ciri ikan mickey mouse dan cara membedakan ikan mickey mouse jantan dan betina

Ikan coral/mickey mouse

ciri ciri ikan mickey mouse dan cara membedakan antara jantan dan betina

JENIS JENIS IKAN HIAS - Ikan mickey mouse adalah salah satu ikan yang berasal dari Amerika Utara dan Tengah dari Ciudad
Veracruz, Meksiko ke utara Belize di Amerika Tengah. Untuk nama mickey mouse ini dalam bahasa inggris disebut dengan Mickey Mouse Platy, Golden Moon Platy, Moonfish. Dan termasuk dalam keluarga Poeciliidae.


Ikan coral ini varitas ikan platty, ikan ini yang paling banyak di minati oleh mereka pencinta ikan hias, jenis ikan ini dinamakan mickey mouse karena dari seluruh tubuh warna jingga di bagian belakangnya ada sedikit warna hitam seperti tompel. Tidak semua ikan coral ini memiliki warna hitam dibagian belakangnya malah biasanya berwarna jingga utuh. Pada dasarnya Ikan mickey mouse ini adalah jenis ikan omnivora, jadi ikan ini akan memakan apa saja yang kita berikan, baik pakan alami seperti cacing sutra, jentik nyamuk, kutu air atau pakan yang sudah dibekukan.

Nama ilmiah atau nama latin ikan mickey mouse yaitu Xiphophorus maculatus, sedangkan sinonimnya  Platypoecilus maculatus, Platypoecilus nigra, Platypoecilus pulchra, Platypoecilus rubra, Poecilia maculata.


Ikan mickey mouse seperti ikan kecil lainya mereka suka hidup dengan cara berkelompok. Ikan mickey mouse bukan jenis ikan agresif, jika ikan predator di satukan dengan ikan mickey mouse ini, pasti ikan mickey mouse akan menjadi mangsa yang sangat mudah untuk disantap.

Jika anda membudidayakan ikan mickey mouse ini maka pengatur suhu sangat diperlukan, ikan mickey mouse ini idealnya hidup dengan baik ketika suhu airnya 64-77 F (18-25 C). Sedangkan pH-air nya 7,0-8,2.

Sebelum ikan mickey mouse ini dibudidayakan/dipelihara dalam arti ikan mickey mouse di alam liar memakan serangga, cacing dan juga vegetasi. Nah, oleh karena itu ada baiknya juga di dalam akuarium si ikan mickey mouse ini pakanya juga disesuaikan dengan ketika masih di alam liar, yakni berupa pakan alami. Akan tetapi, karena yang ada di pasaran si ikan mickey mouse ini adalah hasil budidaya, maka makanan juga bisa disesuaikan dengan ketika ada dibudidaya.

Ada banyak varian warna ikan mickey mouse ini, seperti misalnya warna merah oranye, kebiru biruan, kuning emas pucat, dan masih banyak lagi yang tentunya sangat cantik jika dipelihara secara berkelompok. Ada juga ikan mickey mouse yang siripnya panjang, yang memiliki ekor panjang ( mickey mouse pedang )

CARA MEMBEDAKAN JANTAN DAN BETINA PADA IKAN MICKEY MOUSE

Ciri ciri jantan dan betina pada ikan mickey mouse:

sebenarnya sangat mudah untuk kita membedakan jantan dan betina pada ikan mickey mouse. tidak perlu terlalu jeli karena mudah sekali dibedakan secara kasat mata, ciri umum perbedaan antara jantan dan betina yang pertama yaitu:
Ciri ikan mickey mouse jantan:
ciri ikan mickey mouse dan cara membedakan ikan mickey mouse jantan dan betina
  • Ikan mickey mouse jantan biasanya berbadan ramping
  • pada sirip tengah bawah berbentuk lancip/kecil (agak memanjang)

Ciri ikan mickey mouse betina:

ciri ikan mickey mouse dan cara membedakan ikan mickey mouse jantan dan betina

  • Ikan mickey mouse betina berbadan relatif lebih gemuk dari jantan
  • pada sirip tengah bagian bawah berbentuk bulat/mengembang

Itulah informasi mengenai ikan mickey mouse beserta cara membedakan antara jantan dan betina pada ikan mickey mouse. data ini kami olah dari berbagai sumber.


Belum ada Komentar untuk "ciri ikan mickey mouse dan cara membedakan ikan mickey mouse jantan dan betina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel