KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI LUMBA LUMBA BESERTA JENIS JENIS LUMBA LUMBA

IKAN LUMBA-LUMBA (Stenella attenuata)

KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI LUMBA LUMBA BESERTA JENIS JENIS LUMBA LUMBA

Klasifikasi Dan Morfologi Lumba-lumba - lumba lumba (Stenella attenuata) adalah spesies lumba-lumba yang ditemukan di lautan beriklim sedang dan tropis diseluruh dunia. Lumba-lumba merupakan ikan mamalia yang hidup di perairan laut. Lumba-lumba berbeda dengan ikan yang lainnya, yaitu ikan yang di golongkan ke dalam mamalia.

Di dunia ada sekitar 40 jenis ikan lumba-lumba yang masih bisa di jumpai. Di negara Indonesia sendiri ada sekitar 15 jenis ikan lumba-lumba yang tersebar di seluruh perairan Indonesia.


Lumba-lumba, banyak yang kepikiran bahwa lumba-lumba adalah ikan namun sebenarnya lumba-lumba itu bukan termasuk keluarga ikan sama halnya seperti Paus dan Pesut. Lumba-lumba merupakan salah satu hewan yang memiliki tulang belakang dan penyokong tubuh dalam, hewan yang satu ini hidup di air namun bernapas dengan menggunakan paru-paru dan juga merupakan hewan mammalia.

Di alam liar, lumba - lumba hidup bergerombol atau berkelompok dalam mencari makan dan beraktifitas. Ini bertujuan untuk melindungi diri dari serangan mangsa atau pedator seperti ikan hiu dan ikan paus orca. Keunikan lumba lumba yaitu jika mereka merasa senang dan dalam keadaan sehat, maka lumba-lumba akan sering naik kepermukaan air dan melombat-lombat diatas air

Klasifikasi Lumba-Lumba

  • Kerajaan              : Animalia(Hewan)
  • Filum                   : Chordata (mempunyai penyokong tubuh dalam)
  • Famili                  : Elphinidae
  • Ordo                    : Cetacea
  • Subordo               : Odontoceti
  • Kelas                   : Mammalia (mempunyai kelenjar susu)
  • Genus                  : Elphinus

  • Spesies                 : Elphinus delphis


Ikan Lumba-lumba dapat dikelompokkan ke dalam ordo Catacea. Kata Catacea berasal dari bahasa latin yaitu cetus yang berarti hewan yang besar. 
ciri ciri dan bentuk tubuh ikan lumba lumba
Hewan - hewan dari ordo Cetacea adalah hewan menyusui yang sepanjang hidupnya ada di perairan dan telah melakukan berbagai adaptasi untuk kehidupan di lingkungan ini.

Tubuh lumba lumba berbentuk seperti torpedo tanpa sirip belakang. Sementara bentuk sirip depannya mengecil dan ekor horisontal yang kuat untuk bergerak. 

Pada lumba - lumba lubang hidung berubah menjadi lubang peniup pada bagian atas kepalanya.
KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI LUMBA LUMBA BESERTA JENIS JENIS LUMBA LUMBA
Lubang ini berguna untuk pernapasan pada saat ia berenang di permukaan air.
sebelum menyelam, ikan lumba-lumba mengirup udara terlebih dahulu dan menahannya di dalam paru-paru. pada saat mereka muncul dari kedalaman air, beberapa meter sebelum mencapai permukaan, mereka akan menghembuskan udara dengan sangat kuat melalui lubang udara.


Sistem pencernaan beberapa spesies ikan lumba-lumba memiliki hingga 250 gigi. Gigi pada ikan lumba-lumba diyakini berfungsi sebagai antena untuk menerima suara yang masuk dan menentukan lokasi yang tepat dari sebuah objek. Alat peredaran darah lumba-lumba terdiri atas jantung dan sinus venosus.
KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI LUMBA LUMBA BESERTA JENIS JENIS LUMBA LUMBA


Ikan dan cumi-cumi adalah makanan utama bagi ikan lumba lumba. Ikan Lumba-lumba terkenal senang berburu dalam kelompok /koloni dengan cara menggembala makanannya (ikan) membentuk bola umpan sebelum dimangsa (dimakan).

KELEBIHAN IKAN LUMBA LUMBA

Lumba-lumba juga salah satu hewan yang memiliki kecerdasan yang hampir mirip seperti manusia. lumba-lumba mamiliki ingatan yang sangat baik dan memiliki pendengaran yang sangat tajam.
Ikan lumba-lumba memiliki pendengaran yang sangat luar biasa dan melebihi kemampuan mendengar manusia. Inilah yang digunakan oleh lumba-lumba dalam berkomunikasi menggunakan sistem yang dinamakan sistem sonar, sistem ini hampir tidak bisa didengar oleh manusia jika tidak menggunakan alat khusus. Kelebihan - kelebihan inilah dimanfaatkan para pawang ikan lumba-lumba untuk melatihnya dan di ikut sertakan dalam atraksi hewan air.

Lumba-lumba dibagi menjadi 2 jenis, yaitu lumba-lumba air laut dan lumba - lumba air tawar. lumba - lumba air tawar yang hanya terdapat di negara indonesia adalah lumba-lumba mahakam, atau lebih dikenal dengan sebutan ikan pesut mahakam.
Namun sayang karena kerusakan ekosistim sungai dan eksploitasi alam secara berlebihan mengakibatkan jenis lumba - lumba mahakam / ikan pesut mahakam sudah sangat langka. Data terakhir menyebutkan bahwa populasi ikan lumba lumba mahakam atau ikan Pesut Mahakam dinyatakan hampir punah karena dialam bebas saja ikan lumba lumba mahakam ini hanya sekitar 70 ekor, dan mungkin hanya ada sekitar kurang lebih 30 ekor dipenangkaran.


Lumba - lumba yang ada di atraksi sirkus adalah jenis lumba - lumba air laut. Ini dikarenakan lumba - lumba air laut masih tergolong banyak dan memilki kecerdasan yang lebih di banding ikan lumba lumba air tawar. lumba-lumba atraksi /sirkus adalah lumba-lumba yang dilatih sejak kecil dan ikan lumba - lumba tersebut sudah terbiasa berdampingan dengan manusia


Ada beberapa fakta unik tentang ikan lumba - lumba yaitu bahwa sebagian ikan lumba - lumba memiliki gigi lebih tajam dari buaya, penemuan ilmiah tentang nenek moyang ikan lumba - lumba pernah hidup didarat, Ikan lumba - lumba juga memiliki tubuh yang sangat cocok untuk hidup di air, salah satu contohnya yaitu kulitnya. Kulit lumba lumba mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga dalam berenang dapat lebih cepat karena hambatan airnya lebih sedikit, selain itu banyak pengakuan para nelayan yang dibantu oleh ikan lumba-lumba dalam menangkap ikan dengan cara menuntun ikan masuk kedalam jaring para nelayan.

    Proses Perkawinan Pada Lumba-Lumba

    Ikan lumba-lumba termasuk salah satu diantara hewan lainnya yang paling tinggi tingkat seksualitasnya dan tidak monogami.
    Ikan lumba - lumba paling sering melakukan perkawinan selama musim semi dimana antara jantan-betina menghabiskan sebagian besar waktu itu untuk bercumbu.

    Ketika terjadi kopulasi, ikan lumba-lumba jantan menyentuh bagian belakang lumba - lumba betina selama beberapa menit, lalu menungganginya dari belakang. Ikan lumba - lumba kawin kira-kira seperti mamalia lain melakukan perkawinan. 

    Ketika terangsang, ikan lumba-lumba jantan kawin beberapa kali dalam satu jam dengan betina yang sama, tapi tidak selalu. Walaupun begitu, setelah perkawinan, ikan lumba-lumba sibuk berenang.

    Ciri Lumba-lumba Totol

    KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI LUMBA LUMBA BESERTA JENIS JENIS LUMBA LUMBA
    • Bentuk badannya panjang dan langsing dengan sebuah sirip dorsal dengan ujung hampir vertikal
    • Panjang spesies lumba lumba ini berkisar antara 1.3 – 2.1 meter dengan bobot badan 45 – 75 Kg
    • Lumba-lumba spesies ini memiliki tubuh yang sangat ramping, moncong panjang serta berwarna gelap di ujungnya
    • Ukuran tubuh jantan lebih besar daripada betina
    • Lumba-lumba Totol sering melakukan lompatan tinggi sambil berputar
    • Memiliki tubuh yang berbintik ketika tumbuh dewasa
    • Lumba lumba spesies ini juga memiliki flipper yang panjang dan tajam dan mempunyai sirip dorsal yang panjang dan tegak, lumba lumba ini mempunyai tiga pola warna, dan biasanya hidup dalam kelompok yang besar
    • Lumba lumba spesies ini juga memiliki sirip dada, sirip dorsal dan sirip ekor, serta memiliki lubang hidung yang digunakan untuk bernapas dan komunikasi
    • Pada bagian permukaan dari spesies lumba lumba ini, punggungnya berwarna abu-abu gelap tetapi ditutupi bintik-bintik pucat, sementara bagian bawah yang pucat ditutupi oleh bintik-bintik gelap
    • Dan memiliki “melon”, yaitu daerah berlemak yang terletak didahi
    Dari kurang lebih 40 jenis ikan lumba-lumba yang ada di seluruh dunia. Ada sekitar 10 jenis ikan lumba-lumba yang ada di indonesia.
    • Lumba-lumba biasa
    • Lumba-lumba bergaris
    • Lumba-lumba paruh panjang     
    • Lumba-lumba hidung botol     
    • Lumba-lumba totol
    • Lumba-lumba gigi kasar
    • Lumba-lumba fraser
    • Lumba-lumba putih cina
    • Lumba-lumba abu-abu
    • Pesut
    Demikianlah infomasi mengenai ikan lumba-lumba yang meliputi klasifikasi, morfologi dan jenis jenis ikan lumba lumba, data tentang ikan lumba lumba ini kami olah dari berbagai sumber.

      Belum ada Komentar untuk "KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI LUMBA LUMBA BESERTA JENIS JENIS LUMBA LUMBA"

      Posting Komentar

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel