CIRI CIRI IKAN BARONANG dan jenis ikan baronang yang sudah umum di kenal

Ikan Baronang

CIRI CIRI IKAN BARONANG dan jenis ikan baronang yang sudah umum di kenal

Jenis jenis ikan baronang - Indonesia terkenal sebagai negara dengan wilayah laut yang luas. Mulai dari laut dalam hingga pesisir pantai melimpah akan jenis-jenis ikan sebagai surga bagi pemancing. Ikan jenis ini termasuk ke dalam keluarga Siganidae dan bernama ilmiah Siganus canaliculatus. Karena persebarannya yang luas, ikan ini mempunyai nama lain di berbagai daerah. Ikan baronang ini begitu diminati konsumen karena memiliki daging yang gurih dan bernilai gizi yang lumayan tinggi.

Ikan baronang ini disebut juga rabbitfish karena kepalanya yang berbentuk seperti kelinci. Badannya pipih dan mempunyai sisik yang halus dan tipis. Sirip-sirip yang ada pada bagian atas dan bawah tubuhnya keras, tajam, serta beracun pada ujung durinya.

Jenis ikan laut ini biasanya tinggal di sekitar ekosistem terumbu karang. Ikan Baronang yang bisa tumbuh hingga 25 cm ini termasuk hewan laut herbivora yang memakan rumput laut dan ganggang. Ikan baronang juga termasuk jenis ikan laut yang bernilai ekonomis tinggi dan sangat laris dijual di restoran-restoran makanan laut (Sea food), bahkan di hotel-hotel berbintang.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Baronang: 

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Class : Pisces 
  • Sub Class : Teleostei 
  • Ordo : Perciformes 
  • Family : Siganidae
  • Genus : Siganus 
  • Species : Siganus sp.

Ikan Baronang bersifat fototaksis positif atau tertarik pada sinar atau cahaya terutama pada ikan-ikan baronang yang masih muda. Pada waktu malam ikan baronang tidak aktif bergerak, mereka akan bersandar pada rumput atau tumbuhan laut, batu dan terumbu karang terutama pada ikan dewasa. Ikan baronang ini akan menghindar dengan cepat apa bila dikejutkan dengan gerakan disekitarnya. ikan baronang juga dikenal sebagai ikan yang peka terhadap gangguan disekitarnya. Ikan Baronang dapat mentolelir perubahan salinitas yang cukup luas, namun tidak dengan perubahan yang secara dratis. Ikan Baronang mentolelir setiap perubahan lingkungan habitatnya secara perlahan-lahan. Selain salinitas Ikan baronang sangat sensitif dengan perubahan oksigen dan suhu yang secara drastis.

MAKANAN IKAN BARONANG

Di alam ikan baronang memakan makanan dari bahan tumbuhan (herbivora), namun bila dibudidayakan, ikan baronang ini dapat memakan makanan apa saja yang diberikan seperti pakan buatan.
Dalam mencari makan, Ikan Baronang selalu bergerombol dalam populasi yang cukup banyak hingga mencapai ratusan ekor, tetapi bila kondisi lingkungan memburuk maka masing-masing ikan baronang berpencar atau berenang secara sendiri-sendiri untuk mempertahankan diri pada suatu daerah tertentu.

HABITAT HIDUP IKAN BARONANG

CIRI CIRI IKAN BARONANG dan jenis ikan baronang yang sudah umum di kenal

Habitat hidup ikan baronang ini pada umumnya dilingkungan perairan terumbu karang yang banyak tumbuhan lautnya dan di daerah padang lamun. Namun ciri-ciri khusus tersebut berbeda-beda antar spesies. jenis Siganus javus hidup di laut, perairan payau dan juga sering keluar masuk sungai, jenis Siganus vermiculatus hidup di laut dangkal, payau dan juga sering keluar masuk sungai, Jenis Siganus canaliculatus hidup didaerah yang berumput di padang lamun dan hutan-hutan mangrove. Pada umumnya saat musim kawin ikan baronang akan bergerombol di daerah pantai pada saat air pasang dan mulai memijah setelah tengah malam di saat air surut.
spesies Siganus canaliculatus lebih menjadikan padang lamun sebagi daerah asuhan dan pembesaran dan ketika dewasa akan menuju ke ekosistem disekitarnya seperti terumbu karang untuk menghabiskan sebagian masa dewasanya pada ekosistem tersebut. 

CIRI CIRI IKAN BARONANG

habitat hidup dan jenis jenis ikan baronang

Tubuh Ikan baronang lebar dan pipih yang ditutupi oleh sisik-sisik halus dengan warna tubuh yang bervariasi. Pada bagian punggung terdapat bintik-bintik cokelat, kelabu atau emas, sedangkan di bagian perut ikan baronang kadang-kadang  terdapat bintik-bintik, bintik tersebut kabut dan kelihatan seperti garis-garis. dinding lambungnya agak tebal, usus halusnya panjang dan mempunyai permukaan yang luas. warna Ikan baronang umumnya bewarna kecokelatan sampai kehijau-hijauan. 

Bentuk mulut dari ikan baronang ini sangat kecil, ikan baronang juga memiliki gigi seri pada masing-masing rahang, gigi geraham berkembang sempurna.

Ikan baronang memiliki duri-duri yang berbisa yang terdapat pada 13 duri keras pada sirip pungung, 7 duri keras pada sirip dubur dan 4 duri keras pada sirip perut.

Di bagian belakang tutup insang ikan baronang sebelah atas terdapat titik-titik, titik ini berwarna hitam atau hilang sama sekali. 


Berikut ini beberapa jenis ikan baronang yang sudah umum di kenal oleh masyarakat:
  1. Signus virgatus
  2. Ikan baronang jenis ini adalah jenis yang dikenal sebagai baronang emas. Panjang tubuh jenis ikan baronang ini dapat mencapai lebih dari 20 centimeter dengan bentuk badan oval dan menyamping dengan lebar bada 1,9 - 2,2  kali dari panjang standar. Tubuhnya berwarna cokelat tua kekuning-kuningan atau keemasan. 
  3. Siganus canaliculatus
  4. Badan ikan baronang jenis ini berwarna kecokelat-cokelatan dengan bintik-bintik putih yang tersebar diseluruh tubuh. Ikan baronang jenis ini memiliki tubuh yang dapat mencapai 23 centimeter, lebar badannya anatara 2,4 - 2,7 kali dari panjang standar dengan badan yang berbentuk oval dan menyamping. 
  5. Siganus guttatus
  6. Ikan Baronang jenis ini mempunyai warna tubuh abu-abu kebiruan dan bagian bawahnya berwarna keperakan dengan beberapa bintik sebesar bola mata. Bentuk tubuh ikan baronang jenis ini oval menyamping dengan lebar badan antara 1,8 - 2,3 kali panjang standar. dan di bawah sirip punggung terdapat bercak bersar berwarna kuning.
  7. Siganus vermiculatus 
  8. Jenis ikan baronang ini tubuhnya tertutup oleh garis berkelok seperti cacing. 
  9. Siganus javus
  10. Bentuk badan ikan baronang jenis ini menyamping dengan lebar badan sekitar kurang lebih 2,0 - 2,3 kali panjang standar. Ikan Baronang jenis ini memiliki 13 jari-jari keras dan 10 jari-jari lunak pada sirip punggung, 7 jari-jari keras dan 9 jari-jari lunak pada sirip dubur
Demikianlah informasi singkat mengenai ikan baronang, data tentang ikan baronang ini kami olah dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "CIRI CIRI IKAN BARONANG dan jenis ikan baronang yang sudah umum di kenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel