habitat ikan kerapu macan, Klasifikasi beserta ciri cirinya

CIRI CIRI IKAN KERAPU MACAN DAN HABITATNYA
keuntungan budidaya ikan kerapu maa

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Kerapu Macan - Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) merupakan ikan yang habitat hidupnya di karang dan didasar perairan berbatu, berdiam diri di dalam lubang-lubang untuk menunggu mangsa lewat untuk di santap.
Ikan kerapu macan merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai peluang baik dipasarkan domestik maupun pada pasar  internasional dan selain itu nilai jualnya cukup tinggi.

Daerah penyebaran ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) meliputi Fasifik Barat Daya, Mikronesia, Australia, Afrika Timur, Taiwan dan Polinesia. Sedangkan di Indonesia yang populasi ikan kerapu macan cukup banyak yaitu perairan Jawa, Sumatera, Sulawesi, Ambon dan Pulau Buru.

CIRI CIRI IKAN KERAPU MACAN DAN HABITATNYA
Ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) termasuk jenis ikan karnivora yang memangsa ikan, udang-udangan, kerang, kepiting dan lain sebagainya. Di alam liar jenis ikan kerapu macan makan sambil berenang di antara batu-batu karang, lubang atau celah-celah batu yg merupakan tempat persembunyiannya.


Ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) dapat hidup di air laut maupun air payau karena mempunyai toleransi cukup tinggi terhadap salinitas yaitu 15-35 ppt. Dalam siklus hidupnya ikan kerapu macan muda hidup di perairan karang dengan kedalaman 0,5 sampai 3 meter pada area padang lamun, ketika mulai dewasa jenis ikan kerapu macan ini akan menuju ke perairan yg lebih dalam, dan biasanya perpindahan ini berlangsung pada siang dan sore hari.

Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Kerapu Macan

habitat ikan kerapu macan beserta ciri cirinya

Klasifikasi ikan kerapu macan ialah sebagai berikut ini :

KINGDOM : ANIMALIA
  • Phylum : Chordata
  • Family : Serranidae
  • Sub filum : Vertebrata
  • Sub class : Actinopterigi
  • Ordo       : Percomorphi
  • Sub ordo : Percoidea
  • Genus : Epinephelus
  • Species : Epinephelus fuscoguttatus

Morfologi Ikan Kerapu Macan
CIRI CIRI IKAN KERAPU MACAN DAN HABITATNYA

  • Ikan kerapu macan memiliki bentuk tubuh memanjang dan gepeng, tetapi kadang-kadang ada juga agak bulat
  • Tubuh ikan kerapu macan ditutupi oleh sisik yang mengkilap dan terdapat bercak - bercak loreng 
  • Sirip dada Ikan kerapu macan berwarna kemerahan, sedangkan sirip lainnya mempunyai warna tepi coklat kemerahan
  • Bentuk dari mulut ikan kerapu macan serong ke atas dan lebar.
  • Rahang atas dan bawah Ikan kerapu macan dilengkapi gigi-gigi geratan yang berderet dua baris, ujungnya lancip, dan kuat
  • Pada kulit tubuh ikan kerapu macan dipenuhi dengan totol-totol yang berwarna hitam
  • Pada garis rusuk Ikan kerapu macan, terdapat 110 – 114 buah sisik
Nama kerapu biasanya digunakan untuk empat genus anggota famili serranidae yaitu Plectropomus, Cromileptes, Epinephelus dan Variola. Sebagian besar Genus anggota famili serranidae hidup diperairan dangkal dengan dasar terumbu karang, tetapi beberapa jenis diantaranya dapat ditemukan juga di kedalaman sekitar 300 meter.

Telur dan larva ikan Kerapu macan bersifat pelagis sedangkan ikan kerapu macan muda dan dewasa bersifat demersal. habitat favorite larva dan kerapu macan muda yaitu perairan pantai dekat muara sungai dengan dasar pasir berkarang yg banyak ditumbuhi padang lamun.

Jenis Ikan Kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus)mempunyai sifat hidup soliter, dimana hidupnya tidak bergerombol, baik pada saat mereka mencari makan maupun dalam keadaan bahaya. Namun akan sangat berbeda ketika pada saat ikan kerapu macan akan memijah, mereka akan bergerombol, ini terjadi beberapa hari sebelum bulan purnama penuh pada malam hari. Pada umum nya musim pemijahan ikan kerapu macan terjadi pada bulan Juli – September dan bulan November – Februari, dalam satu tahun musim pemijahan ikan kerapu macan terjadi sebanyak 6-8 kali, sedangkan pemijahan pertama terjadi 1-2 kali pemijahan dalam setahun.


Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) bersifat Hemaprodit protogini, dimana perkembangan menuju dewasa atau disebut juga dengan istilah matang gonad, berjenis kelamin betina dan nantinya akan berubah kelamin menjadi jantan pada saat tubuh pada ukuran tertentu. Fase betina didapatkan pada ikan kerapu macan dengan bobot tubuh 3-10 kg dan dengan ukuran panjang tubuh 450-550 mm (umur lebih dari 5 tahun). Sedangkan Fase jantan kelamin pada ukuran panjang tubuh minimum 740 mm dengan bobot tubuh 11 kg. terkadang juga ditemukan induk ikan kerapu macan betina ukuran 1-3 kilogram dengan fekunditas 300.000 – 700.000 butir.


    kenali habitat ikan kerapu macan beserta ciri ciri ikan kerapu macanIdentifikasi ikan kerapu macan pertama kali dilakukan oleh Webwr dan Beaufort (1931), keduanya mendeskripsikan ikan kerapu tersebut mempunyai bentuk badan yang memanjang gepeng atau agak membulat, Rahang bawah dan atas dilengkapi dengan gigi geratan berderet dua baris, lancip dan kuat serta ujung luar bagian depan adalah gigi terbesar, mulut lebar serong keatas dengan bibir bawah menonjol keatas.

    Sirip ekor jenis ikan kerapu ini umumnya membulat, Jari-jari sirip ekor berjumlah 12-17 dan bercabang dengan jumlah 13-15. sirip punggung memanjang dimana bagian jari-jarinya yang keras berjumlah kurang lebih sama dengan jari-jari lunaknya. Jari-jari sirip yang keras 6-8 buah, sedangkan sirip dubur berjumlah 3 buah.

    Warna dasar ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) berwarna sawo matang, badan diitutupi oleh sisik kecil, mengkilat dan memiliki ciri-ciri loreng. perut bagian bawah agak keputihan dan pada badannya terdapat titik berwarna merah kecoklatan serta terdapat juga 4-6 baris warna gelap yang melintang hingga keekornya.

    Demikianlah informasi mengenai ikan kerapu macan, data tentang ikan kerapu macan ini kami olah dari berbagai sumber.

    Belum ada Komentar untuk "habitat ikan kerapu macan, Klasifikasi beserta ciri cirinya "

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel