Klasifikasi dan Morfologi ikan mola mola, yang perlu diketahui

IKAN MOLA-MOLA DAN KLASIFIKASINYA

bahasa ilmiah ikan mola mola, habitat dan makanan ikan mola mola

Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Mola Mola - Ikan Mola-mola atau biasa disebut Sunfish berasal dari Bahasa Latin “millstone” yang artinya batu gerinda. Julukan ini diberikan karena bentuk tubuh ikan mola mola yang menyerupai batu dengan warna abu-abu. Selain itu teksturnya kasar dan bentuk badannya bulat. Keunikan lainnya dari ikan mola-mola yaitu bentuk badannya yang bulat pipih, bersirip menjulang ke atas dan ke bawah. Matanya besar, dengan gerakan tubuh yang lamban, dan kulitnya yang tak bersisik.


Kulit Ikan mola-mola dewasa berwarna dari coklat sampai abu-abu atau warna keperakan putih dengan berbagai pola kulit berbintik-bintik.

Sementara, nama Sunfish yang berarti ikan matahari ini diberikan karena, ikan mola mola sangat gemar berjemur. Ikan mola mola memang alergi air dingin meski hidupnya di laut. Caranya, ia naik ke permukaan air laut yang tidak terlalu dalam dan berjemur setelah menyelam hingga kedalaman 600 meter. Ikan mola mola banyak hidup di perairan negara yang beriklim tropis. di Indonesia sendiri ikan mola-mola banyak hidup di perairan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Klasifikasi Ilmiah dari ikan mola-mola adalah:

  • Kingdom      :  Animalia
  • Filum            :  Chordata
  • Ordo             :  Tetraodontiformes
  • Marga           :  Molidae
  • Kelas            :  Ikan
  • Genus           :  Mola
  • Spesies         :  mola-mola


Seperti hal nya bunglon, ikan mola-mola juga bisa memainkan gradasi warna kulitnya di laut dalam bila nyawanya terancam predator/mangsa semacam ikan hiu. Ikan mola mola ini bisa membuat warna kulitnya menjadi lebih gelap untuk meloloskan diri dari predator tersebut.

Ikan mola-mola dewasa rentan terhadap mangsa atau predator alami seperti ikan hiu. Ikan mola-mola dewasa memiliki panjang rata-rata 2,8 meter, bobot tubuh rata-rata 1.000 kilogram, dan panjang sirip 2,5 meter, walaupun ada beberapa ikan mola-mola yang panjangnya mencapai 3,3 meter, bobot tubuhnya hingga 2.300 kilogram dan panjang siripnya mencapai 4,2 meter. Selain itu ikan Mola-mola termasuk ikan bertulang terberat di dunia.


IKAN MOLA-MOLA DAN KLASIFIKASINYA dan habitat ikan mola mola

Di dunia, ikan mola-mola tersebar merata di seluruh perairan hangat. Di Portugal, Jerman, Perancis, Belanda, dan di negara Rusia ikan mola mola dipanggil “Moon Fish” karena bentuk tubuh nya yang menyerupai bulan. Ikan mola-mola di Indonesia, banyak ditemukan di perairan Nusa Penida, Bali. yang kemunculannya sekitar bulan Juli hingga bulan September.

Ikan Mola mola dikenal juga dengan sebutan ocean sunfish, karena ikan mola mola gemar sekali mencari sinar matahari. Setelah lama menyelam, ikan mola mola ini akan berenang mendekati permukaan laut untuk berjemur. Panas matahari diperlukan untuk menghangatkan tubuhnya hingga mencapai suhu yang ideal.


Berjemur di bawah panas matahari, selain berfungsi untuk menghangatkan tubuhnya. Di kulit ikan mola mola, juga terdapat parasit yang otomatis harus dihilangkan. Maka dengan berjemur, ikan-ikan terumbu karang akan mendekat pada nya dan memakan parasit - parasit tersebut. Ikan mola-mola tidak akan bisa hidup di bawah suhu 12 derajat Celcius. Ikan Mola - Mola yang baru saja menetas bisa memiliki panjang sekitar 2.5 centimeter dan dibesarkan dengan memakan ubur-ubur.
klasifikasi dan morfologi ikan mola mola

Makanan utama ikan mola mola diantaranya yaitu ubur-ubur, zooplankton, kepiting dan tumbuhan mikroskopis yang tidak terlihat mata kita. Makanan makanan Ini disesuaikan dengan ukuran mulutnya yang cukup kecil, sehingga dari mulut itu pula ikan mola-mola memakan dan mengeluarkan lagi makanannya secara berulang - ulang sebelum ditelan.

Tidak seperti kebanyakan ikan pada umum nya, ikan mola-mola justru tidak mempunyai sirip ekor. Tapi, ikan mola mola ini memiliki sirip menyambung dari atas sampai ke bagian bawah perut yang disebut calvus.

Jika pada umumnya sirip ikan berada di kiri dan kanan tubuhnya, sirip ikan mola mola berada di atas dan bawah. Nah, pada saat ikan mola mola ini muncul ke permukaan laut, sirip atasnya ini sering dianggap sebagai sirip hiu. Padahal bukan.

Demikianlah informasi tentang ikan mola-mola, data tentang ikan mola ini kami rangkum dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi ikan mola mola, yang perlu diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel