CIRI CIRI UMUM IKAN TONGKOL DAN MANFAATNYA BAGI TUBUH

CIRI CIRI UMUM IKAN TONGKOL DAN MANFAATNYA

CIRI CIRI UMUM IKAN TONGKOL DAN MANFAATNYA BAGI TUBUH


Mafaat ikan tongkol dan ciri khasnya- Ikan tongkol merupakan jenis ikan air asin, yang artinya merupakan jenis ikan yang habitatnya berada di lautan. Ikan tongkol, tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, yang telah mengenal dan sering mengkonsumsi ikan ini. Ikan tongkol mengandung nutrisi esensial yang diperlukan tubuh, selain itu ikan tongkol juga memiliki rasa gurih yang unik dan khas. Ikan tongkol juga mudah diolah menjadi aneka hidangan dan kudapan nusantara yang super lezat.  ikan tongkol harganya relatif terjangkau. 

Manfaat ikan tongkol 

selain harganya yang lebih ekonomis, kandungan nutrisi pada ikan tongkol juga sangat tinggi. ikan tongkol juga mengandung vitamin A, vitamin B, omega-3, fosfor, natrium dan masih banyak lainnya kandungan di dalam daging ikan tongkol yang baik bagi tubuh . Ikan tongkol banyak mengandung protein, Kandungan protein dalam ikan tongkol bermanfaat untuk memelihara fungsi dan kesehatan organ tubuh, seperti mata, otak, dan hati.

Ciri khas ikan tongkol

Di seluruh dunia, ikan tongkol dikenal dengan sebutan mackerel tuna.
Banyak orang yang mengira bahwa ikan tongkol dengan ikan tuna adalah sama. Memang kedua jenis ikan ini sangat mirip dari tampilannya, Namun keduanya merupakan jenis ikan yang berbeda. Ikan tongkol merupakan jenis ikan yang sangat gesik sehingga sulit untuk ditangkap. 

Ikan Tongkol juga termasuk salah satu spesies ikan yang suka menjelajahi perairan dangkal sekitar pantai dan pulau-pulau kecil. Tubuh ikan tongkol berbentuk bulat memanjang sangat mirip seperti torpedo. sirip-siripnya pendek dan lemas agar dapat menutup rapat di sisi tubuh. Sisik-sisik di sekujur tubuh ikan tongkol ini tidak ada maka ikan dapat meluncur mulus di dalam air. sirip-sirip kecil di bagian belakang fungsinya untuk mengurangi  turbulensi air saat ikan ini bergerak cepat didalam air. ciri umum lainnya dari ikan tongkol yakni panjang ikan tongkol ini kurang lebih sekitar 60 centimeter, Biasanya ikan tongkol memiliki berat hingga 14 kg namun ikan tuna bisa mencapai berat 350 kg. Ikan tongkol memiliki warna yang agak gelap. dengan punggungnya yang berwarna biru gelap agak metalik dan terdapat pola garis-garis seperti coretan miring  dan memiliki bentuk yang langsing. Ikan tongkol memiliki berat dan bobot yang lebih kecil daripada ikan tuna. 

Perbedaan ikan tongkol, ikan cakalang dan ikan tuna

Ikan tuna, tongkol, dan ikan cakalang memiliki persamaan dan perbedaan masing-masing. 

Dari segi penampilan, ikan tuna, tongkol, dan ikan cakalang dapat dibedakan dari warna dan ukuran tubuhnya. Ketiga ikan ini memang memiliki penampilan yang mirip.

ikan cakalang memiliki ciri fisik yang tidak jauh berbeda. Bentuk tubuh ikan cakalang dan ikan tuna hampir mirip, tetapi warna kulit ikan cakalang lebih gelap dan ada garis hitam membentang pada tubuhnya. sementara ikan tongkol memiliki warna tubuh yakni biru metalik. Ikan tongkol juga memiliki garis hitam yang mirip seperti ikan cakalang, tetapi garis ini tidak setebal garis yang ada pada ikan cakalang. 

Ikan tuna berwarna perak di seluruh tubuhnya. Ciri ikan tuna adalah garis hitam di bagian atas. Daging ikan tuna berwarna merah muda. 

Ukuran dari ikan tongkol, ikan cakalang dan ikan tuna ini juga berbeda. Ikan tuna dewasa dapat mencapai berat 35 hingga 350 kg.

Ikan tongkol dewasa panjangnya hanya mencapai 60 centimeter. Karena kemiripan kedua jenis ikan ini, ikan cakalang kadang dijuluki sebagai ikan tongkol putih.

Dari segi rasa dan tekstur, ketiga jenis ikan ini dapat dibedakan dengan cukup mudah. Ikan cakalang memiliki tekstur daging yang tidak begitu halus, tetapi tidak sekasar ikan tongkol. Ikan tuna memiliki tesktur daging yang paling halus dan lembut. Selain itu, rasanya juga lebih enak. 

Belum ada Komentar untuk "CIRI CIRI UMUM IKAN TONGKOL DAN MANFAATNYA BAGI TUBUH "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel