JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR dan Cara membedakan ikan molly jantan dan betina

Ikan hias air tawar molly

JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR dan Cara membedakan ikan molly jantan dan betina

JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR - Ada banyak sekali jenis ikan hias yang dapat dipelihara, mulai dari yang hidup di air tawar maupun di air laut, dari yang berukuran besar sampai berukuran kecil. Semuanya bisa kalian pelihara di rumah sesuai selera masing-masing, Namun yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai ikan molly.


ikan molly adalah salah satu ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan ikan jenis ini juga berukuran mungil. Ikan molly adalah keluarga ikan kecil, ikan molly mempunyai jenis yang sangat bervariasi, dan mempunyai warna-warna yang sangat indah tidak kalah dengan ikan hias air tawar jenis lainya. 

Warnanya sangat beragam, semua tergantung pada jenisnya masing-masing. Ada yang bintik-bintik, ada yang merah dan ada pula yang hitam. Sehingga sangat cocok untuk dipelihara di dalam aquarium mini bersamaan ikan ikan kecil lainnya.

Ikan dengan nama latin Poecilia sp ini hanya memiliki ukuran maksimal 12 centimeter. Meskipun berukuran kecil, ikan molly memiliki bentuk fisik yang sangat unik, berbeda dengan ikan hias lainnya. Kelebihan dari ikan molly lainnya yaitu: Ikan Molly sangat mudah untuk berkembang biak dan dari segi makanan pun tidak susah untuk dicari. Karena ikan molly adalah omnivora ia memakan segala jenis makanan mulai dari pelet, lumut, cacing rambut dan tumbuh-tumbuhan air lainnya.
Untuk membedakan antara jantan dan betina pada jenis ikan ini yaitu dari segi ukuran badan, untuk yang jantan lebih kecil dan tubuhnya ramping. sementara untuk betina lebih besar dan kelihatan gemuk.

Jika anda berniat untuk memelihara ikan molly ini kamu tidak perlu untuk memyiapkan akuarium yang besar cukup ukuran sedang 40×40 centimeter itu sudah cukup.

JENIS-JENIS IKAN MOLLY

JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR dan Cara membedakan ikan molly jantan dan betina

Secara global ikan molly, jenis ikan molly ini dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu Sailfin molly, Short-fin molly 
  1. SAILFIN MOLLY
  2. Yang termasuk ke dalam sailfin molly ada 3 spesies yaitu Poecilia petenensis, Poecilia velifera,  dan Poecilia latipinna, 
  3. SHORT-FIN MOLLY
  4. Yang termasuk ke dalam short-fin molly ada beberapa spesies diantaranya yaitu Poecilia latipunctata, Poecilia salvatoris, Poecilia sphenops, Poecilia mexicana,
     dll
  5. MOLLY HIBRYDS
  6. Molly hibrid ini merupakan hasil perkawinan dari molly untuk menghasilkan ikan molly yang lebih menarik untuk di lihat. dikarenakan mudahnya ikan jenis ini dalam berkembang biak maka terdapat banyak sekali ikan molly dengan jenis / strain baru.

    Cara membedakan ikan molly jantan dan betina

JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR dan Cara membedakan ikan molly jantan dan betina

Dalam memelihara ikan hias jenis molly, kita harus mengetahui perbedaan antara ikan molly jantan dengan ikan molly betina. karna jika kita memelihara ikan molly di akuarium, kita harus memeliharanya secara sepasang dan dengan perbandingan yang sama. berikut perbedaan ikan molly jantan dan ikan molly betina

    Ciri-Ciri Ikan Molly Jantan

    1. Kepala lebih kecil dari pada betina.
    2. Perut lebih buntal.
    3. Di belakang perut terdapat sirip bagian bawah yang tidak lebar dan panjang.
    4. Sirip atas ikan molly jantan memiliki lebar lebih besar.
    5. Panjang badan ikan molly jantan lebih panjang.

    Ciri-Ciri Ikan Molly Betina

    1. Kepala lebih kecil dari pada pejantan.
    2. Panjang badan ikan molly betina lebih pendek.
    3. Sirip atas ikan molly betina memiliki lebar lebih kecil.
    4. Di belakang perut terdapat sirip bagian bawah yang lebar dan pendek.
    5. Perut lebih buntal.

    Belum ada Komentar untuk "JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR dan Cara membedakan ikan molly jantan dan betina"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel