kenali Ciri ciri ikan salmon, klasifikasi ikan salmon beserta jenis jenisnya

PENGERTIAN IKAN SALMON DAN CIRI CIRINYA

kenali Ciri ciri ikan salmon, klasifikasi ikan salmon beserta jenis jenisnya

Ciri ciri ikan salmon dan klasifikasi ikan salmon - Salmon adalah nama biasa bagi beberapa spesies ikan dari keluarga Salmonidae. Nama Ilmiah dari ikan salmon adalah : Oncorhynchus nerka. Beberapa ikan lain di dalam keluarga ini dipanggil trout; perbesarannya adalah disebabkan kehidupan migrasi ikan salmon dibandingkan dengan sikap perumahan ikan trout, satu perbedaan yang betul untuk genus ikan Salmo. Ikan Salmon hidup di Atlantik dan Lautan Pasifik, selain di Tasik-tasik Besar (kira-kira sedozen spesies dari genus Oncorhynchus). Ikan Salmon menghabiskan waktu selama 1 hingga 5 tahun sebelum mencapai usia kematangan seksual. Ikan Salmon dewasa akan kembali ketempat dimana mereka dilahirkan untuk berkembang biak. 

Ada 7 jenis salmon yang dikenal saat ini yaitu : salmon King, Chum, Pink, salmon Chinook, Steelhead, Coho dan ikan salmon Sockeye.

Ikan salmon juga jenis ikan yang sangat istimewa karena menyantap ikan-ikan kecil yang memakan rumput laut. 

CIRI-CIRI IKAN SALMON

kenali Ciri ciri ikan salmon, klasifikasi ikan salmon dan jenis jenisnya

  1. Habitat ikan salmon di air tawar, muara, dan air laut, dengan kedalaman antara 0-250m. 
  2. Panjang total tubuh ikan salmon jantan 84 centimeter, sedangkan panjang total tubuh ikan salmon betina kurang lebih sekitar 71 centimeter. 
  3. Berat maksimal ikan salmon kurang lebih sekitar 7.710 gram. Umur maksimal sekitar 8 tahun. Ikan salmon termasuk ikan pelagis, hidup secara anadromus.
  4. Sirip anus lunak ikan salmon berjumlah 13-18, sedangkan jumlah tulang punggung sekitar 56-67 buah. Sirip punggung lunak salmon berjumlah 11-16 buah.
  5. Temperatur optimal untuk pertumbuhan ikan salmon adalah 250 C. 

Secara tipikal, Ikan salmon adalah anadromous: ikan salmon menetas di air tawar dan berpindah ke laut, kemudian ia akan kembali kesemula ke air tawar untuk berkembangbiak. Ia kemungkinan besar disebabkan oleh perternakan spesies-spesies tertentu ikan salmon.

Ikan salmon juga jenis ikan yang sangat istimewa dibandingkan dengan jenis ikan lain karena kandungan gizinya yang cukup tinggi berupa asam lemak omega-3.

Berikut klasifikasi ikan salmon yang perlu untuk diketahui

KLASIFIKASI IKAN SALMON

Ciri ciri ikan salmon, klasifikasi ikan salmon beserta jenis jenisnya
  • Kingdom : Animalia 
  • Family  :  Salmonidae
  • Subfamily :  Salmoninae 
  • Phylum : Vertebrata 
  • Subphylum : Pisces 
  • Superclass : Gnathostomata
  • Class  : Actinopteri
  • Order  : Salmoniformes   
  • Genus  :  Oncorhynchus 
  • Species         : Oncorhynchus nerka

MANFAAT IKAN SALMON BAGI TUBUH

Ikan salmon juga salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Ikan salmon biasanya disantap mentah dan tanpa proses olahan, seperti dalam makanan sushi atau sashimi. 
Ikan salmon juga kaya akan kandungan protein dan antioksidan untuk mencegah depresi, penyakit jantung dan mengoptimalkan kerja otak dan penglihatan pada anak-anak.

Kandungan Omega pada ikan salmon juga mampu meningkatkan level serotonin, unsur kimia pada otak yang membuat kita merasa senang dan gembira.

Sumber protein yang terdapat pada ikan salmon sangat dibutuhkan untuk membuat mata, otot, sel, kulit, rambut dan organ-organ lainnya. Kandungan lemak sehat yang terdapat dalam ikan salmon yaitu omega 3 mampu meningkatkan HDL untuk menurunkan efek negatif dari kolesterol LDL. Selain itu kandungan antioksi dan pada ikan salmon akan membuat vitamin C dan E bekerja lebih lama sehingga mampu meningkatkan kesehatan mata dan kulit kita.

Ikan salmon yang ada di Indonesia diimpor langsung dari Norwegia, negara pembudidaya dan pengekspor ikan salmon terbesar di dunia.

Ciri ciri daging ikan salmon yang masih segar

  1. Warna daging ikan salmon
  2. Selain baunya, ikan salmon segar bisa dilihat dari warna dagingnya. Daging salmon yang segar umumnya berwarna merah muda. Sementara, salmon yang tidak segar berwarna pucat dan ada bintik-bintik cokelat pada dagingnya. 
  3. Bau ikan
  4. Menurut Sony, ikan salmon yang segar memiliki bau amis yang normal dan tidak menyengat. sedangkan ikan salmon yang sudah tidak segar memiliki bau amis yang sangat menyengat atau bau busuk. 
  5. Tekstur
  6. Jika ikan salmon yang Anda beli memiliki tekstur lembek dan saat dimakan langsung hancur di mulut, itu menandakan bahwa ikan salmon tersebut tidak segar. ikan salmon yang berkualitas buruk juga memiliki lendir berlebih. 
  7. Warna insang
  8. Insang pada ikan salmon segar biasanya berwarna kemerahan. Jika Anda menemukan ikan salmon dengan warna insang tersebut, bisa diindikasikan bahwa ikan salmon itu segar dan berkualitas bagus. Sementara, salmon yang tidak segar memiliki insang yang berwarna gelap.
Itulah beberapa informasi mengenai ciri-ciri ikan salmon segar. Semoga informasi ini membantu Anda memilih ikan yang berkualitas.



Belum ada Komentar untuk "kenali Ciri ciri ikan salmon, klasifikasi ikan salmon beserta jenis jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel