Habitat dan ciri ciri umum ikan bandeng / Milkfish

KARAKTERISTIK IKAN BANDENG DAN HABITAT HIDUPNYA

jenis ikan bandeng dan ciri cirinya

Habitat dan ciri ciri umum ikan bandeng / 
Milkfish - Ikan bandeng dalam bahasa latin adalah Chanos chanos, sementara dalam bahasa inggris ikan bandeng dikenal sebagai Milkfish. Ikan Bandeng adalah ikan konsumsi yang sudah sangat populer di Asia Tenggara termasuk diindonesia. Di Indonesia sendiri ikan bandeng sudah cukup banyak di budidayakan. Sekarang ini memang ikan jenis ini banyak di minati , sehingga cukup banyak pelaku usaha budidaya ikan bandeng yang melakukan pembesaran dan pemeliharaan di tambak-tambak.

Manfaat ikan bandeng bagi tubuh : Ikan bandeng termasuk jenis ikan yang memiliki kandungan protein tinggi, dalam daging ikan bandeng juga mengandung lemak, mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan manusia. Ikan bandeng ini juga salah satu jenis ikan yang banyak diolah menjadi berbagai macam varian makanan yang lezat. Ikan bandeng selain mudah didapat, rasanya juga tidak kalah dengan ikan jenis lainnya.

Ikan bandeng merupakan sumber protein hewani, kaya akan omega-3, vitamin B kompleks dan selenium yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia, berikut beberapa manfaat ikan bandeng bagi tubuh manusia seperti untuk mencegah penyakit jantung koroner, dan menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan imunitas tubuh, mencegah penggumpalan darah dan lain sebagainya.

Karakteristik dari ikan bandeng yaitu tubuh langsing berbentuk seperti torpedo dengan sirip ekor bercabang, ikan bandeng adalah tipe perenang cepat. Tubuh ikan bandeng berwarna putih dan dagingnya berwarna putih.

Jika ingin membudidayakan ikan bandeng, lahan tentu menjadi bagian paling essensial, selain itu dalam membudidayakan ikan bandeng juga banyak hal yang harus diperhatikan. Memang terdapat tiga jenis habitat yang bisa ditinggali oleh ikan bandeng ini, namun membangun kolam air tawar akan jauh lebih baik. kita bisa menggunakan lahan kosong ataupun sawah yang dibentuk sedemikian rupa hingga terlihat seperti kolam air tawar.

Selain itu hal lainnya yang perlu diperhatikan yaitu ukuran kolam, Ukuran kolam ikan bandeng menjadi bagian dasar dalam penentuan jumlah dan jenis bibit ikan bandeng.

Habitat hidup ikan bandeng

Habitat aslinya berada di perairan laut, ikan bandeng mampu hidup di air tawar dan air payau. Ikan bandeng banyak di jumpai di perairan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Daerah penyebarannya sangat luas yakni juga mencapai pantai Afrika Timur dan dari Jepang Selatan sampai Australia Utara. Di habitat aslinya makanan ikan bandeng berupa tumbuhan mikroskopis seperti: jasad renik, plankton, udang renik dan sebagainya

Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa ikan bandeng ini selama masa perkembangannya, ikan bandeng menyukai hidup di daerah muara sungai. Biasanya ketika ia sudah mencapai usia dewasa, maka ikan bandeng akan kembali ke laut untuk berkembang biak.

Pertumbuhan ikan bandeng relatif cepat dan bisa mencapai berat rata-rata 0,60 kg pada usia 5-6 bulan jika dipelihara dalam tambak dengan pemberian pakan yang cukup.

Ciri ciri umum ikan bandeng

Ikan bandeng memiliki bentuk tubuh yang panjang, ramping, dan pipih, warna dari ikan bandeng hitam kehijauan dan keperakan pada bagian sisi, pangkal sirip punggung dan dubur tertutup sisik, mata tertutup lapisan lemak, terdapat sisik tambahan yang besar pada sirip dada dan sirip perut.

Ikan bandeng mempunyai bentuk tubuh langsing mirip terpedo, dengan moncong sedikit runcing, ekor bercabang dan sisiknya halus. 

Sirip dada ikan bandeng terbentuk dari lapisan semacam lilin dan berbentuk segitiga, terletak di belakang insang di samping perut.  Sirip punggung tersusun dari tulang sebanyak 14 batang. 

Ikan bandeng berwarna putih seperti perak pada tubuh bagian bawah dan agak gelap pada punggungnya, Pada Ikan Bandeng jantan memiliki ciri-ciri yaitu warna sisik tubuh cerah dan mengkilap keperakan serta memiliki dua lubang kecil di bagian anus.

 Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis ikan bandeng

Dari ketiga jenis ikan bandeng tersebut, ada beberapa perbedaan yang memang terlihat jelas jika diperhatikan.

Jenis Bandeng di Indonesia

1. Ikan Bandeng Air Tawar

Ikan bandeng jenis ini memiliki habitat alami di air tawar. Ikan Bandeng air tawar memiliki rasa yang enak dan gurih, daging ikan bandeng air tawar lembut ketika dimakan. setiap ikan pasti memiliki bau amis yang khas. Namun, bau amis dari ikan bandeng air tawar tidak separah bau ikan bandeng air laut. ikan Bandeng air tawar lebih berbau tanah atau lumpur.

2. Ikan Bandeng Air Laut (air asin)

Ikan bandeng yang berasal dari air tawar maupun air laut juga memiliki nutrisi yang sama – sama bermanfaat bagi tubuh manusia jika rutin mengonsumsinya. Jika dilihat dari segi rasa, ikan bandeng air laut (air asin) memiliki rasa yang lebih gurih. Jika ikan bandeng air tawar memiliki aroma yang lebih cenderung ke bau lumpur, ikan bandeng air laut (air asin) memiliki aroma amis yang cukup kuat.

3. Ikan Bandeng Air Payau

Yang terakhir adalah mengenai ikan bandeng air payau, sekilas jika dilihat tidak ada perbedaan antara ikan bandeng air tawar maupun ikan bandeng air laut, namun begitu tetap ada sedikit perbedaan walaupun perbedaan tersebut tidak begitu mencolok, Salah satu ciri-ciri yang bisa dilihat dari ikan bandeng air payau adalah bentuk tubuhnya yang terlihat lebih panjang daripada jenis air tawar dan air laut.

Demikianlah sekilas informasi mengenai ikan bandeng data ini kami olah dari berbagai sumber, semoga bermanfaat bagi kita semua.


Belum ada Komentar untuk "Habitat dan ciri ciri umum ikan bandeng / Milkfish"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel