jenis ikan lemon dan cara membedakan jantan dan betina pada ikan lemon

Mengenal jenis Ikan lemon

jenis ikan lemon dan cara membedakan jantan dan betina pada ikan lemon

JENIS-JENIS IKAN HIAS - Ikan Lemon merupakan ikan hias air tawar, dengan bentuk tubuh yang sangat indah, ikan ini berasal dari Benua Afrika tepatnya di danau Tangayika. Ikan Lemon ini memiliki nama latin Neolamprologus Leleupi. Dinamakan ikan lemon dikarenakan warna tubuhnya yang sangat mirip dengan kulit lemon, kuning cerah, disetiap ujung siripnya memiliki warna hitam. ikan air tawar jenis ini juga memiliki daya tahan hidup yang cukup tinggi atau tidak mudah mati saat berada di perairan tawar yang kondisi pH nya tidak sama dengan habitat aslinya.

Pada umumnya di lingkungan atau di habitat asalnya kondisi air tawar yang menjadi tempat hidup ikan jenis ini biasanya memiliki kadar pH antara 7 sampai 9.0.

Walaupun ikan lemon bukan jenis pemangsa, tetapi jenis ikan ini memiliki sifat yang sangat agresif, buas, dan suka menyerang ikan lainya. Selain itu Ikan  Lemon ini juga ikan yang sanagat rakus sebanyak apapun anda memberikan makanan kepada ikan ini pasti habis. Akuarium akan cepat kotor karena di sebabkan kotoran yang dikeluarkan ikan lemon ini.

CIRI-CIRI IKAN LEMON

ikan lemon jenis ikan hias air tawar

Kepala ikan Lemon berbentuk sedikit agak memanjang di bagian atasnya dengan bagian bawah yang dekat mulut berbentuk datar. mulut ikan Lemon juga berukuran cukup lebar dan mampu menelan banyak makanan. matanya yang tampak besar dan bulat. Warna tubuh ikan lemon hampir keseluruhan diselimuti oleh warna kuning keemasan mirip buah Lemon. terdapat juga warna hitam yang tampak di bagian sisi atas siripnya yang berpadu dengan warna kuning dan putih. Selain itu Ikan hias jenis ini juga termasuk jenis ikan hias yang bertubuh sedang dengan bentuk tubuh nya agak sedikit pipih dan memanjang. Sirip ikan ini tergolong cukup mulai dari dua sirip utama di bagian bawah insang yang berukuran sedang. Terdapat dua sirip lainnya yang ada di bagian bawah perut yaitu dekat ekor yang berukuran agak lebar. Di bagian atas tubuh  dari ikan lemon ini terdapat satu sirip yang tumbuh mulai dari punggung sampai mendekati ekor. Sedangkan ekornya pun berukuran agak lebar dan tidak panjang mirip seperti kipas. Keagresifan ikan Lemon biasanya ditunjukkan dengan mengejar jenis ikan lain yang ada di dekatnya.


Berikut ini cara membedakan antara ikan lemon jantan dan ikan lemon betina:

Ciri-ciri Ikan Lemon Jantan

  1. Memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih panjang
  2. Pada Ikan lemon jantan memiliki warna kuning yang lebih cerah dibanding betina
  3. Memiliki ukuran kepala lebih besar
  4. Memiliki warna hitam pada sirip atas dan sirip bawah
  5. Ikan lemon jantan memiliki sirip perut yang lebih panjang

Ciri-Ciri Ikan Lemon Betina

  1. Ikan lemon betina sirip perut nya lebih pendek dibandingkan dengan ikan lemon jantan
  2. Ikan lemon betina memiliki sirip atas dan sirip bawah berwarna kuning
  3. Memiliki warna kuning yang lebih kusam
  4. Ikan lemon betina memiliki ukuran kepala lebih kecil dibanding ikan lemon jantan

Karakteristik Ikan Lemon

Ikan lemon ini merupakan jenis ikan yang sangat buas/galak, agresif, dan suka menyerang ikan jenis lain. Selain itu, ikan lemon juga memiliki kebiasaan buruk yakni rakus dalam mengkonsumsi makanan. Apapun jenis makanan yang kita berikan di Aquarium air tawar pasti akan habis dimakan oleh ikan lemon tersebut. Sifat lain yang merugikan dari kebiasaan ikan lemon ini adalah sifat kanibalisme yaitu jika ikan ini lapar maka ikan tersebut akan memakan jenis ikan lain terutama ikan yang memiliki ukuran lebih kecil dari ikan lemon tersebut.

Belum ada Komentar untuk "jenis ikan lemon dan cara membedakan jantan dan betina pada ikan lemon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel