budidaya ikan layang, habitat ikan layang, morfologi dan klasifikasi ikan layang

Ikan Layang Dan Ciri-Cirinya

habitat ikan layang, makanan ikan layang, sebaran ikan layang dan jenis jenis ikan layang

Morfologi dan Klasifikasi Ikan Layang - Ikan layang (Decapterus russelli) memiliki nama umum round scad. Ikan layang termasuk jenis ikan stenohalyn yang dapat hidup hanya dengan memakan plankton. Sumber makanan dari ikan layang sangat tergantung pada plankton, terutama jenis-jenis zooplankton. namun ikan layang juga tidak mutlak hanya tergantung memakan zooplankton. Selain itu Ikan layang juga merupakan ikan perenang cepat, Ikan layang memiliki kelebihan bergerak dengan sangat cepat di air laut. 

Tingginya kecepatan tersebut dapat dicapai karena fisik tubuhnya yang seperti cerutu dan memiliki sisik yang sangat halus, sirip dada lebih pendek dari panjang kepala, maxilla hampir mencapai lengkung mata terdepan, ikan layang dalam keadaan segar seluruh tubuhnya berwarna merah jambu, dan pada bagian belakang tutup insang terdapat totol hitam. Ikan layang hidup secara berkelompok dilaut yang jernih dan bersalinitas tinggi. Ikan layang hidup dengan salinitas tinggi.

HABITAT IKAN LAYANG

budidaya ikan layang, habitat ikan layang, morfologi dan klasifikasi ikan layang

Ikan layang tersebar dengan mendiami daerah-daerah tropis dan subtropis di Lautan Indo-pasifik dan Lautan Atlantik. Penyebaran ikan layang di Indonesia terdapat di perairan Pasifik barat Indonesia, perairan selatan sampai barat Australia, perairan utara sampai selatan Jepang, perairan Afrika Timur sampai Filiphina.

Penyebaran ikan layang ini sangat menyebar di daerah perairan Indonesia, yaitu dari Pulau Seribu, Pulau bawean, Pulau Masalembo, Selat Bali, Selat Malaka, Selat Makassar, Selat Karimata, Laut Flores, Arafuru dan Perairan Selatan Pulau Jawa. Decapterus kurroides termasuk jenis ikan layang yang agak langka yang terdapat di perairan Palabuhanratu, Aceh, Labuhan, Muncar dan Bali. Jenis ikan layang yang banyak di perairan Cisolok adalah jenis layang Decapterus Kurroides dan masyarakat sekitar perairan Cisolok menyebutnya ikan selayang.


Sebaran ikan layang sangat berkaitan erat dengan makanan ikan tersebut. Makanan memegang peranan penting dalam pertumbuhan, dan sebaran ikan layang. Kebiasaan akan ikan layang dapat diketahui dengan melihat habitat ikan layang. Ikan layang merupakan pemakan plankton hewani, benthos, dan ikan-ikan kecil.

Lingkungan ikan layang cukup berbeda dengan jenis genus Decapteruslainnya, ikan ini berada di kedalaman 100 sampai 300 meter, dan biasanya berada di kedalaman 150 sampai 300 meter, dan biasa berinteraksi di karang, Jenis ikan layang sangat beragam, setiap jenisnya memiliki daerah sebaran yang berbeda.

JENIS IKAN LAYANG DAN SEBARANNYA

Ikan layang jenis Decapterus kurroides hampir tertangkap di seluruh daerah perairan Indonesia, dan sangat dominan di perairan Jawa, mulai dari Pulau Masa Lembu, Pulau Bawean, dan juga seluruh daerah Kepulauan Seribu. Decapterus kurroides tergolong jenis ikan layang yang langka yang hanya tersebar di tiga daerah di Indonesia, yaitu di perairan Selat Bali, di perairan Palabuhanratu, perairan Labuhan, dan Jawa Barat, dalam jumlah besar pada musim-musim tertentu.

Jenis ikan layang lainnya yaitu Decapterus layang tersebar di perairan-perairan dangkal dan untuk jenis Decapterus macrosoma tersebar di laut Jaluk. Berdasarkan data penangkapan di Indonesia, ikan layang jenis Decapterus layang tertangkap di Selat Madura, Laut Jawa, Selat Sunda dan perairan laut dangkal lainnya di Indonesia, sedangkan jenis Decapterus macrosoma tertangkap oleh nelayan-nelayan di Laut Jeluk seperti Pulau Banda, Selat Bali, Ambon dan Sangihe.

Jenis ikan layang Decapterus russeli memiliki daerah sebaran yang paling luas diantara jenis ikan layang yang lainnya.

CIRI CIRI IKAN LAYANG

budidaya ikan layang, habitat ikan layang, morfologi dan klasifikasi ikan layang
  1. fisiknya Cerutu
  2. fisik badan ikan layang seperti cerutu, ramping dan meruncing pada kedua ujungnya.
  3. Pipih Melebar
  4. Pada fisiknya ini tinggi ikan lebih kecil dari lebar,
  5. Badan ikan layang Pipih Memanjang
  6. Pada fisiknya ini badan ikan pipih tegak dan panjang.
  7. Pipih Tegak 
  8. Pada fisiknya ini tinggi ikan lebih besar dari lebar ikan atau pipih tegak,. Compressed.
  9. Lancip Memanjang/Bulat Panjang
  10. Pada fisiknya ini potongan daging ikan bulat panjang, meruncing pada kedua ujungnya.
Demikianlah informasi mengenai habitat ikan layang, makanan ikan layang, sebaran ikan layang dan jenis jenis ikan layang, data tentang ikan layang ini kami olah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "budidaya ikan layang, habitat ikan layang, morfologi dan klasifikasi ikan layang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel