ikan belida yang termasuk ikan langka beserta ciri cirinya

MENGENAL IKAN BELIDA

MENGENAL IKAN BELIDA DAN CIRI CIRINYA

JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR - ikan belida termasuk kedalam family Notoperidae yang merupakan kelompok ikan primitif atau purba. Ikan belida ini berasal dari Indonesia banyak ditemukan di sungai Sumatera, ikan belida ini dapat di temukan juga di Kalimanta, jawa, dan malaya. Secara umum tidak ada perbedaan yang signifikan beberapa jenis ikan belida yang ada di berbagai daerah tersebut. Ikan belida dulu sangat mudah di temukan, malah dulu ikan belida ini dijadikan konsumsi.

Ikan belida mempunyai beberapa sebutan atau nama sesuai dengan wilayah ikan ini ditemukan, Beberapa sebutan ikan belida adalah Belidah/Blidah (Kalimantan Barat), Pipih (Kalimantan Selatan), Belido (Palembang)Pangaju (Jawa), Lopis (Jawa Barat).

Orang sumatera biasa menyebutnya dengan sebutan ikan belido, nama ini diambil dari salah satu nama sungai di Sumatera banyak juga yang menyebutnya ikan pipih.


Penyebaran ikan belida di daerah Sumatera selatan banyak ditemukan di Kab. Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Palembang dan sebagian kecil di Lahat.  Ikan belida sudah termasuk ikan yang terancam punah karena pemanfaatannya melebihi batas kemampuan reproduksinya yang menyebabkan populasinya menurun secara drastis.

Seekor ikan belida betina rata-rata menghasilkan 288 butir telur, meskipun dapat menghasilkan hampir dua kali lipat dari jumlah itu. Tingkat pembuahan ikan belida berkisar 30-100 %. dan tingkat penetasan 72,2 % dan sintasan larva adalah 64,2%. Larva ikan belida menetas sekitar 3-5 hari pada suhu air 29-30ÂșC.

MANFAAT IKAN BELIDA

ikan belida yang termasuk ikan langka beserta ciri cirinya


Ikan Belida merupakan bahan utama dari makanan pempek, kerupuk kemplang, namun karena ikan belida susah didapatkan karena kuliatas sungai mulai jelek dan penangkapan yang berlebih membuat ikan belida ini hampir pudah, makanya saat ini semakin banyak orang yang membudidayakan ikan belida ini untuk dijadikan ikan hias akuraium.

Ikan belida termasuk jenis ikan yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999. Meski dilindungi, ikan belida masih saja diburu karena mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.
Selain itu minimnya sosialisasi tentang status ikan belida ini menyebabkan banyak masyarakat yang tidak mengerti tentang status dilindungi. Upaya  yang dapat  dilakukan sebagai usaha untuk melestarikan ikan belida adalah dengan penetapan kawasan suaka perikanan untuk melindungi proses reproduksi ikan belida.

CIRI CIRI UMUM IKAN BELIDA

ikan belida yang termasuk ikan langka beserta ciri cirinya

Ikan belida mempunyai bentuk yang mirip dengan ikan blackghost, akan tetapi ukuran ikan belida jauh lebih besar. Ikan belida juga tidak bisa bergerak secepat ikan blackhost. Warna ikan belida abu-abu dan mempunyai titik hitam di badanya. ikan Belida ini lebih aktif pada waktu malam hari dan mulai aktif mencari makanan pada sore hari. Ikan belida sangat menyukai bagian gelap dari sungai, biasanya hidup di lubuk di bawah pepohonan.

Induk ikan belida yang sudah matang gonad akan berupaya dari sungai menuju daerah rawa banjiran.

Terutama hutan rawa yang banyak ditumbuhi tanaman dengan substrat keras, seperti pohon-pohon yang sudah mati sebagai tempat menempelkan telur pada kedalaman sekitar 1-2 meter.


Jumlah telur ikan belida ini dilaporkan bervariasi, seperti ikan belida yang ditemukan di Lubuk Lampam Sumatera selatan berjumlah 1194-8320 butir telur dengan diameter telur 1,5-3,0 mm dan di Kolam Patra Tani 1000 – 6000 butir.

Di Sungai Batanghari Provinsi Jambi memiliki jumlah telur 260-6080 butir dengan diameter 0,15 – 3,76 mm.

Sudah banyak yang dilakukan untuk merekayasa supaya ikan belida dapat memijah/bereproduksi pada lingkungan terkontrol seperti dengan manipulasi hormonal maupun dengan manipulasi lingkungan.

Namun sampai sekarang hasilnya masih belum memuaskan.

Ada baiknya sebelum anda melakukan budidaya ikan belida, Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis kelaminnya.

Ikan belida jantan ciri-cirinya yaitu sebagai berikut:

  1. Ikan belida jantan memiliki sirip perut lebih panjang dan menutup bagian urogenital, 
  2. alat kelamin ikan belida jantan berbentuk tabung, ukuran lebih kecil daripada betina. 
  3. Jika jantan siap pijah alat kelamin memerah dan mengeluarkan cairan putih (sperma) jika diurut.

Ikan belida betina ciri-cirinya yaitu sebagai berikut:

  1. Ikan Belida betina memiliki sirip perut pendek dan tidak menutup bagian urogenital,
  2. alat kelamin ikan belida betina berbentuk bulat. 
  3. Ketika birahi (matang gonad), bagian perut ikan belida betina tampak membesar dan kelamin memerah.
Demikianlah informasi singkat mengenai ikan belida, ciri ciri ikan belida dan cara membedakan jantan dan betina pada ikan belida

Belum ada Komentar untuk "ikan belida yang termasuk ikan langka beserta ciri cirinya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel