JENIS IKAN HIAS, IKAN RED PHANTOM TETRA dan CIRI CIRI UMUM IKAN RED TETRA PHANTOM

IKAN RED PHANTOM TETRA


JENIS IKAN HIAS - Ikan red phantom tetra merupakan salah satu spesies ikan tetra yang sering dijumpai di  perairan Sungai Orinoco di daerah Amerika Selatan. Salah satu ciri khas Ikan red phantom tetra yaitu pada bagian tubuhnya terdapat titik hitam bulat di bagian belakang insang dan sinyal hitam pada bagian sirip atas yang berbatasan dengan warna putih. 


Jenis Ikan Red Tetra umumnya hidup secara berkelompok. Setiap kelompoknya berisi sekitar 7 ekor ikan. Ikan jenis ini memiliki panjang maksimal hingga 4 cm. Asalnya Red Tetra atau Swegless ini dari perairan Kolombia. Kondisi suhu air untuk ikan ini di kisaran 20-28 derajat celcius dan tingkat keasaman air/pH di 4,5-7,5.

Ikan jenis ini juga termasuk salah satu jenis ikan karnivora karena ia menyukai makanan seperti serangga kecil, cacing dan krustasea.

Ikan inipun luar biasa dalam hal berkembang biak. ia dapat berkembang biak dengan cepat karena jenis ikan ini bisa bertelur hingga 400 telur yang bisa menetas dalam satu hari. Ukuran standar tubuh red phantom antara 2-3,5 centimeter dengan panjang tubuh maksimal 4 centimeter, meskipun ukuran Ikan  red phantom tetra kecil tapi idealnya ikan ini di tempatkan dalam aquarium yang besar, paling tidak ukuran aquarium di atas 80x30cm, jumlah ikan juga jangan terlalu sedikit mengingat karakter ikan red phantom tetra yang suka berkelompok. Untuk perawatan aquarium hampir sama seperti ikan-ikan yang lain setidaknya selalu jaga kebersihan aquarium dan ganti 50-80% air dalam aquarium dengan yang baru secara berkala setidaknya satu bulan sekali. Untuk hiasan alam seperti batu, pasir atau batang kayu sangat cocok untuk ikan red phantom tetra sebagai tempat bermain.

CIRI CIRI UMUM IKAN RED TETRA PHANTOM

Ikan red phantom tetra mempunyai sirip punggung lebih panjang agak runcing untuk jantan dan lebih pendek dan agak bulat, terdapat lingkaran hitam di perut untuk jantan tidak terlalu jelas dan untuk betina jelas, perut pada ikan jantan tidak buncit dan pada betina lebih buncit. Panjang maksimal pertumbuhan yang dapat dicapai adalah 4 centimeter.

Sebelum anda memulai membudidayakan jenis ikan ini, yang perlu untuk diperhatikan adalah membedakan antara tetra jantan dan betina. Berikut ini cara untuk membedakan ikan tetra jantan dan betina.

Jenis ikan hias ini merupakan salah satu ikan asli sungai amazon yang cukup mudah untuk dibedakan jantan dan betinanya.
CIRI CIRI UMUM IKAN RED TETRA PHANTOM
jantan
  • Tubuhnya berukuran lebih kecil dari betina
  • Memiliki tubuh yang ramping
  • Warna tubuhnya lebih terang dari betina
  • Pada musim breeding akan nampak mengejar betina
betina
  • Tubuhnya berukuran lebih besar dari jantan
  • Memiliki tubuh yang agak gemuk karena berisi telur
  • Warna tubuhnya tidak se-terang jantan
  • Pada musim breeding akan nampak dikejar jantan

Dari semua perbedaan tersebut, yang paling mudah untuk di kenali antara jantan dan betina adalah berdasarkan bentuk tubuhnya. Ketika telah dewasa, ikan tetra betina akan menghasilkan telur sehingga perutnya cenderung membesar. Hal ini menjadi pertanda yang sangat mudah untuk membedakan jantan dan betina, karena si jantan tetap ramping saat matang seksual (dewasa).

HABITAT  IKAN RED TETRA PHANTOM

Daerah penyebaran Ikan red phantom tetra adalah Amazon dekat Leticia, Kolombia.  Ikan red phantom tetra mempunyai kebiasaan berenang di tengah-tengah air, berkembang biak dengan bertelur, dan cenderung hidup secara berkelompok seperti halnya ikan jenis tetra lainnya.  Dalam satu kelompok bisa terdiri dari 7 ekor atau lebih.
Berdasarkan sistematika tersebut, dapat diketahui bahwa  red phantom termasuk  ikan yang mempunyai rahang dan bergigi, mempunyai  tulang belakang, dan mempunyai tulang ekor.

Belum ada Komentar untuk "JENIS IKAN HIAS, IKAN RED PHANTOM TETRA dan CIRI CIRI UMUM IKAN RED TETRA PHANTOM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel