empat jenis ikan laut yang paling laris dipasaran, ikan tongkoal

JENIS IKAN LAUT YANG POPULER DI MASYARAKAT INDONESIA

empat jenis ikan laut yang paling laris dipasaran, ikan tongkoal

Ikan laut
-  Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Memiliki bentangan laut yang luas, membuat sumber daya alam yang dimiliki berlimpah, salah satu hasil laut yang paling banyak dimanfaatkan adalah ikan. Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan berbagai olahan ikan laut. ikan laut dikenal akan protein dan gizinya yang cukup tinggi. Selain itu harga ikan laut yang dijual dipasaran dibanderol harga yang bervariasi dan banyak juga yang harganya terjangkau tergantung dari jenis ikan dan ukurannya. Ada beberapa jenis ikan laut yang memang sangat disukai oleh masyarakat indonesia pada umumnya.

Berikut 4 jenis ikan laut yang paling laris dipasaran tradisional maupun untuk diekspor.

Empat jenis ikan berikut ini sudah pasti sangat familiar di telinga masyarat indonesia, kemudian juga keempat jenis ikan ini sangat mudah dijumpai dipasar, karena memang sangat banyak pedagang ikan yang menjual ikan jenis ini mengingat ikan ini harganya terjangkau dan ekonomis.

1. Ikan Tuna
Ikan tuna memiliki daging yang lembut, tebal dan rasanya yang sangat lezat, Indonesia adalah salah satu penghasil ikan tuna  terbesar di dunia. Tak heran jika ikan tuna banyak digemari oleh masyarakat. Warna ikan tuna biasanya berwarna merah muda ke merah. Ikan Tuna memiliki nilai komersial yang cukup tinggi karena berukuran besar, ikan tuna dapat mencapai beratnya mulai 35 hingga 350 kg.

Selain biasa diolah sebagai bahan makanan sushi dan sashimi, ikan tuna juga sering diolah dengan saus teriyaki, saus tiram, sup, tongseng, bumbu balado, hingga kuah kuning. Ikan tuna kaya akan protein yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Adapaun, ikan tuna mengandung lemak yang rendah, sehingga aman dikonsumsi serta aman bagi kesehatan jantung.

2. Ikan Tongkol
Ikan tongkol memiliki banyak kandungan nutrisi yang salah satunya adalah zat besi. Habitat ikan tongkol menyebar luas di seluruh laut Indonesia. Ciri ciri dari ikan tongkol diantaranya yaitu Warnanya agak gelap dan panjang ikan tongkol rata-rata sekitar 60 centimeter. Bagian punggung ikan tongkol berwarna biru gelap metalik dengan pola garis-garis ini salah satu yang membedakannya dengan ikan tuna. Ikan Tongkol lebih banyak dikonsumsi masyarakat Sumatera dan jawa dan diolah menjadi makanan yang lezat.

3. Ikan Cakalang
Jenis ikan yang satu ini juga mengandung gizi yang sangat tinggi, ciri dari ikan laut ini yaitu Ikan Cakalang memiliki warna lebih terang dibanding ikan tongkol, sehingga sebagian orang menyebut ikan ini dengan sebutan tongkol putih. Namun perbedaan yang terlihat cukup mencolok yaitu terletak pada bentukan badannya, ikan cakalang bentuknya lebih gemuk dibanding ikan tongkol. Ikan laut yang satu ini juga merupakan salah satu santapan favorit masyarakat Sulawesi dan Maluku. Banyak sajian yang bisa diolah dari ikan cakalang, Biasanya, masyarakat sulawesi dan maluku mengolahnya menjadi cakalang rica-rica suwir, bubur manado, sampai nasi kuning Ambon.

4. Ikan sardin ( Ikan dencis)
Ikan sardin adalah jenis ikan laut kedua yang sering dikonsumsi oleh masyarakat khususnya masyarakat indonesia.
Ikan sardin adalah ikan yang bermigrasi, penyebaran dari ikan sardin ini cukup luas, dengan populasi yang menghuni banyak samudra dan pemakan plankton.
Ikan sardin dapat mencapai panjang 23 cm, ikan sardin tergolong ikan pelagis ukuran kecil. Ikan jenis ini banyak dijumpai diperairan pantai, dan lepas pantai. Daerah penyebaran ikan ini terdapat diseluruh perairan Indonesia, hingga ke utara sampai Okinawa dan ke selatan sampai ujung utara Australia, dan sampai ke barat sampai pantai Afrika Timur.

Ikan sardin pada umumnya dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, dikalengkan, dan asin rebus. Biasanya penangkapan ikan sardin dilakukan dengan purse seine, macam-macam payang, jaring insang dan pukat tepi, dan penangkapan dengan cara lain yang beragam.

Belum ada Komentar untuk "empat jenis ikan laut yang paling laris dipasaran, ikan tongkoal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel