mengenal ikan corydoras jenis ikan yang berasal dari amerika selatan

Mengenal Ikan Corydoras Dan Jenisnya

mengenal ikan corydoras jenis ikan yang berasal dari amerika selatan

JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR - Jenis Ikan hias ini berasal dari Amerika selatan, dan memiliki spesies yang cukup banyak lebih dari 140 spesies. Nama ikan corydoras mungkin tidak terlalu familiar di telinga masyarakat umum khususnya di indonesia karena memang ikan ini bukan termasuk ikan yang umum dikonsumsi. Ikan corydoras lebih banyak dimanfaatkan sebagai ikan hias untuk mengisi aquarium seperti ikan cupang, ikan mas koki, ikan koi, ikan arwana, ikan baronang, ikan aligator, ikan oscar, dan lain sebagainya.


Dari beberapa sumber disebutkan bahwa ada sekitar 142 spesies ikan corydoras yang ditemukan dengan berbagai variasi warna dan corak tubuhnya. jenis jenis ikan corydoras diantaranya yaitu ikan corydoras panda, ikan corydoras albino dan ikan corydoras starbai. Ikan corydoras bisa hidup dengan umur yang cukup lama bisa mencapai 20 tahun lamanya. beberapa manfaat dari ikan corydoras lainnya yang bisa didapatkan diantaranya yakni sebagai pembersih aquarium.

HABITAT IKAN CORYDORAS

Tempat tinggal ikan corydoras ini biasanya di sungai-sungai besar dan sungai kecil. ikan corydoras biasanya banyak ditemui berada di dasar sungai karena ikan corydoras memakan makanan yang ada di dasar pasir atau krikil. Ikan Corydoras di alam liar suka hidup secara berkelompok bersama dengan ratusan atau ribuan ikan corydoras yang jenis tunggal lainya, tapi terkadang ada spesies yang bercampur dengan spesies lain. Ikan corydoras mencari makan di pagi hari.

Meskipun bentuk tubuhnya mirip dengan ikan sapu-sapu, tetapi ikan corydoras tidak termasuk golongannya. Karena mulutnya dan makanannya yang berbeda, ikan corydoras juga lebih aktif di bandingan ikan sapu-sapu. ikan corydoras malah sering di juluki sebagai tikus, karena dari tubuh dan cara berenangnya mirip dengan tikus yang berjalan.

Ikan corydoras ini mepunyai patil disiripnya, maka anda harus hati-hati saat memindahakn ikan ini, karena bisa sampai menembus kulit manusia.

Ciri-ciri ikan corydoras

HABITAT IKAN CORYDORAS dan ciri ciri ikan corydoras

Salah satu ciri khas ikan corydoras ini dapat dilihat dari bagian punggung yang lebih melengkung daripada perut. Mulut ikan corydoras ini juga berbentuk mengarah ke bawah sehingga memudahkannya mencari makanan di dasar air. Ikan corydoras tergolong ikan bertubuh pendek gemuk karena rata-rata panjang tubuhnya hanya 12 centimeter. 

SPESIES IKAN CORYDORAS / JENIS JENIS IKAN CORYDORAS
Cara membedakan Ikan Corydoras Jantan dan Betina

Di pasaran saat ini sudah berkembang banyak spesies ikan corydoras yang harganya cukup mahal, di antaranya adalah ikan Corydoras panda, Corydoras paleatus, maupun Corydoras sterbai. Jenis ikan corydoras ini memerlukan suhu pemijahan yang relatif rendah dibanding corydoras aenes, yaitu antara 24-26° C.
Panjang tubuh ikan corydoras ini dapat mencapai 7 centimeter. pada bagian tubuh tersebut diselimuti oleh dua baris sisik dengan sisik yang lebih besar disebut Plate. pada mulutnya dilengkapi sepasang sungut atau kumis yang berguna sebagai sensor untuk mencari makan di dalam gelap.

Cara membedakan Ikan Corydoras Jantan dan Betina

Antara Ikan Corydoras jantan dan betina dapat dibedakan dari pina atau sirip dorsal yang lebih lancip pada betina, sementara Corydoras jantan lebih tumpul. Bila dilihat dari atas, tubuh betina tampak jauh lebih lebar dibanding Ikan corydoras jantan.

Nah itulah pembahasan mengenai ikan corydoras dan Cara membedakan Ikan Corydoras Jantan dan Betina

Belum ada Komentar untuk "mengenal ikan corydoras jenis ikan yang berasal dari amerika selatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel