CIRI CIRI IKAN KERAPU BEBEK dan KLASIFIKASI KERAPU BEBEK

CIRI CIRI IKAN KERAPU BEBEK

CIRI CIRI IKAN KERAPU BEBEK, HABITAT dan KLASIFIKASI KERAPU BEBEK
Klasifikasi dan Morfologi Ikan Kerapu Bebek - Ini juga salah satu jenis ikan kerapu yang nilai jualnya sangat tinggi karena rasa daging nya yang enak dan gurih, Ikan kerapu bebek merupakan jenis ikan bertipe hermaprodit protogini, yaitu pada tingkat perkembangan mencapai dewasa atau disebut juga matang gonad, proses diferensiasi gonadnya berjalan dari fase betina ke fase jantan atau dapat dikatakan ikan kerapu bebek ini memulai siklus hidupnya sebagai ikan betina kemudian akan berubah menjadi ikan jantan.


Fenomena perubahan jenis kelamin pada ikan kerapu bebek sangat erat hubungannya dengan aktivitas pemijahan umur ikan, indeks matang kelamin dan ukuran tubuh Ikan kerapu bebek itu sendiri. 
Ikan kerapu bebek berkembang baik pada terumbu karang hidup maupun mati atau perairan karang berdebu dan tide pools .

Klasifikasi Ikan Kerapu Bebek

CIRI CIRI IKAN KERAPU BEBEK dan KLASIFIKASI KERAPU BEBEK

Adapun  klasifikasi ikan kerapu bebek adalah sebagai berikut:

KINGDOM : ANIMALIA
  • Class      : Osteichyes
  • Subclass      : Actinopterigi
  • Family      : Serranidae
  • SubFamily    : Epinephihelinae
  • Filum      : Chordata
  • SubFilum     : Vertebrata
  • Ordo      : Percomorphi
  • SubOrdo      : Percoidea
  • Spesies      : Cromileptes altivelis


Habitat Ikan Kerapu Bebek

CIRI CIRI IKAN KERAPU BEBEK dan KLASIFIKASI KERAPU BEBEK SERTA MORFOLOGI KERAPU BEBEK

Dilaut indonesia sendiri cukup mudah ditemukan ikan kerapu dari segala jenis termasuk ikan kerapu bebek, Ikan kerapu tersebar luas mulai dari wilayah Asia Pasifik termasuk Laut Merah, tetapi lebih terkenal dari teluk Hawai, Persia, dan hampir seluruh diperairan pulau tropis Hindia dan Samudera Pasifik Barat dari Pantai Timur Afrika sampai dengan Mozambia dijumpai ikan kerapu. Sementara di Indonesia sendiri Ikan kerapu bebek banyak terdapat di daerah perairan Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Ambon, dan Pulau Buru. 

Ikan kerapu bebek menyukai perairan berkarang. Siklus hidup ikan kerapu bebek muda hidup diperairan karang pantai dengan kedalaman 0,5 sampai 3 meter. Suhu yang ideal untuk kehidupan ikan kerapu bebek yaitu 27 hingga 32⁰C, pH 7.6 – 8.0, salinitas 30 sampai 35 ppt, DO tidak boleh kurang dari 4 mg/l.
Ikan Kerapu bebek muda banyak terdapat di perairan pantai atau dekat dengan muara sungai dengan dasar perairannya berupa pasir berkarang yang banyak ditumbuhi padang lamun. Ikan Kerapu dewasa biasanya akan bermigrasi ke perairan yang lebih dalam antara 7 sampai 40 meter. 

Induk ikan kerapu bebek yang ditangkap di alam memiliki ukuran kecil dan pada umumnya berjenis kelamin betina.  Induk ikan akan mengalami pematangan kelamin sepanjang tahun.

Ciri Ciri Ikan Kerapu Bebek

CIRI CIRI IKAN KERAPU BEBEK dan KLASIFIKASI KERAPU BEBEK
Ikan Kerapu Bebek memiliki beberapa ciri ciri diantaranya yaitu bentuk tubuh pada bagian punggung meninggi dengan bentuk cembung dan Ketebalan tubuh Ikan Kerapu Bebek ini sekitar kurang lebih 6,6 – 7,6 centimeter dari panjang spesifik sedangkan panjang tubuh maksimal sampai 70 centimeter. kulit Ikan Kerapu Bebek berwarna terang abu-abu kehijauan dengan bintik-bintik hitam diseluruh kepala, badan dan sirip. Pada umumnya kerapu bebek yang masih muda, bintik hitamnya lebih besar dan sedikit. Ikan Ikan Kerapu Bebek tidak mempunyai gigi canine (gigi yang terdapat dalam geraham ikan) lubang hidung besar berbentuk bulan sabit dertical, 

Demikianlah informasi mengenai klasifikasi dan ciri ciri ikan kerapu bebek, data tentang ikan kerapu bebek ini kami olah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "CIRI CIRI IKAN KERAPU BEBEK dan KLASIFIKASI KERAPU BEBEK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel