IKAN BELANAK / blue-spot mullet DAN CIRI CIRINYA

IKAN BELANAK / blue-spot mullet DAN CIRI CIRINYA

Ikan belanak juga memakan tumbuhan yang hidup di air

Jenis Ikan laut - Ikan belanak merupakan salah ikan air laut yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan rasanya juga enak. ikan belanak juga mengandung protein yang tinggi. Ikan belanak sangat baik dikonsumsi untuk perkembangan otak anak.

Ikan Belanak adalah jenis ikan laut tropis dan subtropis, ikan belanak sekilas dilihat bentuknya hampir menyerupai ikan bandeng. Ikan belanak merupakan salah satu jenis ikan yang hidup didasar sampai permukaan air dan pada umumnya ikan belanak suka bergerombol dalam jumlah banyak. 

Jenis-jenis ikan belanak yang terdapat diperairan Indonesia digolongkan kedalam Genus Mugil. Ikan Belanak juga termasuk jenis ikan yang menyukai hidup di perairan pantai, sering kali masuk di perairan laguna, muara-muara dan air tawar. ikan belanak juga dapat hidup diair tawar. Sama seperti hal nya jenis ikan lain yang mempunyai banyak nama atau sebutan Ikan Belanak juga begitu mempunyai banyak nama lokal atau sebutannya diantaranya seperti ikan gadah, rapang, gadeh, bale belana, jumpul, dan goru. Makanannya berupa mikro alga, zooplankton dan material detritus. Ikan belanak juga memakan pasir dan lumpur.

Ciri ciri umum Ikan Belanak

  1. Ciri Ikan belanak yang pertama yaitu bentuknya memanjang agak langsing dan gepeng
  2. Sirip perut ikan belanak berwarna keperakan
  3. Pada permulaan sirip dada ikan belanak terdapat spot biru Moolgarda delicatus
  4. Sirip dubur ikan belanak berwarna putih
  5. Ikan belanak bersisik cycloid atau ctenoid
  6. Sirip punggung ikan balanak terdiri dari satu jari-jari keras dan delapan jari-jari lemah
  7. Bibir bagian atas lebih tebal daripada bagian bawahnya
  8. Pada pinggiran belakang sirip ekor ikan balanak berwarna hitam
  9. Ujung rahang atas melengkung ke bawah 
  10. Ikan belanak mempunyai gigi yang sangat kecil,

Ikan belanak juga memakan tumbuhan yang hidup di air atau di dalam lumpur seperti hifa jamur, alga, alga biru dan lain sebagainya. Selain itu ikan Belanak suka memakan klekap (lumut) dan bahan organik di dasar muara sungai. Ikan jenis ini terdistribusi pada semua perairan terutama di daerah estuari dan laut di daerah tropis dan subtropis yaitu di Indo-Pacific, Laut Cina Selatan, Filipina, hingga Australia. 




Belum ada Komentar untuk "IKAN BELANAK / blue-spot mullet DAN CIRI CIRINYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel