mengenal ikan hias Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu

Ikan Hias Air Laut Butterfly Fish

mengenal ikan hias air asin Ikan butterfly

Ikan hias butterfly atau ikan kupu-kupu - Ada banyak sekali jenis ikan yang hidup di laut, sebagian darinya adalah jenis ikan air laut yang bisa dikonsumsi dan sebagiannya lagi untuk ikan hias. Ada pula ikan laut yang hidup diperairan dangkal dan ada pula yang hidup dilaut yang dalam.

Selain warnanya yang cantik, bentuknya juga unik dan ikan hias air laut ini terkenal agresif dibandingkan ikan hias air tawar. Ada perbedaan dalam pemeliharaan ikan hias air asin atau air laut dengan memelihara ikan hias air tawar, memelihara ikan hias air laut tidaklah mudah membutuhkan perawatan yang ekstra sementara pemeliharaan ikan hias air tawar lebih mudah. Jika anda sebelumnya belum pernah memelihara ikan hias air asin atau air laut, ada baiknya sekarang untuk memulai dengan memelihara ikan hias air asin.

Karena sudah jelas sekali, ikan hias air asin atau air laut jauh berbeda dengan ikan hias air tawar. jika memelihara ikan air tawar maka akan sangat mudah bagi kita karena setiap hari kita menggunakan air tawar baik untuk minum maupun untuk mandi atau untuk memcuci pakaian.

Namun jika ikan hias air laut jauh lebih sulit, karena mereka tidak bisa hidup di air tawar karena tidak bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Tidak hanya itu, memelihara ikan air asin / laut juga membutuhkan aquarium yang lebih besar dan perlu mengganti air secara teratur agar tetap bersih dari kotoran.

Ikan Hias Air Laut Butterfly Fish


ikan hias air asin


Butterfly fish memiliki nama ilmiah ialah chaetodontidae. Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu dapat ditemukan di area terumbu karang di samudra Pasifik, samudra Atlantik dan juga samudra Hindia yang terdiri dari sekitar 120 spesies. 

Umumnya Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu ini berada di perairan dengan kedalaman kurang dari 18 meter atau 59 kaki, Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu ditemukan juga pada kedalaman 180 meter atau 590 kaki. Ikan butterfly dapat tumbuh berkisar antara 12 centimeter hingga 22 centimeter atau 4,7 hingga 8,7 in. Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu ini umumnya memilki warna yang mencolok seperti warna hitam, putih, merah, kuning, jingga, dan biru. Terdapatnya eyespots pada panggul dan pita gelap di matanya terlihat seperti sayap kupu-kupu. Warnanya yang mencolok kemungkinan dimaksudkan untuk komunikasi antar spesies. 

Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu juga merupakan petelur pelagis. Maksudnya adalah ikan jenis ini akan melepaskan telur-telur apung ke air dan menjadi bagian dari plankton, mengambang dengan arus hingga telur menetas.

Pada saat malam hari tiba, ikan jenis ini akan bersembunyi pada celah-celah terumbu karang dan akan menunjukkan warna yang berbeda pada tubuhnya. Warnanya yang indah inilah yang membuat banyak para pecinta ikan hias ingin menjadikannya sebagai ikan hias air laut.

Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu memiliki warna dan bentuk tubuh yang sangat unik sehingga banyak pecinta ikan hias yang menjadikannya sebagai ikan hias air laut. Dalam pemeliharaan ikan Ikan butterfly atau kupu-kupu ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama masalah kualitas air yang harus stabil. Selain itu perlu diperhatikan juga dalam pemberian pakan karna sulit untuk membuat mereka memakan pakan yang kita berikan. Di habitat aslinya Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu ini memakan pakan hidup yaitu seperti krustacea, polip koral dan juga alga. Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu ini adalah ikan tropis sehingga kondisi suhu yang cocok adalah suhu tinggi, selain itu airnya juga harus memiliki tingkat keasinan sekitar 1.025. 
mengenal ikan hias Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu


Ikan jenis ini sangat mudah untuk dipelihara, oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memelihara ikan hias air asin.

Sangat indah sekali pesona ikan tersebut jika dijadikan hiasan dalam aquarium yang berukuran besar agar ikan tersebut bisa berenang bebas.

Demikianlah informasi singkat mengenai ikan hias air asin Ikan hias butterfly atau ikan kupu-kupu. data ini kami olah dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "mengenal ikan hias Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel