranha Pygocentrus cariba
          Habitat Ikan piranha spesies ini adalah perairan tawar pada iklim tropis. 

          Penyebaran ikan piranha Pygocentrus cariba
          Habitat asli ikan piranha jenis Pygocentrus cariba tersebar di lembah dan dataran rendah Rio Orinoco dan wilayah Lianos di Venezuela.

        6. Ikan Piranha Serrasalmus Sanchezi
        7. Piranha ini dinamakan juga Ruby-red Piranha/Ruby-red Throated Piranha karena mereka memiliki warna perut merah cerah yang terlihat tajam. ciri lainnya yaitu Warna mata merah. Bentuk tubuh pipih dan bentuk kepala cekung. Panggul yang berbintik-bintik warna perak. Sirip ekor berwarna gelap dengan garis tengah berwarna abu-abu sampai putih. 

          Habitat ikan Piranha Serrasalmus sanchezi
          Habitat spesies ikan piranha jenis ini yaitu perairan tawar seperti danau, sungai, dan kolam.

          Penyebaran Ikan Piranha Serrasalmus sanchezi
          Habitat asli dari ikan piranha jenis Serrasalmus sanchezi yaitu di wilayah umum Loreto, Peru dan lebih sedikit terdapat di Rio Ucayali, Reserva Nasional Pacaya Samiria. 

        8. Ikan Piranha Serrasalmus Gibbus
        9. Seperti halnya ikan piranha jenis lain dalam genus Serrasalmus, ikan piranha jenis Serrasalmus gibbus juga bersifat karnivora, agresif, kanibal, predator/pemangsa, Ikan piranha jenis ini juga memiliki rahang yang sangat kuat dan susunan gigi unik dan sangat tajam, ikan piranha jenis ini dapat tumbuh maksimal sampai berukuran panjang 21 centimeter. Ikan piranha jenis ini makan dengan cara mencabik-cabik mangsanya sampai hancur.

          Habitat asli ikan piranha Serrasalmus gibbus
          Habitat asli spesies ikan piranha ini adalah perairan tawar seperti danau, sungai dan kolam.

          Penyebaran ikan piranha jenis Serrasalmus gibbus
          Ikan piranha jenis ini hidup pelagis di perairan tawar pada wilayah yang beriklim tropis.

        10. Ikan Piranha Serrasalmus Rhombeus
        11. Ikan Piranha jenis Serrasalmus Rhombeus adalah salah satu jenis ikan Piranha yang terganas dan paling besar ukurannya. Saat masih berukuran kecil, ikan piranha jenis Rhombeus memiliki warna kelabu dengan bintik-bintik hitam ditubuhnya. 
          Postur tubuh ikan piranha jenis Rhombeus ketika dewasa akan terlihat kekar dan sangat besar. Ikan piranha jenis Rhombeus memiliki warna mata yang berwarna merah menakutkan. Dengan memiliki rahang yang sangat lebar dan kokoh dilengkapi dengan gigi-gigi besar yang sangat tajam yang berguna untuk menghancurkan mangsa yang berkulit keras. 
          Ukuran maksimal ikan piranha jenis ini yaitu panjang horizontal lebih dari 50 Centimeter dan panjang vertikal tubuhnya lebih dari 25 Centimeter. Ikan piranha Rhombeus memiliki 2 jenis warna, yaitu yang berwarna hitam polos dan warna hitam dengan bintik-bintik disisiknya. Bahkan disaat masih bayi sekalipun, bentuk tubuh ikan Piranha jenis ini sudah cukup menyeramkan.

          Ikan piranha Rhombeus bersifat sangat soliter dan teritorial bahkan kemungkinan besar ikan piranha jenis ini juga memiliki sifat kanibal. apabila ada ikan, katak atau satwa apapun yg memasuki daerahnya pasti akan dimangsa oleh piranha Rhombeus.
          Ikan piranha jenis Serrasalmus Rhombeus ini berasal dari sungai Amazon dan sekitarnya. Makanan atau Mangsa utama ikan piranha Rhombeus antara lain yaitu katak, daging, ikan-ikan kecil, burung yang jatuh ke air, ular air dan bahkan ikan piranha jenis Rhombeus ini terbukti mampu memangsa ikan yang ukurannya hampir sama dengannya. 

        12. Ikan piranha Serrasalmus Spilopleura
        13. Ikan piranha jenis ini memiliki ukuran maksimal 30 centimeter dan ikan piranha jenis ini juga bisa berenang dengan sangat cepat. Mereka makan dengan cara mencabik-cabik mangsa.
          Ikan piranha Serrasalmus spilopleura adalah ikan yang bersifat karnivora, agresif, kanibal, predator, soliter, rahang kuat, dan susunan gigi yang sangat tajam. Bentuk kepala ikan piranha jenis ini lebih cembung, bermata besar serta memiliki lubang hidung besar.
          Ikan piranha Serrasalmus Spilopleura berwarna kehijauan pada punggung, dan kekuningan pada bagian perutnya dan disertai dengan bintik-bintik hitam di hampir seluruh tubuh.

          Habitat ikan piranha Serrasalmus spilopleura
          Habitat ikan piranha jenis ini yaitu hidup pelagis di perairan tawar, seperti sungai yang berlumpur dan ikan piranha Serrasalmus spilopleura ditemukan hanya di wilayah Brazil.
          Penyebaran ikan piranha Serrasalmus spilopleura
          Penyebaran Serrasalmus spilopleura adalah Sungai Rio Guaporé Brazil.

        14. Ikan Piranha Serrasalmus Serrulatus
        15. Ikan Piranha Serrasalmus serrulatus merupakan ikan karnivora, agresif, bersifat kanibal, ikan piranha ini bergigi kecil dan tajam dengan rahang yang sangat kuat. Ikan Piranha Serrasalmus Serrulatus memiliki warna perak kehitaman, dengan totol dibagian tubuh atas. bentuk tubuh ikan piranha jenis ini memanjang memiliki ukuran panjang yaitu 19 centimeter. Mata berwarna merah dan besar, memiliki lubang hidung besar.

          Habitat Ikan Piranha Serrasalmus serrulatus
          Habitat spesies ikan piranha jenis ini adalah ikan pelagis air tawar, ikan piranha jenis ini hidup di perairan sungai yang berlumpur dan mereka banyak ditemukan di wilayah Brazil dan Venezuella. Ikan Piranha jenis ini memiliki daerah penyebaran asli yaitu Sungai Amazon dan Rio Atacivi Venezuela 

        16. Ikan Piranha Pristobrycon Striolatus
        17. Bentuk tubuh ikan piranha jenis ini adalah diskoid dengan anterodorsal sedikit melengkung atau lurus. Ikan piranha jenis ini juga memiliki kepala yang sangat kuat dan lebih besar dengan bentuk moncong yang tumpul. Bagian kepala berwarna silver metalik dengan orange dan menjadi merah pada daerah rahang bawah dan opercular serta Iris yang berwarna kuning.
          Jenis Ikan Piranha  Pristobrycon striolatus memiliki ukuran kecil dan tergolong ikan hias dengan ukuran tubuh 10-30 centimeter. Warna tubuh Ikan Piranha Pristobrycon Striolatus adalah kehijauan lateral dan campuran oranye dan merah di daerah perut. Sirip memiliki warna yang kemerahan. 

          Habitat spesies Ikan Piranha Pristobrycon striolatus yaitu hidup pada perairan tawar dan bentopelagis pada iklim tropis.
          Penyebaran asli spesies Ikan Piranha Pristobrycon striolatus yaitu Brazil, French Guiana, Suriname, Venezuela dan Guyana.

        18. Ikan Piranha Metynnis Argenteus
        19. Ikan piranha jenis ini adalah ikan piranha bertubuh pipih dan bulat dengan ukuran yang bisa mencapai panjang 15 centimeter dan Ikan piranha ini dapat hidup selama 10 tahun atau lebih di penangkaran.

          Habitat Ikan Piranha Metynnis argenteus
          Habitat spesies ikan piranha ini merupakan ikan yang sebagian besar menghuni sungai kecil yang terdapat banyak tumbuhan air yang menjadi makanan dari ikan tersebut. Ikan piranha jenis ini juga bersifat herbivora akan tetapi terkadang makan ikan lain juga apabila ikan lain tersebut mudah didapat di alam. Penyebaran spesies ikan piranha Metynnis argenteus ditemukan di lembah sungai Tapajos di Brasil.
        Demikianlah informasi mengenai ikan piranha yang meliputi klasifikasi dan morfologi ikan piranha dan jenis jenis ikan piranha

        Belum ada Komentar untuk "KLASIFIKASI IKAN PIRANHA, KARAKTERISTIK IKAN PIRANHA DAN JENIS JENISNYA"

        Posting Komentar

        Iklan Atas Artikel

        Iklan Tengah Artikel 1

        Iklan Tengah Artikel 2

        Iklan Bawah Artikel