habitat ikan hiu dan jenis jenis ikan hiu yang terdapat dilaut indonesia

JENIS JENIS IKAN HIU DAN CIRI CIRINYA

Ikan Hiu memiliki habitat

Jenis Ikan Hiu
- Ikan Hiu adalah spesies ikan bertubuh ramping yang memiliki kerangka tulang rawan yang lengkap. Ikan hiu berbeda dengan jenis ikan laut lainnya, kerangka ikan hiu merupakan tulang rawan yang sangat lentur. Ikan hiu termasuk dalam kelompok superordo Selachimorpha. Di seluruh lautan dunia, Lebih dari 450 jenis hiu ada di dunia saat ini, Sebagai sebuah momok yang menakutkan, tak heran apabila ikan hiu seringkali diperbincangkan. Ikan hiu adalah anggota dari filum Chordata, dari subfilum Vertebrata, dari kelas Chondrichthyes. 

Tubuh ikan hiu dilapisi kulit dermal denticles yang berfungsi untuk melindungi kulit dari parasit dan melindungi kulit dari kerusakan. Ikan Hiu bernafas dengan menggunakan liang insang yang terletak sedikit dibelakang kepalanya.

Ukuran tubuh Ikan hiu bervariasi, tergantung spesiesnya. Di perairan Indonesia, lebih dari sepruhnya adalah jenis ikan hiu yang berukuran 1 meter.

Sedangkan ikan hiu yang berukuran sedang (panjang maksimum 2.5 meter), dan berukuran besar (panjang maksimumnya di atas 2.5 meter) memiliki proporsi yang hampir sama yaitu 20 %.

Ukuran ikan hiu ada yang kecil seperti jenis ikan hiu lantershark kurcaci, ikan hiu laut dalam sepanjang 17 centimeter, hingga ikan hiu paus, ikan hiu berukuran jumbo yang panjangnya bisa mencapai 12 meter. Ikan hiu biasanya rata-rata bisa hidup selama 20-30 tahun di alam liar.

Habitat Ikan Hiu

Ikan Hiu memiliki habitat yang beragam di seluruh dunia, mulai bakau yang dangkal, terumbu karang tropis, hingga perairan Arktik. Kehadiran ikan hiu sebenarnya membantu menjaga kesehatan habitat atau kawasan di mana mereka tinggal. Ikan Hiu adalah pemangsa dan ikan hiu akan berburu hewan yang lemah, memastikan populasi tetap sehat dan pada ukuran yang dapat didukung oleh sumber daya habitat. Manfaat kehadiran ikan hiu lainnya di suatu ekosistem yaitu perannya dalam hal mengatur produksi oksigen di lautan dengan cara memangsa ikan-ikan pemakan plankton penghasil oksigen.

Ciri ciri umum ikan hiu antara lain yaitu :

  1. Kulit dengan sisik plachoid dengan kelenjar mucus,
  2. Mulut ikan hiu ventral dilengkapi gigi email.
  3. Ikan hiu emiliki rahang atas dan bawah,
  4. Cekungan hidung satu sampai dua tanpa ada ubungan dengan rongga mulut,
  5. Skeleton berupa tulang rawan, tidak ada tulang keras. Vertebrae lengkap dan terpisah,
  6. Ikan hiu termasuk hewan berdarah dingin, suhu tubuh dari ikan hiu menyesuaikan suhu lingkungan.

Ikan Hiu merupakan salah satu predator ganas. Makanan ikan hiu antara lain ikan, dari yang berukuran kecil hingga besar, anjing laut, penyu laut dan lain sebagainya.

Ikan Hiu juga memangsa plankton, larva kepiting pantai, serta hewan-hewan kecil nektonik seperti cumi-cumi atau vertebrata kecil dan lain sebagainya.

Jenis ikan Hiu

Indonesia memiliki 120 spesies ikan hiu. Indonesia juga negara penghasil ikan hiu terbesar dunia dengan produksi 88.790 ton/tahun. Ikan Hiu ditangkap untuk diekspor siripnya. Konsumsi sirip ikan hiu inilah yang banyak dikecam para traveler dan pemerhati lingkungan.

Jenis jenis ikan Hiu yang dilindungi di Indonesia antara lain yaitu:

1. Ikan Hiu Martil (Sphyrna mokarran)

2. Ikan Hiu Koboi (Carcharhinus longimanus)

3. Ikan Hiu Martil (Sphyrna leweni)

4. Ikan Hiu Martil (Sphyrna zygaena)

Empat spesies ikan hiu ini masuk Appendik II Cites. Artinya ikan hiu ini belum terancam punah, akan tetapi perdagangan keempat ikan hiu ini harus dikontrol.

5. Ikan Hiu Gergaji (Pristis microdon)

Menangkap, membunuh, memelihara dan memperdagangkan ikan hiu jenis ini bisa dipidana penjara.

6. Ikan Hiu Paus (Rhyncodon typus)

Ikan Hiu Paus bukan target tangkapan nelayan, tapi sering tertangkap saat nelayan sedang mencari ikan lain.

7. Hiu Common Thresher (Alopias vulpinus)

8. Ikan Hiu Monyet/Cucut Pedang (Alopias pelagicus)

9. Ikan Hiu Lancur/Hiu Lutung/Hiu Tikus (Alopias superciliosus)

Belum ada Komentar untuk "habitat ikan hiu dan jenis jenis ikan hiu yang terdapat dilaut indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel