8 jenis ikan nila dan ciri ciri umum ikan nila

JENIS IKAN NILA DAN CIRI CIRI ATAU KARAKTERISTIK IKAN NILA MERAH

8 jenis ikan nila dan ciri ciri umum ikan nila

Jenis Ikan Nila Merah -
Di Indonesia sendiri beraneka ragam jenis ikan air tawar yang dapat dibudidayakan salah satu nya adalah ikan nila merah yang cocok sekali untuk dijadikan bisnis jual beli ikan, bisnis kuliner. Ikan nila juga sangat banyak konsumen atau peminatnya dikarenakan rasanya yang cukup enak.

Untuk kebutuhan domestik biasanya ikan nila yang memiliki ukuran 300 hingga 500 gram dengan waktu yang diperlukan untuk bisa mencapai ukuran tersebut kurang lebih sekitar 4-6 bulan.

Dalam membudidayakan ikan nila salah satu faktor penentu keberhasilan yaitu masa pemeliharaan. Apabila proses pemeliharaan ikan nila dilakukan dengan cara yang benar dengan memperhatikan beberapa hal maka akan di dapat hasil yang maksimal.

Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya ikan nila

Dalam membudidayakan ikan nila ada beberapa hal yang benar benar harus diperhatikan diantaranya ialah persiapan kolam, persiapan benih, penebaran benih ikan, pemeliharaan, dan pemanenan. ini memang yang harus diperhatikan secara teliti agar didalam melakukan bisnis budidaya ikan nila merah itu sendiri mendapatkan keuntungan yang maksimal, sebelumnya juga kami ingin memberikan sedikit informasi mengenai jenis jenis ikan nila dan karakteristiknya, mungkin bisa menjadi pilihan bagi anda sebelum memulai usaha, jenis ikan nila yang mana yang mungkin cocok dengan lingkungan dan tempat anda.

Berikut 8 jenis ikan nila dan ciri ciri umum ikan nila

1. Ikan Nila Gift

Ikan Nila gift pertama kali didatangkan ke Indonesia tahun 1994 melalui Balai Penelitian Perikanan. Ikan Nila gift yang pertama kali didatangkan ke Indonesia tersebut merupakan generasi keempat. Setelah itu, pada tahun 1997 didatangkan lagi nila gift berikutnya yang berasal dari generasi keenam. Jika kita lihat sepintas, ciri ciri ikan nila Gift dan ikan nila lokal agak sulit dibedakan, terutama ketika masih benih. Perbedaannya hanya bisa kita ketahui dari bentuk proporsi dan warna tubuhnya. Tubuh Ikan nila gift tampak lebih tebal dibanding ikan nila lokal.

Tubuh nila gift lebih pendek dibanding ikan nila lokal. ukuran mata ikan nila gift cukup besar jika dibandingkan dengan ukuran mata ikan nila lokal. sementara ukuran kepala nila gift relatif lebih kecil dibandingkan dengan ukuran kepala nila lokal.

Ciri lain nya dari ikan nila gift yaitu warna tubuh ikan nila gift hitam keputihan dan bagian bawah tutup insangnya berwarna putih, sedangkan ikan nila lokal berwarna putih. 

perbedaan ikan nila gift dengan ikan nila lokal :

  1. Jumlah telur ikan nila gift lebih banyak 20-30%
  2. pertumbuhan ikan nila gift lebih cepat 
  3. Pertumbuhan saat pembesaran lebih cepat dengan konversi pakan rendah.
  4. Ikan nila gift lebih tahan terhadap lingkungan yang kurang baik, sehingga bisa dipelihara di perairan payau.

2. Ikan nila BEST

Ikan Nila BEST merupakan pengembangan generasi keenam dari ikan nila GIFT yang disilangkan dengan 3 strain nila. Salah satu ciri fisik dari ikan nila ini yaitu bentuknya menyerupai ikan nila GIFT. Kelebihan dari ikan nila jenis ini juga mudah beradaptasi di lingkungan buruk, serta memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat. serta benih ikan nila jenis ini juga lebih besar.

Keunggulan lainnya dari Nila BEST yaitu mampu menghasilkan telur dengan sebanyak 1.500 sampai 2.800 butir perekor. Berat indukkan ikan nila best dapat mencapai 400 gram.

3. Ikan nila merah

Jenis ikan nila ini juga memiliki banyak keunggulan diantaranya ialah pertumbuhan tergolong cepat sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi pelaku budidaya.

Sekarang ini jenis Ikan nila merah termasuk jenis ikan nila yang paling banyak dibudidayakan. Selain karena berwarna menarik. 

4. Ikan nila citralada

Ikan nila yang satu ini berasal dari Thailand, Tubuh dari ikan nila jenis ini berwarna merah terang dengan sirip panjang. ikan nila citralada memiliki performa fisik yang menarik. Bobot ikan nila citralada pada umur 4 bulan dapat mencapai 200 gram. Salah satu keunggulan dari ikan nila jenis ini, yaitu lebih banyak menghasilkan anakan berjenis kelamin jantan dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. produksi telur melimpah. Struktur dagingnya kenyal. 

5. Ikan nila GESIT

Ikan Nila GESIT dikembangkan oleh IPB, BPPT, dan BBPBAT. Ikan nila jenis ini merupakan rekayasa genetik nila GIFT dari Filipina.

Salah satu keunggulan nila GESIT, yaitu Pertumbuhan ikan nila jenis ini relatif lebih cepat dengan panjang 8 centimeter pada umur 4—5 bulan. ikan nila jenis ini juga memiliki daya tahan hidup hingga 98 persen.  serta bobotnya bisa mencapai 500—600 gram per ekor.

6. Ikan nila nirwana 3

Nama lain dari ikan nila jenis ini adalah nila ras wanayasa. Ikan Nila nirwana merupakan hasil persilangan antara ikan nila GIFT dan ikan nila GESIT. Ikan nila jenis ini pertama kali diperkenalkan ke masyarakat sekitaran tahun 2006. banyak kelebihan dari ikan nila nirwana pertumbuhan nila nirwana 2 lebih cepat 15 persen daripada yang pertama. Kemudian setelah itu muncullah keluaran baru ikan nila nirwana dengan nama ikan nirwana 3. 

Jenis nirwana 3 memiliki banyak kelebihan diantaranya yaitu Pemanenannya pun hanya 2 bulan dengan persentase anakan sekitar 80%. ikan nirwana3 mampu mencapai pertumbuhan lebih cepat daripada nirwana 2.

7. Ikan nila SRIKANDI

Ikan Nila SRIKANDI berasal dari persilangan nila nirwana hitam betina dan biru jantan. masa pemeliharaan ikan nila jenis ini sekitar kurang lebih 3—4 bulan dengan bobot maksimal 250 gram per ekor. Ikan Nila SRIKANDI ini bisa bertahan hidup di air payau (salinitas tinggi).

8. Ikan nila larasati

Ikan nila jenis ini juga memiliki banyak sekali keistimewaan, Ikan Nila larasati bisa dibudidayakan di berbagai macam media atau tempat, seperti kolam air tenang, kolam air deras deras, air payau, ataupun kolam buatan. Ikan nila jenis ini merupakan jenis nila lokal yang dikembangkan oleh Balai Benih Ikan Janti, Klaten. Ikan nila jenis ini juga memiliki banyak kelebihan atau keunggulan seperti daya tahan tubuhnya yang kuat. ikan nila larasati mampu bertumbuh secara cepat. Ikan nila jenis ini juga kebal terhadap serangan bakteri Streptococcus dan Algalectiae. S

Belum ada Komentar untuk "8 jenis ikan nila dan ciri ciri umum ikan nila"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel