JENIS IKAN PARI MANTA YANG TERDAPAT DIINDONESIA

Ikan Pari Manta Jenis Ikan Pari Terbesar 

ikan pari manta ikan pari manta oceanik  (Manta birostris) dan Karang (Manta alfredi)

Jenis Ikan Pari Dan Habitatnya - 
Ikan pari manta (Manta birostris) adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Nama ikan pari ini memang cukup unik yaitu manta, Nama "manta" berasal dari bahasa Spanyol yang berarti "selimut". Ikan pari jenis ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh ikan pari jenis lain yaitu sepasang “tanduk” di dekat mulutnya. Ikan Pari manta memiliki warna yang bervariasi, mulai dari hitam, biru keabu-abuan, cokelat, hingga nyaris putih, saat ini ikan pari manta mengalami ancaman kepunahan yang cukup serius, telah terjadi penurunan populasi secara drastis di habitat alam.

Perlu untuk diketahui bahwa ikan pari manta ini sudah dikategorikan ke dalam Appendiks II CITES dan masuk dalam daftar red list  IUCN dengan kategori rawan terancam punah.

Ikan Pari Manta yang ditetapkan perlindungannya adalah 2 jenis ikan pari Manta yaitu ikan pari manta ikan pari manta oceanik  (Manta birostris) dan Karang (Manta alfredi) Kementerian Kelautan dan Perikanan menetapkan Status Perlindungan Penuh Ikan Pari Manta.

Karena ikan pari jenis ini masuk dalam daftar kepunahan maka pemerintah menetapkan ikan pari manta sebagai jenis ikan yang dilindungi melalui Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan. 

Spesies Ikan Pari Manta, Manta birostris (pari manta Atlantik), Manta hamiltoni (pari manta Pasifik), dan Manta raya (pari manta Pangeran Alfred)

Terdapat 3  spesies  yang sebelumnya dianggap merupakan bagian dari genus Manta: Ikan pari Manta birostris (pari manta Atlantik), Ikan pari Manta hamiltoni (pari manta Pasifik), dan ikan pari Manta raya (pari manta Pangeran Alfred). Ke 3 ikan pari manta itu sangat mirip satu sama lain. Belakangan, setelah dilakukan penelitian terhadap contoh gen mereka, ketiga spesies itu dimasukkan dalam satu spesies yang sama: spesies Manta birostri Manta dimasukkan ke dalam famili  Myliobatidae  yang terdiri dari 40 spesies pari berbeda.

JENIS IKAN PARI MANTA YANG TERDAPAT DIINDONESIA

Dilautan indonesia terdapat berbagai macam jenis ikan pari namun di Indonesia, jenis ikan pari yang terkenal berasal dari genus pari manta. Genus tersebut terbagi ke dalam dua spesies, Ikan pari Manta alfredi yang tinggal di perairan dangkal dan Ikan pari Manta birostris yang hidup di samudera. Ikan Pari manta pada umumnya hanya berwarna hitam dan putih dengan corak di sisi perut.  Namun, setiap spesies ikan pari memiliki corak yang berbeda.

Perbedaan antara Ikan pari Manta birostris dan Manta alfredi terletak pada warna. ikan pari Manta birostris memiliki warna yang jelas di bagian punggung. Sedangkan pada ikan pari Manta alfredi terdapat gradasi warna. Perbedaan lain antara Ikan pari Manta birostris dan Manta alfredi berada di bagian pangkal ekor, ikan pari Manta birostris misalnya, memiliki tonjolan tulang belakang, tetapi tidak pada ikan pari Manta alfredi. Ikan pari Manta birostris memiliki ukuran relatif besar, ikan pari manta birostris memiliki lebar 700 cm - 910 cm. Sementara ikan pari Manta alfredi hanya memiliki lebar 500 cm. Ikan Pari manta dapat memiliki berat hingga 1.00 kilogram atau lebih, Membuat ikan pari manta ini dinobatkan sebagai ikan pari terbesar yang hidup di dunia dan ikan bertulang lunak terbesar kedua setelah Ikan Hiu Paus. Ikan Pari manta mencapai kedewasaannya setelah berusia 8 tahun.  Anakan ikan pari manta yang baru menetas dapat berukuran hingga 1.5m. Ikan pari jenis ini dari segi perkembangbiakan agak berbeda dengan jenis ikan pari lain dalam sekali kelahiran, ikan pari manta ini hanya mampu melahirkan seekor anakan ikan pari manta, indukan dari ikan pari manta dapat melahirkan sekali tiap dua hingga lima tahun.

Mulut Ikan pari manta tidak memiliki gigi karena berfungsi menyaring plankton. Fungsi insang pada ikan pari manta Selain sebagai alat pernapasan, juga untuk menyaring makanan yang masuk bersama air melewati mulut. Di bagian dekat mulutnya terdapat sirip depan yang berfungsi untuk menyaring plankton.

Belum ada Komentar untuk "JENIS IKAN PARI MANTA YANG TERDAPAT DIINDONESIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel