Ciri Ciri Fisik Ikan Kakatua dan Habitat atau Penyebaran Ikan Kakatua

IKAN KAKATUA

Ciri Ciri Fisik Ikan Kakatua dan habitat hidup ikan kakatua

Mengenal Ikan Kakatua - Ikan Kakatua merupakan spesies ikan laut yang menghuni perairan dangkal tropis dan subtropis di seluruh dunia, terutama di terumbu karang, pantai karang dan padang lamun, dan berperan penting dalam Kelimpahan spesies terbesar dijumpai di perairan Indo-Pasifik. Ikan Kakatua dianggap penting untuk kelangsungan hidup terumbu karang karena mereka makan rumput laut dan hama lainnya yang dapat merusak terumbu karang. Para pencinta lingkungan laut menyarankan agar ikan ini dilindungi untuk menjaga terumbu karang.
    Klasifikasi ilmiah
    Kingdom
    :
    Animalia
    Filum
    :
    Chordata
    Superkelas
    :
    Osteichthyes
    Kelas
    :
    Actinopterygii
    Ordo
    :
    Perciformes
    Sub ordo
    :
    Labroidei
    Famili
    :
    Scaridae

    Genera
    Bolbometopon
    Calotomus
    Cetoscarus
    Chlorurus
    Cryptotomus
    Hipposcarus
    Leptoscarus
    Nicholsina
    Scarus
    Sparisoma

    Kandungan Nutrisi Ikan Kakatua
    Ikan Kakatua juga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi untuk kesehatan tubuh manusia, yang terkenal tentu saja adalah sebagai sumber protein yang rendah lemak. Selain itu, ikan ini juga banyak mengandung omega yang bagus untuk pertumbuhan otak.

    Habitat atau Penyebaran Ikan Kakatua


    Ikan jenis ini cukup mudah di jumpai di perairan indonesia selain itu Ikan Kakatua dapat ditemukan juga pada wilayah Indo-Pasifik dari Laut Merah hingga ke perbatasannya dan pulau Ducie, Jepang bagian selatan, pulau Lord Howe, Rapa Iti di Perancis Polinesia dan Shark Bay yang berada di Australia Barat. Ikan Kakatua tidak ditemukan pada perairan Hawaii.

    Ikan Kakatua dapat hidup dengan kedalaman 1-25 meter dari permukaan laut, normalnya berhabitat pada terumbu luar yang terpapar terkadang berada pada perairan yang sangat dangkal sekali pun. 

    Asal Usul Nama Ikan Kakatua

    Sebenarnya ada sekitar 90 spesies ikan yang berbeda disebut Ikan “Kakaktua” ini. Asal-usul nama ikan ini adalah karena ia mempunyai mulut seperti paruh berbentuk kait. Ikan Kakaktua mempunyai nafsu makan yang sangat besar dan kalau kamu tidak mampu menyediakan makanan untuknya, disarankan untuk tidak usah memeliharanya.

    Ciri Ciri Fisik Ikan Kakatua

    Ukuran panjang dari ikan kakatua bisa mencapai 47 cm serta dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan warna. Penampilannya dapat berubah selama fase kehidupannya.

    Selama fase awal, berwarna kemerahan sampai coklat, terdapat enam hingga tujuh garis horizontal yang gelap sepanjang tubuhnya dan bersirip merah. Pada umum nya ikan kakatua jantan, selama fase akhir, pada bagian belakang tubuh dan bawah kepala tampak berwarna cerah dan sirip ekor tampak berwarna biru kehijauan dan berbentuk bulan sabit yang besar.
      Sebenarnya Ikan Kakatua ini harusnya dilindungi karena kontribusinya merawat terumbu karang di lautan, ''Ikan Kakatua ini memakan alga dan karang mati. bisa dikatakan bahwa mereka ini membersihkan karang. Ini penting karena sebagian besar terumbu karang di daerah tropis ditutupi oleh alga karena tidak cukup banyak ikan kakatua yang sedang merumput,'' Secara tradisional, ikan kakatua dimasukkan ke dalam taksa biologi setingkat famili Scaridae. Meskipun secara analisis filogenetik dan evolusinya masih berlangsung, ikan kakatua sudah diterima sebagai clade dalam suku Cheilini, dan sering diacu sebagai scarine labrids (subfamily Scarinae, family Labridae). Beberapa pihak memilih mempertahankan ikan kakatua sebagai taksa sekelas famili, Labridae (kecuali dipisahkan menjadi beberapa famili).

      Demikianlah informasi tentang ikan kakatua yang meliputi ciri ciri ikan kakatua, asal usul nama ikan kakatua, dan habitat hidup ikan kakatua. data ini kami olah dari berbagai sumber. 

      Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Fisik Ikan Kakatua dan Habitat atau Penyebaran Ikan Kakatua"

      Posting Komentar

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel