Klasifikasi ilmiah dari Ikan Angel Fish / Manfish / Ikan Bidadari dan ciri cirinya

JENIS IKAN ANGEL FISH/MANFISH

Klasifikasi ilmiah dari Ikan Angel Fish / Manfish / Ikan Bidadari dan ciri cirinya

Jenis ikan hias air tawar - Ikan Angel Fish atau disebut juga Manfish atau dalam bahasa indonesia disebut ikan bidadari adalah jenis ikan hias yang berasal dari Amerika dan banyak ditemukan di wilayah Amazon, namun ikan angel fish atau ikan bidadari ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan bidadari / angel fish juga jenis ikan hias yang sangat digemari oleh para pecinta ikan hias air tawar dikarenakan tampilannya yang cukup unik, tampilan ikan angel fish agak berbeda dengan ikan hias lainnya, Ikan tropis yang memiliki tampilan elegan ini juga sangat mudah dipelihara, sehingga dapat mempercantik tampilan berbagai akuarium air tawar.

Dalam habitat aslinya, ikan Angel fish atau ikan bidadari hidup di dalam air yang sedikit asam. Jika anda akan memelihara ikan jenis ini untuk hasil terbaik, pastikan jika air dalam akuarium memiliki kadar Ph antara 4,7 sampai 8,7, dengan rata-rata 6,5 sampai 6,7 Ikan angel fish / Ikan bidadari cukup tahan dengan kadar Ph dan mampu mentolerir berbagai kondisi air, 

Dikarenakan ikan angel fish atau ikan bidadari ini cukup mudah beradaptasi, mereka mampu menyesuaikan dengan berbagai suhu. Meskipun begitu, ikan bidadari / angel fish akan berkembang biak secara baik dalam suhu yang tepat berkisar antara 22° - 27° C, dengan suhu terbaik 26° C.


Ikan bidadari juga dikenal sebagai ikan yang peduli dengan tempat mereka bertelur, jadi bila anda membudidayakan ikan bidadari ini usahakan untuk tidak menggangu mereka setelah mereka bertelur. Segala bentuk stress yang tidak diduga dan tidak semestinya dapat membuat ikan bidadari atau ikan angel fish ini memakan telur-telurnya sendiri.


Ikan bidadari/angel fish biasanya tidak terlalu pemilih dalam urusan pakan, namun ikan bidadari ini sangat menyukai pakan segar dan secara umum jenis ikan ini memiliki selera makan yang cukup kuat. Berilah pakan dua atau tiga kali dalam sehari dan pastikan untuk tidak memberi pakan yang berlebihan bagi ikan bidadari / angel fish peliharaan Anda.

Ikan jenis ini disebut dengan ikan bidadari atau angel fish karena ikan jenis ini memiliki bentuk dan warna yang sangat menarik dan memiliki gerakan yang tenang. Ikan bidadari atau angel fish memiliki bentuk tubuh segitiga dengan garis-garis tebal dan sirip panjang. Selain memiliki tampilan yang indah, ikan angel fish atau ikan bidadari juga relatif mudah untuk berkembang biak di penangkaran. Selama dipelihara dalam kondisi akuarium yang baik, mereka yang memelihara ikan angel fish / manfish atau ikan bidadari dapat menikmati perkembangan ikan hias cantik ini dari menetas hingga tumbuh dewasa. 


Berikut Klasifikasi ilmiah dari Ikan Angel Fish / Manfish / Ikan Bidadari.
Klasifikasi ilmiah Ikan Angel fish
  • Kerajaan : Animalia
  • Famili : Cichlidae
  • Divisi : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Perciformes
  • Genus : Pterophyllum
  • Spesies : P. scalare

    Bila anda ada niat untuk membudidayakan ikan angel fish / ikan bidadari ini maka mengetahui jantan dan betina sangatlah diperlukan, agar tidak rugi nantinya, berikut informasi mengenai cara membedakan antara jantan dan betina pada ikan bidadari.

    Membedakan Jantan dan Betina Ikan Angel fish

    Klasifikasi ilmiah dari Ikan Angel Fish / Manfish / Ikan Bidadari dan ciri cirinya

    Ciri Ikan Angelfish / Ikan bidadari Jantan:

    1. Bentuk badannya pipih atau ramping
    2. Bentuk kepalanya agak besar
    3. Ikan bidadari / angel fish jantan memiliki ukuran yang relatif lebih besar dibanding betina pada usia yang sama
    4. Mulut ke sirip punggung cembung.

    Ciri Ikan Angelfish / Ikan bidadari Betina

    1. Bentuk perutnya besar atau menonjol
    2. Bentuk kepalanya lebih kecil
    3. Ikan bidadari / angel fish betina memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibanding dengan jantan
    4. Mulut ke sirip membentuk garis lurus terkadang menonjol sedikit.
    Demikianlah informasi singkat mengenai ikan bidadari yang meliputi klasifikasi ikan bidadari / angel fish dan cara membedakan jantan dan betina pada ikan bidadari/ikan angel fish

    Belum ada Komentar untuk "Klasifikasi ilmiah dari Ikan Angel Fish / Manfish / Ikan Bidadari dan ciri cirinya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel