Ikan Discus, habitat dan Jenis Jenis Ikan Hias Discus

Ikan Discus dan Jenis Jenis Ikan Hias Discus 

Ikan Discus, habitat dan Jenis Jenis Ikan Hias Discus

JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR - Ikan discus adalah ikan yang berasal dari sungai Amazon, Ikan Discuss termasuk kedalam spesies ikan Cichlid. Ikan discus memiliki nama ilmiah yaitu Symphysodon Discus. ikan ini sangat di gemari oleh para penikmat ikan hias. Ikan ini dijuluki raja ikan hias air tawar. Ikan discus ini mempunyai tubuh yang sangat banyak varianya. ikan discus memiliki banyak kelebihan dan keunikan salah satunya adalah bentuk badan dan warnanya. Tubuh ikan discus menyerupai ikan hias layang-layang hanya saja dia lebih bulat dan unik. ikan ini juga mempunyai warna yang bervarian dengan kombinasi corak cerah.

keindahan yang diberikan oleh ikan discus mulai dari corak, bentuk tubuh, gaya berenangnya yang anggun dan warnanya yang indah menjadikan ikan ini sebagai salah satu ikan hias yang populer.

jenis ikan ini banyak dipelihara oleh pencinta ikan di Indonesia, meskipun harganya juga lumayan mahal, tapi tetap saja bisa memuaskan diri pemiliknya atas kecantikannya.

Bentuk ikan discus ini jika di lihat dari depan akan berbentuk pipih dan berbentuk bundar jika di lihat dari samping, ya kurang lebih seperti disk/cd kaset. Ukuran ikan discus bisa mencapai 15-25 cm.

Harga ikan discus ini sangat bervariasi ikan ini dinilai dari warnanya dan ukuran, semakin bagus warna dan besar tubuhnya ikan ini semakin mahal.

Ciri-Ciri Umum Ikan Discus

Bagian mata dan mulut ikan Discus cukup kecil, warna matanya biasanya merah jadi penampilannya agak terlihat sangar. Warna ikan bervariasi tergantung pada tipe ikan ini, ada yang warna merah, warna biru, kuning, coklat maupun warna hijau. Panjang ikan Discus ini bisa menjapai 15 – 25 centimeter. Ditubuh ikan discus ini terdapat garis-garis vertikal yang membentuk seperti corak batik dan biasa digunakan untuk kamuflase atau mengelabui ikan lain seperti ikan predator/pemangsa.

HABITAT IKAN DISCUS

Ikan Discus, habitat dan Jenis Jenis Ikan Hias Discus


Di sungai Amazon yang merupakan habitat asli dari ikan discus, ikan ini senang sekali berada diantara ranting-ranting, daun-daun maupun akar pohon untuk menghindari serangan dari ikan predator/pemangsa. Cara tersebut digunakan untuk mempertahankan diri mereka. Dihabitat aslinya Ikan discus, juga menyukai sungai yang memiliki arus air tenang dan tidak terlalu deras.

Semua ikan discus berasal dari Amerika Selatan lebih tepatnya disungai Sungai Amazon. Symphysodon Discus dapat ditemukan dalam tiga jenis saluran air Amazon, air putih Amazon Upper, air hitam Rio Negro, dan air jelas dari Amazon Bawah. 

Ikan Diskus termasuk ikan yang sangat sulit dipijahkan dan hanya orang-orang yang berpengalaman yang mampu memijahkannya. untuk pemijahannya harus memenuhi persyaratan suhu dan pH yang optimal bagi ikan ini. Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk memijahkan ikan discus ini, terlebih dahulu diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang cukup mengenai perawatan ikan discus ini.

Morfologi Ikan Discus
Ikan Discus, habitat dan Jenis Jenis Ikan Hias Discus Jenis Jenis Ikan Discus
  • Ikan Discus memiliki warna yang cerah dan jenis yang bervariasi seperti warna putih, hitam, dan kuning, biru, warna merah dll
  • Ikan Discus berbentuk oval pipih seperti cakram
  • Sirip perut ikan discus membentang agak lebar kebawah
  • Ikan discus termasuk ikan nok-turnal atau ikan yang aktif pada malam hari
  • Terdapat celah kecil yang memisahkan sirip dubur dan punggung dengan sirip ekornya
  • Ciri ikan discus lainnya yaitu Sirip dubur dan sirip punggung memanjang hingga sampai ke pangkal ekor dan sirip punggung seperti menyatu dengan sirip ekor
  • Bersifat omnivora atau pemakan segala
  • Ada beberapa spesies discus yang memiliki gari-garis yang melintang secara Vertikal

Jenis Jenis Ikan Discus

Ada yang mengatakan bahwa jenis ikan discus ini masih kontroversi dalam hal yang berkaitan dengan adanya penemuan spesies baru terhadap ikan discus yang membuat para ahli biologi untuk melakukan peninjauan ulang terhadap genus discus.
  1. Jenis Ikan Hias Discus Angel Blue Diamond
  2. Jenis Ikan Hias Discus Checker Board Pigeon
  3. Jenis Ikan Hias Discus Green
  4. Jenis Ikan Hias Discus Red Marlboro
  5. Jenis Ikan Hias Discus Super Red Melon
  6. Jenis Ikan Hias Discus Golden Yellow Diamond
  7. Jenis Ikan Hias Discus Pearl Pigedon
  8. Jenis Ikan Hias Discus Snake Skin

Belum ada Komentar untuk "Ikan Discus, habitat dan Jenis Jenis Ikan Hias Discus "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel