ciri ciri dan Keunggulan Ikan Nila Gesit

Ikan Nila GESIT

keunggulan ikan nila gesit dan ciri cirinya

Ciri-Ciri Ikan Nila Gesit - Ikan Nila jenis ini adalah hasil rekayasa genetik ikan nila GIFT sehingga mampu menghasilkan larva jantan dengan persentasi hidup hingga 98%. GESIT, yang merupakan singkatan dari “genetically supermale Indonesian tilapia”, dihasilkan dari kerjasama peneliti di BPPT, BBPBAT, serta IPB.

Jenis Ikan nila ini dihasilkan melalui riset atau penelitian yang panjang yang diinisiasi oleh Pusat Teknologi Produksi Pertanian BPPT yang kemudian bekerja sama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institus Pertanian Bogor (IPB) dan Balai Besar Pengembangan Budi Daya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi di bawah Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP).

Melalui kegiatan penelitian yang dilakukan secara terus menerus, akhirnya dapat dihasilkan ikan nila jantan super-YY yang telah dilepas oleh Departemen Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta, dengan nama nila gesit.

inovasi teknologi perbaikan genetik untuk menghasilkan keturunan ikan nila yang berkelamin jantan melalui program pengembangbiakan yang menggabungkan teknik feminisasi dan uji progeni untuk ikan nila jantan yang memiliki kromosom YY (YY genotypes). 

Ikan nila jantan dengan kromosom YY apabila dikawinkan dengan betina normalnya (XX), akan menghasilkan keturunan yang seluruhnya berkelamin jantan XY (genetically male tilapia).

Ikan Nila GESIT dapat tumbuh sepanjang 8 centimeter pada umur 4 – 5 bulan dengan bobot 500 – 600gr/ekor. Ikan nila gesit berjenis kelamin Jantan lebih disukai pembudidaya karena memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan ikan nila gesit betina.

Keunggulan Ikan Nila Gesit

ciri ciri dan keunggulan ikan nila gesit

Ikan nila Gesit memiliki keunggulan pertumbuhan dan produktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan nila lain. Pertumbuhan ikan nila gesit jantan dan betina dalam satu populasi akan selalu jauh berbeda, ikan nila gesit jantan 40% lebih cepat dari pada ikan nila gesit betina.

Ikan nila gesit memiliki keunggulan, yakni 98-100% turunannya berkelamin jantan, sedangkan keunggulan secara ekonomis yaitu ikan nila gesit memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat, yakni lima hingga enam bulan untuk mencapai bobot badan 600gr.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai ciri ciri ikan nila gesit dan keunggulan nya, data tentang ikan nila gesit ini kami olah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "ciri ciri dan Keunggulan Ikan Nila Gesit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel