Ikan molly, Jenis ikan hias air tawar dan ciri cirinya

ikan hias / Ikan molly

Ikan molly, Jenis ikan hias air tawar dan ciri cirinya

Jenis ikan hias air tawar- Ikan molly adalah ikan hias air tawar yang memiliki warna tubuh yang sangat menarik. Ikan molly sifatnya yang tenang dan tidak agresif membuat jenis ikan ini bisa digabungkan dengan ikan hias jenis lain dalam satu aquarium. Jika memelihara ikan molly tidak perlu menyediakan aquarium yang besar, cukup dimasukan ke dalam aquarium sedang karena ukuran maksimal ukuran ini hanya 12 centimeter. Kelebihan Ikan Molly yaitu memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi terhadap kondisi lingkungan. Ikan Molly dapat hidup di perairan asin atau payau, namun perlu diketahui ikan ini cukup rentan terhadap perubahan suhu. ciri ciri fisik dari ikan molly ini diantaranya yaitu : Bentuk tubuhnya cukup unik moncong kedepan yang terlihat dari bagian kepala hingga mulut, Memiliki sirip lengkap seperti ikan lain pada umumnya. Namun bentuk sirip ekor agak berbeda terutama pada molly jantan, bentuk unik seperti sabit, Panjang tubuhnya sekitar 5-7 cm.

Klasifikasi Ilmiah Ikan molly

  • kingdom : Animalia
  • Phyllum : Chordata
  • Class : Ostheichthyes
  • Ordo : Cyprinodonteidei
  • Family : Poecilidae
  • Genus : Poecilia
  • Species : Peocilia sphenops
Sangat mudah bagi kita untuk membedakan ikan molly yang jantan dan betina. ciri ciri Ikan molly betina yaitu memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari jenis jantan. Ikan molly termasuk ke dalam hewan omnivora, jadi mudah juga dalam memberi pakan seperti pellet, cacing dan jenis pakan lainnya.
Ikan molly, Jenis ikan hias air tawar dan ciri cirinya

Hingga saat ini sudah banyak ikan molly dengan berbagai warna dan ukuran. Ini merupakan hasil persilangan dari mutase, contohnya adalah Molly Ballon yang memiliki bentuk tubuh seperti bola yang sangat bagus ketika sudah berukuran besar.

    Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina

    • Pada ikan molly jantan memiliki tubuh yang ramping dan ikan molly jantan juga memiliki sirip punggung yang lebih lebar serta panjang, pada ikan molly jantan sirip perut meruncing dan juga panjang yang digunakannya untuk kawin.
    • Sedangkan pada ikan molly betina memiliki bentuk tubuh yang lebih lebar dan membulat dengan sirip punggung yang pendek dan sirip perutnya berbentuk oval.
    • Untuk jenis molly black, bagian perut betina akan terlihat jelah bintik putih apabila ikan molly tersebut sudah dewasa.
    Demikianlah informasi mengenai ikan molly, data ini kami rangkum dari beberapa sumber semoga bermanfaat

    Belum ada Komentar untuk "Ikan molly, Jenis ikan hias air tawar dan ciri cirinya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel