KARAKTERISTIK IKAN KERAPU dan JENIS IKAN KERAPU

KARAKTERISTIK IKAN KERAPU DAN MANFAAT DAGING IKAN KERAPU BAGI TUBUH

Habitat Ikan Kerapu - kerapu merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki nilai jual yang relatif tinggi dibanding dengan ikan laut jenis lainnya, ikan kerapu biasanya hidup di karang-karang. Ikan kerapu termasuk hewan karnifora yang memangsa ikan-ikan kecil, kepiting dan udang, sedangkan larva ikan kerapu memakan larva moluska, Ada 46 jenis spesies ikan kerapu di dunia, namun yang umum ditemukan di perairan Indonesia saat ini adalah kerapu kertang, kerapu macan, kerapu bebek/tikus, ikan kerapu lumpur, kerapu totol, ikan kerapu karang, kerapu pasir dan ikan kerapu sunu.

Setiap jenis ikan kerapu memiliki karakteristik atau ciri ciri yang berbeda-beda. Jika anda berniat untuk membuka usaha budidaya ikan kerapu maka anda harus mampu untuk mengenali karakteristik dan masing-masing ciri-ciri tersebut. 

Perlu diketahui juga bahkan, ikan ini juga tidak hanya ditemukan di wilayah perairan Indonesia saja. Ikan kerapu dapat dikategorikan sebagai ikan predator karena memiliki gigi yang sangat tajam serta rongga mulut yang lebar, dan dapat melahap semua yang lewat depan dia.

MANFAAT IKAN KERAPU BAGI TUBUH

Apabila kita rutin mengkonsumsi ikan kerapu maka akan memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, ada beberapa manfaat kandungan ikan kerapu bagi tubuh kita diantaranya yakni mampu mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Dengan mengkonsumsi daging ikan kerapu akan memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi dari orang yang tidak mengkonsumsi ikan sama sekali. Didalam daging Ikan kerapu juga mengandung Omega 3, manfaatnya yaitu mampu mencerdaskan anak-anak, mengandung asam amino, vitamin B kompleks dan masih banyak lainnya yang bermanfaat bagi keseimbangan kesehatan dan antioksidan alami.

Secara umum ikan kerapu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Bentuk tubuh ikan kerapu pipih, lebar tubuh lebih kecil dari pada panjang dan tinggi tubuh.
  2. Seluruh badan ikan kerapu ditutupi sirip kecil yang bersisik stenoid.
  3. Ikan kerapu memiliki bentuk mulut lebar, serong ke atas dengan bibir bawah yang sedikit menonjol melebihi bibir atas.
  4. Rahang atas dan bawah dilengkapi dengan gigi yang lancip, tajam dan kuat.
  5. Posisi sirip perut ikan kerapu berada di bawah sirip dada.
  6. Pada umumnya sirip ekor ikan kerapu berbentuk bundar, sirip punggung tunggal dan memanjang dimana bagian yang berjari-jari keras kurang lebih sama dengan jari-jari lunak.
Di beberapa negara tropis, ikan kerapu sudah mulai di budidayakan secara komersil. 
Sekarang ini kegiatan usaha budidaya ikan kerapu juga telah digalakkan oleh pemerintah Indonesia, tujuannya selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, juga sebagai komoditas ekspor. Ikan kerapu selain memiliki rasa daging yang sangat enak dan didalam daging ikan kerapu memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, selain itu ikan kerapu juga memiliki harga jual yang sangat tinggi di pasar. Mahalnya harga jual ikan kerapu dikarenakan ketersediaannya di alam mulai berkurang, sedangkan permintaan pasar terhadap ikan kerapu semakin tinggi.

Biasanya Ikan kerapu dari Indonesia di ekspor kebanyak negara, ikan kerapu biasanya dikirim dalam kondisi hidup.

Berikut bebepa jenis ikan kerapu yang banyak diburu oleh para pemancing karena memiliki harga jual yang tinggi.

1. Ikan kerapu batik
Ikan Kerapu Batik, ikan kerapu jenis ini memiliki rasa daging yang sangat lezar, dan harga dari ikan kerapu ini juga tergolong tinggi. ikan kerapu batik banyak dijumpai diarea terumbu karang, karena memang sebagian besar ikan bertempat tinggal di perairan dangkal.
Ikan kerapu batik ini banyak ditemukan di wilayah perairan Indo-Pasifik.

Sekarang ini jenis ikan kerapu batik sudah dilindungi, karena ikan kerapu batik ini terancam kepunahan akibat ulah manusia yang melakukan penangkapan masal dan tidak diimbangi dengan pelestarian lingkungan. 

2. Ikan kerapu catang
Ikan kerapu catang merupakan ikan kerapu hasil dari persilangan dari ikan kerapu macan dan kerapu kertang. 
Ciri ciri dari ikan kerapu catang yaitu memiliki warna kulit yang cokelat kehitaman dengan garis melintang di tubuhnya. ikan kerapu catang terdapat gigi-gigi yang berderet dua baris, dengan ujung gigi yang lancip, tajam dan kuat.

3. Ikan kerapu bebek
Jenis ikan kerapu ini dapat berukuran paling tidak setengah meter. Sekarang ini Ikan kerapu bebek mengalami ancaman kepunahan akibat penangkapan massa yang tidak sesuai aturan, Saat ini ikan kerapu bebek juga mulai di budidayakan untuk mencegahnya dari kepunahan. 

4. Ikan kerapu sunuk
Ikan Kerapu sunuk disebut juga dengan ikan kerapu merah. rasa daging ikan kerapu ini sangat lezat. Harga dari ikan kerapu sunuk ini juga terbilang mahal, Ikan kerapu sunuk memiliki warna kulit merah dengan bintik-bintik biru berwarna gelap pada pinggirannya.

ikan kerapu sunuk ini dikenal cukup langka, karena ikan kerapu jenis ini sulit ditemukan dan susah untuk dibudidayakan. Akibatnya, ikan kerapu ini memiliki harga yang cukup mahal.

5. Ikan kerapu kertang
Ikan kerapu jenis ini juga bisa hidup di ekosistem muara. Ikan kerapu kertang ini juga memiliki fisik didominasi dengan warna hitam dan terdapat totol berwarna putih. Ikan Kerapu Kertang termasuk jenis ikan Kerapu yang banyak ditemukan pada kedalaman 100 m dari permukaan. Selain itu ikan kerapu kertang mudah ditemukan di seluruh wilayah perairan Indonesia dan Pasifik.

6. Ikan kerapu macan
Ciri ciri ikan kerapu macan yaitu warna tubuh yang mirip seperti macan tutul serta sisiknya yang mengkilap. Corak dari ikan kerapu macan mirip seperti terumbu karang, sehingga memudahkan baginya untuk melakukan kamuflase.

Belum ada Komentar untuk "KARAKTERISTIK IKAN KERAPU dan JENIS IKAN KERAPU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel