jenis ikan hias air tawar, Ciri-Ciri Ikan Neon Tetra dan cara membedakan jantan dan betina

JENIS IKAN HIAS NEON TETRA

Ciri-Ciri Ikan Neon Tetra dan cara membedakan jantan dan betina

JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR - Ikan Neon Tetra (Paracheirodon innesi) salah satu ikan air tawar dari keluarga characin (Characidae) dari order Characiformes. Ikan Neon Tetra juga jenis ikan asli sungai blackwater di tenggara Kolombia, Peru timur, dan Brasil barat. Jenis Ikan ini tumbuh menjadi sekitar 3 cm panjang keseluruhan tubuhnya. perbedaan seksual adalah sedikit, dengan betina yang memiliki perut yang sedikit lebih besar, dan garis warna-warni membungkuk daripada garis lurus jantan. sekarang ini sudah ada ikan neon tetra dalam bentuk sirip yang panjang. 

Ciri-Ciri Ikan Neon Tetra

jenis ikan hias air tawar, Ciri-Ciri Ikan Neon Tetra dan cara membedakan jantan dan betina

Bentuk badannya pipih ke samping (compressed), sangat tipis. Punggung berwarna kuning kecoklatan dengan perut putih kekuningan. Garis neon-berwarna biru hijau - mewarnai sisi badannya, mulai dari depan mata, memanjang hingga samping sirip adipose.


Berikut ini tips untuk membedakan antara ikan neon tetra jantan dan betina sehingga bisa membantu anda dalam budidaya ikan neon tetra.

Ikan Neon tetra (Paracheirodon innesi) merupakan ikan asli sungai amazon yang cukup mudah dibedakan jantan dan betinanya,

Ikan Neon tetra jantan, ciri ciri nya yaitu:

  • Memiliki tubuh yang ramping
  • Tubuhnya berukuran lebih kecil dari betina
  • Warna tubuhnya lebih terang dari betina
  • Pada musim breeding akan nampak mengejar betina

Ikan Neon tetra betina, ciri ciri nya yaitu:

  • Ikan Neon tetra betina memiliki tubuh yang agak gemuk karena berisi telur
  • Tubuhnya berukuran lebih besar dari jantan
  • Warna tubuhnya tidak se-terang jantan
  • Pada musim breeding akan nampak dikejar jantan

Dari semua perbedaan tersebut, yang paling mudah untuk dikenali adalah berdasarkan bentuk tubuhnya. Ketika telah matang seksual (dewasa), ikan neon tetra betina akan menghasilkan telur sehingga perutnya cenderung membesar seperti orang hamil. Hal ini menjadi pertanda yang sangat mudah untuk membedakan jantan dan betina, karena si jantan tetap ramping saat matang seksual.

ikan neon tetra yang dibesarkan di penangkaran telah beradaptasi dengan baik untuk berbagai kondisi air, di alam liar ikan ini hidup di air yang sangat lembut. Ikan neon tetra dapat memiliki umur hingga sepuluh tahun, atau biasanya sekitar lima tahun di aquarium. Ikan Neon tetra yang terbaik dipelihara dalam aquarium yang ditanami tanaman hidup dan kayu-kayu dengan moss menempel dengan cahaya tenang dan suhu ideal 21-27 ° C (70-81 ° F) menyerupai lingkungan Amazon asli mereka. Jenis Ikan ini sangat cocok apabila dijadikan penghias aquascape karena gemerlap warnanya Dan karena ikan Yang bergerombolan akan Bergerak secara bersamaan memutari berbagai Tumbuhan di akuarium.

MAKANAN IKAN NEON TETRA

Ikan Neon Tetra (Paracheirodon innesi) adalah omnivora memakan pelet Kecil Dan Cacing Beku. Suhu Yang cocok untuk ikan ini adalah 25 - 27 derajat celcius Artikel Baru pH 5,5 -7.5. Ikan Neon tetra adalah omnivora dan akan menerima makanan serpihan sebagian besar, jika terlalu kecil, tetapi juga harus memiliki beberapa makanan kecil seperti artemia, daphnia, frozen bloodworm, tubifex, dan micropellet untuk melengkapi diet mereka. pelet tenggelam sangat baik untuk ikan ini, karena sebagian besar merek dagang yang tersedia di antaranya terdapat peningkat warna alami yang membuat keluar warna neon tetra.

    Ikan Neon tetra bisa dipelihara dalam akuarium minimal berukuran 60 centimeter panjang, Dengan pH 6,0-7,8 dan KH dari 1,0-2,0. Namun, ikan neon tetra ini akan stress dan bisa sampai menyebabkan kematian jika trauma dengan perubahan yang dramatis pada lingkungan mereka. Jenis ikan hias ini cenderung pemalu dan karena ukurannya yang kecil disarankan agar tidak dipelihara dengan ikan besar atau ikan yang agresif yang dapat berebutan makan dengan mereka.
    Demikianlah informasi singkat mengenai jenis ikan hias air tawar Neon tetra (Paracheirodon innesi), data ini kami olah dari berbagai sumber.

    Belum ada Komentar untuk "jenis ikan hias air tawar, Ciri-Ciri Ikan Neon Tetra dan cara membedakan jantan dan betina"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel