Ikan air tawar, jenis ikan air tawar, golongan ikan hias dan golongan ikan konsumsi

JENIS JENIS IKAN AIR TAWAR YANG BANYAK DIJUAL DIPASARAN

ikan air tawar dan manfaatnya

Manfaat Ikan air tawar -
Jenis ikan air tawar menurut kegunaannya dapat kita golongkan menjadi dua golongan, yang pertama yaitu golongan ikan konsumsi dan yang kedua golongan ikan hias. Dari kedua golongan ikan ini terdapat beberapa jenis ikan air tawar yang dapat digolongkan ke dalam golongan ikan konsumsi sekaligus ikan hias. Jenis ikan air tawar ini dapat dikonsumsi sekaligus dapat juga dijadikan ikan hias karena keindahan badannya. misalnya ikan yang dapat digolongkan sebagai ikan konsumsi dan ikan hias yaitu ikan sepat dan ikan mas.

Golongan ikan air tawar untuk konsumsi memiliki banyak jenis. Jenis ikan air tawar konsumsi memiliki tingkat produktivitas daging yang tinggi sehingga sangat cocok sebagai bahan makanan. perlu diketahui bahwa ikan air tawar menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Berbagai jenis ikan air tawar telah menjadi menu wajib di berbagai tempat makan, karena memang ikan air tawar mengandung gizi yang cukup tinggi dan baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Kemudian ikan hias air tawar memiliki banyak sekali jenisnya dengan ukuran badan dan warna beranekaragam. Jenis ikan hias pada umumnya tidak untuk dikonsumsi, tetapi jenis ikan ini untuk dipelihara sebagai hiasan pelengkap keindahan. 

Jenis ikan air tawar untuk hiasan dan Konsumsi.

Ikan Arwana
Ikan yang memiliki nama latin Scleopages.sp, ikan ini disebut juga dengan nama ikan naga, kelesa, pla tapad, peyang, siluk, barramundi, tangkelese, saratoga, dan lain sebagainya.
Ciri ikan arwana
Ciri khas dari ikan Arwana adalah memiliki sungut pendek di depan bibirnya kumis ini memiliki fungsi sebagai sensor untuk membantu ikan arwana dalam menentukan posisi mangsanya ketika ikan Arwana mencari makan.

Ikan Mas
Ikan air tawar yang satu ini sebenarnya juga di kategorikan sebagai ikan hias namun ada juga yang untuk di konsumsi. Salah satu ciri dari ikan mas yaitu bentuk tubuh yang tegak pipih dengan sisik yang normal serta sirip memanjang menjadi ciri khas dari ikan mas. daging ikan mas sangat lembut sehingga sangat cocok jika di olah menjadi pepes ikan mas atau bahkan gulai kepala ikan mas dan lain sebagainya.

Namun, Anda perlu hati-hati ketika mengkonsumsi ikan mas ini, meskipun rasanya gurih dan lezat, Kamu harus teliti dalam memisahkan duri-duri yang halus serta banyak pada lapisan dagingnya.

Ikan Arapaima Gigas
Ikan Arapaima dengan nama latin Arapaima gigas juga memiliki nama lainnya. Pirarucu dan Paiche. Pada dasarnya jenis Ikan air tawar ini juga masih termasuk dalam keluarga ikan Arwana.

Ciri ciri umum dari ikan ini yaitu Dengan pencapaian ukuran maksimal kurang lebih 2,5 meter dan berat bisa mencapai 100 kilogram.
Ikan air tawar ini banyak dijumpai di Amerika Selatan. ikan air tawar ini termasuk jenis ikan air tawar terbesar di dunia.

Ikan Patin
Ikan Patin siam menjadi salah-satu ikan hias dan ikan budidaya yang populer. ikan air tawar jenis ini memiliki nama latin Pangasianodon hypophthalmus. ikan air tawar ini dikenal juga dengan nama jambal siam, lele bangko, hiu Iridescent, hiu bangkok, Siamese shark, pangasius, atau sutchi catfish.

Ikan air tawar jenis ini berasal dari marga Pangasianodon. ikan air tawar ini dijuluki ‘shark’, karena mereka memiliki beberapa kemiripan dengan ikan hiu. Ikan patin siam biasa dijadikan menu makanan oleh orang-orang Asia Tenggara. Pada umumnya orang-rang Eropa dan Amerika Serikat lebih senang menjadikan ikan air tawar ini sebagai peliharaan atau ikan akuarium.

Ikan Gurame
Ikan Gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang cukup populer untuk dikonsumsi di Indonesia. ikan air tawar ini harganya cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya. 

Ikan Nila Merah
  • Ikan Nila Merah Nifi
Ikan air tawar jenis ini biasa disebut nila merah, Nirah atau NIFI. ikan ini merupakan persilangan antara ikan jantan lokal dan betina luar negeri.
  • Ikan Nila Merah GIFT
Jenis ikan nila ini merupakan hasil persilangan 8 varietas nilai ari 8 negara, yakni : Taiwan, Senegal, Ghana, Singapore, Thailand, Mesir, Israel, Kenya. Gift merupakan kependekan atau singkatan dari Genetic Improvement of Farmed Tilapia.



Belum ada Komentar untuk "Ikan air tawar, jenis ikan air tawar, golongan ikan hias dan golongan ikan konsumsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel