Jenis Ikan bala-bala (Bala Shark) dan Ciri Ciri Umum Ikan Bala Shark

Jenis Ikan bala-bala (Bala Shark)


Jenis Ikan Bala Shark (hiu) - Jenis Ikan hias air tawar ini memiliki tubuh yang sangat mirip dengan ikan hiu, bentuk tubuh yang sangat mirip seperti torpedo Ikan bala bala atau bala shark memiliki sirip yang besar dan disetiap diujung siripnya berwana hitam warna ikan ini juga perak mengkilap. Meskipun begitu jenis ikan hias ini sama sekali tidak ada hubunganya dengan ikan hiu aslinya. Ikan bala shark (hiu) ini umumnya damai dan baik sahabat untuk berbagai jenis ikan tropis.


Ikan Bala Shark (hiu) merupakan salah satu jenis ikan yang dinyatakan IUCN sebagai ikan yang masuk daftar ikan langka dan patut dilindungi. Populasi ikan bala shark ini semakin menurun bahkan selama 10 tahun ini mencapai hampir 55%, bisa punah kalau begini terus. Meskipun terlihat seperti ikan pemangsa, ikan ini sama sekali tidak galak. Sifatnya sangat bersahabat dengan ikan lain. Ikan bala shark (hiu) ini memiliki tubuh yang cukup besar dengan maksimalnya mencapai 35 cm.

Ikan bala shark termasuk ikan yang sangat mudah mati, sehingga penanganan terhadap ikan bala shark ini harus sangat hati-hati. Suhu air yang ideal untuk ikan bala bala ini antara 22-28 ° C (72-82 ° F). selain itu ikan Bala Shark juga membutuhkan oksigen yang tinggi dan air yang jernih terutama dalam penampungan, karena ikan bala shark ini tergolong jenis ikan yang hidup di bagian hulu dari sungai bagian tengah dimana kondisi oksigennya relatif tinggi. Ikan Bala Shark lebih suka disimpan dalam kelompok dua atau lebih spesimen. Satu lagi ikan bala shark ini suka meloncat disarankan jika anda ingin memelihara jenis ikan ini untuk selalu menutup akuraim, jika tidak ingin ikan peliharaan anda ini mati di luar akuarium.

Keunikan lainnya dari ikan bala shark adalah ukurannya ikan Bala Shark dewasa hanya mencapai panjang maksimal yaitu 30 centimeter dengan mempunyai bentuk kepala yang meruncing serta tubuhnya yang berbentuk oval dan memanjang. ikan bala shark juga memiliki warna yang mengkilap dengan warna dominan perak namun di bagian perut cenderung lebih gelap dari pada bagian perutnya.

Sebutan Ikan Bala Shark

Ikan Bala Shark dengan nama daerah ikan Ketutung (Kalimantan Barat), Ridik angus (Jambi) dan Puntung Kanyut (Sumatera Selatan) merupakan salah satu jenis ikan yang keberadaannya sudah dikategorikan mengkhawatirkan di Kalimantan barat (kalbar) dan Jambi. Namun di Sumatera Selatan (sumsel) jenis ikan ini masih bisa didapatkan walaupun jumlahnya tidak banyak.

Makanan Ikan Bala Shark

Makanan ikan Bala Shark di habitat aslinya adalah fitoplankton terutama dari kelompok Synedra sp), Desmidiceae (Closterium sp) dan Bacillariophyceae (Diatoma sp dan jenis phitoplankton lainnya seperti Cosmarium sp, Mougeotia sp, Pleurotaenium sp namun kadang-kadang juga ada yang didominasi oleh rotifera dalam lambungnya.

Ciri Ciri Umum Ikan Bala Shark (Hiu)

Jenis Jenis Ikan bala-bala (Bala Shark)

Terdapat ciri-ciri fisik yang sangat menonjol dari jenis Ikan Bala shark (Hiu) tersebut, yaitu sebagai berikut :

  1. Tubuh
  2. Jenis Ikan Bala Shark (Hiu Bala) bentuk tubuhnya mirip seekor hiu yang biasa hidup di perairan laut lepas. Panjang tubuh dari jenis ikan bala shark (hiu bala) ini bisa mencapai 35 centimeter untuk ukuran terbesarnya. Sirip anal, punggung dan perutnya merupakan jenis sirip yang bertulang keras sehingga sirip ikan ini sangat kokoh dan kuat.
  3. Warna
  4. Jenis Ikan Bala Shark (Hiu Bala) memiliki warna yang identik dengan warna perak. Biasanya disertai dengan margin warna hitam yang letaknya pada posisi punggung, ekor, anal, hingga ke sirip yang terletak di perutnya. 
  5. Gigi
  6. Ikan bala shark (hiu bala) ini memiliki gigi yang tidak menempel di rahang seperti ikan pada umumnya, namun menempel di tenggorokan. 
  7. Mata
  8. Jenis Ikan Bala shark (Hiu Bala) ini terbilang sangat bulat dan besar. Dengan ukuran mata seperti itu, maka jenis Ikan Bala Shark (Hiu Bala) tersebut bisa menemukan dan menangkap mangsanya dengan sangat cepat dan mudah. Matanya berwarna hitam bulat semakin indah dengan sepasang sungut yang tertanam simetris pada ikan ini.

Demikianlah informasi singkat mengenai ciri ciri ikan bala shark (hiu bala), data ini kami olah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Ikan bala-bala (Bala Shark) dan Ciri Ciri Umum Ikan Bala Shark"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel