HABITAT ATAU SEBARAN IKAN PARI dan jenisnya

HABITAT ATAU SEBARAN IKAN PARI

SPESIES IKAN PARI

Ikan Pari - 
Ikan pari (rays) merupakan jenis ikan laut yang umumnya berbentuk pipih, Ikan pari (rays)  atau sering juga dikenal dengan peh termasuk dalam ikan yang bertulang rawan. Ikan pari (rays) termasuk dalam ikan bertulang rawan. Ikan pari adalah jenis ikan yang sangat unik, seperti bentuk tubuh yang tipis dan menyerupai bentuk layang-layang, ikan pari juga terlihat seperti memiliki sayap yang memnbuat ikan pari terlihat seperti ikan terbang, pada ekornya memiliki duri atau pisau yang tajam dan memiliki racun yang begitu berbahaya.

Ikan pari umumnya mempunyai ekor yang memanjang menyerupai cemeti. Pada beberapa spesies, ekor ikan pari dilengkapi duri penyengat yang sangat mematikan. Jumlah atau seberapa banyak jenis ikan pari yang mendiami perairan di seluruh dunia belum ada informasi yang akurat. karena ikan pari tersebar di seluruh lautan dunia.

Dari segi ukuran ikan jenis ini berbeda - beda, ukuran ikan pari dewasa bervariasi dari ukuran yang relatif kecil, yaitu lebar 5 centimeter dengan panjang sekitar 10 centimeter ini adalah famili NARKIDAE. hingga spesies ikan pari yang berukuran sangat besar yaitu lebar 610 centimeter dengan panjang 700 centimeter (ini masuk golongan family MOBULIDAE, pari manta). Seperti yang kita ketahui ikan pari memiliki spesies yang sangat banyak dimana golongan ikan pari dapat dijumpai dalam 13 Family dan 560 jenis / spesies.

Ciri ciri umum ikan pari

Ciri-ciri Taksonomi dan morfologi ikan pari:
  1. Bagian tubuh ikan pari sangat pipih
  2. Ikan pari banyak menghabiskan hidupnya di dasar laut.
  3. Ikan pari dikenal sebagai ikan bertulang rawan dan mempunyai ekor seperti cambuk, sebagian jenis ikan pari pada bagian ekornya terdapat duri beracun.
  4. Sirip dada ikan pari melebar menyerupai sayap, dengan sisi bagian depan bergabung dengan kepala, ini juga salah satu keunikan ikan pari.
  5. Ikan pari memiliki celah insang.
Berikut ini beberapa jenis ikan pari yang terdapat diseluruh lautan.

SPESIES IKAN PARI :

  1. Ikan Pari Keprak/Pari Kupu-Kupu
  2. Ikan Pari Mutiara
  3. Ikan Pari Hidung Runcing
  4. Ikan Pari Macan
  5. Ikan Pari Mondol
  6. Ikan Pari Minyak
  7. Ikan Pari Cingir
  8. Ikan Maugean Skate
  9. Ikan Giant Shovelnose Ray (Rhinobatos typus)
  10. Ikan Pari Hiu-Shark Ray (Rhina ancylostoma)
  11. Ikan Pari Burung Helang-Spotted Eagle Ray (Aetobatus narinari)
  12. Ikan Pari Harimau
  13. IkanPari Raksasa
  14. Ikan White Spotted Shovelnose Ray (Rhynchobatus djiddensis)
  15. Ikan Spotted Shovel Nose Ray (Aptychotrema sp)
  16. Ikan Yellow Shovel Nose Ray (Aptychotremata sp)
  17. Ikan Brown Stingaree (Urolophus westraliensis)
  18. Ikan Blotched Stingaree
  19. Ikan Banded Numbfish
  20. Ikan Ornate Numbfish (Narcine sp)
  21. Ikan Numbfish
  22. Ikan Eyed Skate
  23. Ikan Western Round Skate
  24. IkanBrown Stingray (Dasyatis annolatus)
  25. Ikan Brown Reticulad Stingray
  26. Ikan Manta Ray

CARA PERKEMBANG BIAKAN IKAN PARI

Dalam hal perkembang biakan ikan pari agak berbeda dengan ikan jenis lain karena ikan pari berkembang biak secara ovovivipar yaitu berkembangbiak dengan cara bertelur dan melahirkan, Salah satu hewan dari kelas pisces yang mengalami perkembangbiakan secara ovovivipar yakni ikan pari, Ikan pari berkembang biak dengan cara bertelur dan akan melahirkan setelah sampai waktunya. Ikan pari akan bertelur kemudian telurnya berkembangbiak di dalam tubuh sang induk. Kemudian setelah cukup masanya, sang induk ikan pari akan melahirkan anaknya. Biasanya bayi ikan pari yang baru lahir itu langsung bisa berenang dengan lincah di air itu mungkin salah satu keunikan dari ikan pari yang tidak dimiliki oleh ikan jenis lain.

Belum ada Komentar untuk "HABITAT ATAU SEBARAN IKAN PARI dan jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel