JENIS IKAN BARACUDA DAN KANDUNGAN GIZI IKAN BARACUDA

JENIS IKAN BARACUDA DAN KANDUNGAN GIZI IKAN BARACUDA

keunggulan ikan baracuda dan manfaat daging ikan baracuda

Ikan Baracuda – Ikan Baracuda adalah anggota genus Sphyraena, satu-satunya genus dalam familia Sphyraenidae. Ikan Baracuda adalah jenis ikan dalam kelas Actinopterygii yang dikenal berwujud menyeramkan dan berukuran tubuh besar, Ikan baracuda panjangnya mencapai sekitar enam kaki dan lebar satu kaki. Tubuh dari ikan baracuda ini memang cukup panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus. Ikan baracuda banyak dijumpai di samudra tropis dan subtropis di seluruh dunia. Di indonesia sendiri ikan baracuda ini sangat mudah didapatkan. Ikan Baracuda biasa dijumpai di permukaan atau dekat permukaan air.

Ikan Baracuda juga salah satu ikan paling sengit di perairan tropis. Ikan baracuda akan melingkari sekelompok ikan kecil sampai ikan-ikan kecil tersebut berkerumun bersama-sama dalam ketakutan. Ikan Baracuda kemudian akan menyelam dan menyayat ikan-ikan kecil tersebut dengan gigi mereka. Ikan Baracuda merupakan ikan yang berasosiasi dengan daerah karang karena mencari  ikan-ikan untuk makanannya di sekitar terumbu karang. Dan biasanya ikan baracuda hidup di pantai karang (tebing karang di tepi pantai). Ikan Baracuda juga termasuk ikan carnivora yang dimana makanannya utamanya yakni ikan-ikan kecil, udang dan cumi- cumi. Pada malam hari biasanya ikan baracuda besar akan mencari titik cahaya penerangan untuk berburu mangsa untuk dijadikan santapannya. Sehingga ikan baracuda sering sekali terlihat disekitar dermaga yang ada cahaya lampu penerangannya atau pada bagan tancap maupun bagan apung.

Bagi para penyelam, Ikan Baracuda cukup berbahaya karena sering menyerang, sebelum menyerang biasanya ikan Baracuda akan berdiam diri dari jarak yang cukup jauh dan tiba-tiba menyerang dengan sangat cepat. Dari serangan tersebut anggota tubuh bisa saja hilang seperti kuping, ataupun badan akan terputus. Jadi Para penyelam disarankan untuk tidak memakai barang-barang yang berkilat (misalnya: anting) untuk menghindari ketertarikan ikan Barakuda.

CIRI CIRI UMUM IKAN BARACUDA

JENIS IKAN BARACUDA DAN KANDUNGAN GIZI IKAN BARACUDA

Ciri-ciri ikan Baracuda diantaranya adalah warna punggung ikan Barakuda abu-abu kebiruan, warna badan bagian bawah keperak-perakan, terdapat 18-23 ban-ban yang membentuk sudut melintang badan melalui garis rusuk. sirip punggung pertama memiliki 5 duri, dan yang kedua 10 duri. Terdapat sekitar 75-90 sisik sepanjang garis lateral. Rahang lebih pendek dari pada rahang bawah. Insang ikan Barakuda hampir berbentuk bulatan. Warna sirip-siripnya kuning ke abu-abuan, pada bagian ujung dari sirip punggung kedua, dubur, dan ekor, berwarna putih, Kedua sirip punggungnya biru kehitaman dan pada ujung sirip dubur warnanya agak gelap. Seekor ikan Barakuda besar dewasa memiliki bercak hitam yang tidak beraturan pada sisi bawah perutnya, terutama yang didekat ekor

Berikut ini adalah Klasifikasi Ikan Baracuda

Klasifikasi ikan barakuda

DOMAIN : EUKARYOTA
  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Sub-filum: Vertebrata
  • Ordo : Perciformes
  • Subordo : Sphyraenoidei
  • Kelas : Actinopterygii
  • Famili : Sphyraenidae
  • Genus : Sphyraena
  • Scientific name : Sphyraena jello
  • Nama Inggris : Banded Barracuda
  • Nama Lokal : Ikan Barracuda


Dan berikut ini adalah Morfologi dari ikan baracuda:

Morfologi ikan barakuda
JENIS IKAN BARACUDA DAN KANDUNGAN GIZI IKAN BARACUDA
  • Tubuh ikan baracuda ditutupi oleh sisik yang halus
  • Mulut Ikan baracuda berbentuk superior
  • Ikan barakuda memiliki tipe sisik ctenoid
  • Anal fin : 1,
  • Benuk ekor barakuda yaitu forked
  • tidak memiliki adipose
  • Dorsal fin : 2
  • total spines : 6 – 6
  • total soft-rays : 9 – 9
  • total soft-rays : 7 – 9
  • total spines : 2 – 2

    Habitat Ikan Barakuda

    JENIS IKAN BARACUDA DAN KANDUNGAN GIZI IKAN BARACUDA

    Ikan Baracuda juga jenis ikan yang mempunyai kemampuan beradaptasi di air tawar maupun air asin. Ikan Baracuda yang masih kecil biasanya berada di sekitar sungai dekat muara, sedangkan ikan baracuda yang dewasa berada di laut. Ikan baracuda ini bersifat soliter namun bisa juga ditemukan dalam gerombolan kecil.

    Ikan baracuda yang masih muda biasanya sering membentuk sekumpulan kelompok kecil, yang berada di tepi karang dan diatas tempat-tempat dangkal. Ikan Baracuda dewasa tersebar luas dari lepas pantai sampai kelaut lepas. Ikan baracuda juga bersifat Soliter namun bisa juga ditemukan dalam gerombolan kecil.

    MANFAAT IKAN BARACUDA

    JENIS IKAN BARACUDA DAN KANDUNGAN GIZI IKAN BARACUDA

    Ikan Baracuda ternyata memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh manusia, Berikut ulasannya:
    1. Daging Ikan Baracuda Dapat Membantu Memperlancar Metabolisme
    2. Dengan rutin mengkonsumsi daging ikan baracuda dapat memperlancar metabolisme. Kandungan gizi di dalam ikan baracuda akan memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh kita. 
    3. Mengobati Anxiety Disorder
    4. Kandungan yang terdapat di dalam daging ikan Baracuda dapat mengobati penyakit psikis jenis anxiety disorder. Anxiety disorder adalah gangguan kecemasan yang dialami seseorang.
    5. Daging Ikan Baracuda Mengandung Vitamin B2
    6. Asupan vitamin B2 dapat diperoleh dengan mengkonsumsi suatu makanan dengan kandungan vitamin tersebut. Asupan vitamin B2 ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi daging ikan baracuda. 

    7. Manfaat Daging Ikan Baracuda Bagi Paru-Paru
    8. Dengan rutin mengkonsumsi daging ikan Baracuda dapat membantu melindungi kesehatan paru-paru. mengkonsumsi daging ikan Baracuda dalam jumlah banyak juga dapat membuat paru- paru kita menjadi lebih kuat dan lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi ikan baracuda ini. 
    9. Daging Ikan Baracuda dapat Mendorong Pembentukan Hemoglobin
    10. Daging Ikan Baracuda mengandung pyridoxine. Pyridoxine merupakan katalisator Hemoglobin. Kandungan pyridoxine ini dapat berperan untuk mendorong pembentukan hemoglobin. 
    11. Meningkatkan Vitalitas Pria
    12. Mengkonsumsi daging ikan Barakuda secara rutin dapat meningkatkan vitalitas pria.
    13. Menyembuhkan Radang Kulit
    14. Daging Ikan baracuda dapat bekerja sebagai anti inflamasi pada peradangan kulit. Peradangan kulit bisa terjadi akibat bakteri, virus, atau alergi makanan. di dalam daging ikan baracuda mengandung anti inflamasi dan anti peradangan.
    15. Manfaat Daging Ikan Baracuda Bagi Pembuluh Darah
    16. Dengan rutin mengkonsumsi daging ikan Baracuda dapat melancarkan sirkulasi darah dan resiko pada trombosit manusia. Kandungan EPA, DHA, dan Omega 3 dalam daging ikan dapat membantu tubuh manusia memproduksi eikosanoid.

    17. Meredakan Gejala Rheumatoid Arthritis
    18. Mengkonsumsi daging ikan Baracuda secara seimbang dapat meredakan pembengkakan pada tulang sendi. Gejala ini disebut sebagai Rheumatoid Arthritis . kandungan lemak Omega 3 dapat membantu mencegah terjadinya osteoartritis. 
    19. Manfaat Daging Ikan Baracuda Bagi Jantung
    20. Penyakit jantung bisa dicegah dengan konsumsi lemak ikan HDL. Hal ini disebabkan karena jenis lemak ini dapat membersihkan pembuluh jantung. Konsumsi daging ikan Baracuda dapat digunakan sebagai sumber lemak ikan HDL. Daging Ikan baracuda mengandung lemak jenuh yang rendah dan omega 3 yang tinggi. kandungan ini dapat melindungi resiko terjadinya penyakit jantung dan menurunkan jumlah kolesterol dalam darah kita. konsumsi ikan Baracuda sangat baik bagi penderita jantung.
    21. Manfaat Daging Ikan Baracuda Baik Bagi Kesehatan Mata
    22. Kandungan asam-asam lemak omega 3 dalam daging ikan baracuda dapat mencegah terjadinya degenerasi kemampuan penglihatan yg sering terjadi pada manusia. Degenerasi kemampuan melihat pada manusia biasanya terjadi seiring dengan terjadinya pertambahan umur. Hal ini disebut sebagai age-related maculardegeneration (AMD). Kondisi ini dapat mengakibatkan degenerasi pada retina dan kemampuan melihat menjadi buram/kabur. Manfaat ikan Baracuda juga mengandung retinol yang dapat meningkatkan kemampuan melihat pada malam hari. Retinol adalah bentuk lain dari vitamin A.

    23. Konsumsi Daging Ikan Baracuda Dapat Mencegah Depresi
    24. Ikan Baracuda termasuk dalam golongan seafood. konsumsi jenis seafood dapat membantu menurunkan kemungkinan depresi pada manusia. Depresi dapat disebabkan karena kurangnya asupan omega 3. Konsumsi seafood juga dapat mencegah terjadinya Seasonal Affective Disorder (SAD) dan post natal depresi. 
    25. Manfaat Daging Ikan Baracuda Bagi Kulit
    26. Kandungan Omega 3 yang tinggi pada daging ikan Baracuda dapat membantu melindungi kulit dari bahaya UV. Dengan mengkonsumsi daging ikan baracuda dalam jumlah banyak juga dapat membantu meringankann gejala eksim dan psoriasis. daging Ikan Baracuda juga dapat berperan sebagai sumber protein.
    27. Manfaat Daging Ikan Baracuda Bagi Usus
    28. Minyak ikan dapat melindungi terjadinya penyakit inflamasi pada usus (BD). Gejala ini juga termasuk sebagai Crohn’s disease dan kolitis ulserativa. Selain itu kandungan omega 3 pada ikan dapat membantu memperlambat perkembangan inflamasi usus bagi beberapa penderita. 
    29. Daging Ikan Baracuda dapat Meningkatkan Kemampuan Otak
    30. Kandungan DHA dan lemak omega 3 pada ikan Baracuda dapat membantu meningkatkan konsentrasi pada anak-anak dan mengurangi resiko terjadinya Attention Deficit Hypercity Disorder (ADHD). Hal ini disebabkan karena otak manusia terdiri dari 60% lemak. 

    31. Mengandung Nutrien Penting bagi Tubuh
    32. Selain manfaat-manfaat seperti di sebutkan diatas, daging ikan Baracuda juga mengandung sejumlah nutrien penting yang baik bagi tubuh. Beberapa kandungan nutrien di dalamnya adalah potasium, yodium, selenium dan seng. Yodium sangat baik bagi kesehatan kelenjar tiroid. Selenium dapat membantu melindungi kita dari kanker. Ikan Baracuda juga termasuk sumber vitamin A dan D.
    Demikianlah informasi singkat mengenai ikan baracuda yang meliputi ciri ciri ikan baracuda, klasifikasi ikan baracuda, morfologi ikan baracuda, habitat ikan baracuda dan manfaat ikan baracuda bagi kesehatan tubuh manusia

    Belum ada Komentar untuk "JENIS IKAN BARACUDA DAN KANDUNGAN GIZI IKAN BARACUDA"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel