Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Tuna Sirip Biru

Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Tuna Sirip Biru Beserta Habitatnya



mengenal jenis ikan tuna sirip biru beserta habitatnya


Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Tuna Sirip Biru - Ikan Tuna sirip biru selatan (Thunnus maccoyii) adalah tuna dari keluarga Scombridae yang ditemukan di perairan belahan selatan terbuka dari semua lautan di dunia terutama antara 30° S dan 50° S, hingga hampir 60° S. Umumnya, ikan tuna sirip biru di bagian atas tubuhnya berwarna biru logam dan terlihat berkilau putih agak keperakan di bagian bawah yang akan membantu mereka untuk menyamarkan diri. 


Makanan ikan tuna sirip biru : Ikan, seperti ikan teri, pasir tombak, herring, sarden, sprat, bluefish, dan mackerel; juga makan krustasea dan cumi

Klasifikasi Tuna Sirip Biru

Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Tuna Sirip Biru Beserta Habitatnya
  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Famili : Scombridae
  • Genus : Thunnus
  • Subgenus : Thunnus
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Scombriformes
  • Spesies : T. maccoyii
  • Nama Binomial :
  • Thunnus maccoyii 
  • Castelnau, 1872

Ikan tuna sirip biru memiliki bentuk tubuh yang sangat ramping, ikan ini juga memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan memiliki daya tahan yang kuat ketika didalam air. Panjang ikan tuna sirip biru ini bisa mencapai hingga 2,5 meter dan bobotnya bisa sampai hingga 260 kg, dan merupakan salah satu ikan bertulang besar. Ikan tuna sirip biru memiliki warna yang paling cantik dari semua jenis ikan tuna di dunia. Selain itu Ikan tuna sirip biru juga dikenal sebagai jenis ikan tuna terbesar. Pada tahun 2012 yang lalu, ikan tuna sirip biru yang terberat ditemukan dengan bobot mencapai hingga 269 kg. 


Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Tuna Sirip Biru dan habitat hidupnya

Ikan tuna sirip biru (Thunnus maccoyii) juga terkenal sebagai jenis ikan yang sangat ambisius dalam hal melaksanakan migrasi, salah satu kehebatan dari ikan ini yaitu ikan tuna sirip biru ini sanggup berenang dari lautan Amerika Utara menuju ke perairan Eropa beberapa kali dalam setahun tujuannya hanya untuk bertelur dan proses kawin. ikan tuna ini bahkan dapat menarik kembali sirip punggung dan sirip dadanya masuk ke dalam slot tujuannya untuk mengurangi beban dari arus air dalam laut.

Ciri ciri ikan tuna diantaranya yaitu : Warna tubuh ikan tuna sirip biru yaitu hitam kebiruan pada bagian punggungnya dan putih keperakan pada sisi dan pada bagian bawah tubuh, dengan warna kuning terang pada sirip ekor spesimen dewasa.

Ikan tuna sirip biru (Thunnus maccoyii) juga termasuk binatang yang berdarah panas, tentu saja sifat ini merupakan suatu sifat yang cukup langka di antara jenis - jenis ikan lainnya.

Ciri ciri lainnya dari ikan tuna sirip biru yaitu Sirip dada pertama berwarna abu-abu dengan sedikit warna kuning, sirip dada keduanya berwarna merah kecokelatan, sementara sirip-sirip kecilnya berwarna kuning bertepi gelap.


Ikan tuna sirip biru (Thunnus maccoyii) adalah "pelagis", spesies yang sangat bermigrasi yang menempati daerah pesisir dan laut terbuka hingga kedalaman 200 meter. Ikan Tuna sirip biru adalah spesies tuna yang terbesar. Sebagai predator yang terbesar, ikan tuna sirip biru memainkan peran penting dalam ekosistem pelagis

Kebanyakan dari ikan tuna sirip biru ini hidup di perairan yang dingin di Islandia dan Newfoundland. Selain itu, di beberapa wilayah yang memiliki perairan tropis seperti di Teluk Meksiko dan Laut Mediterania juga telah menjadi tempat vavorit bagi ikan tuna sirip biru untuk berkembang biak.


Ikan tuna sirip biru (Thunnus maccoyii) saat ini sedang berada diambang kepunahan. Di karenakan penangkapan secara besar-besaran telah mengakibatkan jumlah dari ikan tuna sirip biru ini menyusut tajam. Sekarang ini, ikan tuna sirip biru ini sudah termasuk spesies ikan yang terancam punah.

Oleh karena nya upaya konservasi internasional terus dilakukan. Hal ini bertujuan supaya ikan ini bisa kembali berada pada jumlah yang normal dan dengan penyebaran yang merata di seluruh lautan di dunia.

Selain itu para pencinta lingkungan juga terus mendorong pembatasan penangkapan ikan tuna sirip biru untuk kebutuhan komersial.


Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Tuna Sirip Biru Beserta Habitatnya


Habitat ikan tuna sirip biru

Ada 2 populasi ikan tuna sirip biru (Thunnus maccoyii): populasi barat yang lebih kecil yang menumbuhkan di Teluk Meksiko, dan populasi timur yang lebih besar yang tumbuh di Laut Mediterania. 
2 populasi ikan tuna (Thunnus maccoyii) ini tidak sepenuhnya terpisah. Ikan Tuna dewasa dan remaja dari kedua populasi makan bersama, terutama di lepas pantai timur Amerika Utara dan di Atlantik tengah. 


Reproduksi Ikan tuna sirip biru

Ikan Tuna sirip biru (Thunnus maccoyii) bertelur hanya satu kali dalam setahun dan tidak mencapai kematangan reproduksi hingga berusia 8-12 tahun. Hal ini membuat ikan tuna sirip biru lebih rentan terhadap penangkapan berlebih dibandingkan beberapa spesies ikan tuna kecil yang bisa bertelur beberapa kali dalam setahun. Selain itu tuna betina dapat menghasilkan hingga 10 juta telur per tahun, namun hanya sebagian kecil yang bertahan sampai dewasa

Nah demikianlah informasi singkat mengenai klasifikasi ikan tuna sirip biru, morfologi ikan tuna sirip biru dan habitat hidup ikan tuna sirip biru, data tentang ikan tuna sirip biru ini kami olah dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Tuna Sirip Biru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel