JENIS-JENIS IKAN MANFISH / ANGEL FISH dan CIRI CIRINYA

IKAN MANFISH / ANGEL FISH

JENIS-JENIS IKAN MANFISH / ANGEL FISH

Jenis Ikan Hias - Ikan Manfish atau dikenal juga dengan Angel fish merupakan jenis ikan hias yang berasal dari perairan Amazon. Ikan Manfish atau Angel fish tergolong kedalam famili chiclidae yang sudah melegenda di dunia ikan hias. Ikan Manfish atau Angel fish menjadi lambang ikan hias karena namanya sudah mendunia.

HABITAT HIDUP IKAN MANFISH / ANGEL FISH 

Habitat ikan manfish dari perairan Amazon, Brazil, columbia dan Peru, mungkin di temukan juga di daerah seputarannya. Ikan Manfish hidup diperairan air tawar yang tenang arus airnya dan punya banyak tanaman air. Ukuran ikan manfish ini bisa mencapai panjang 7,5 cm, warna ikan ini memang sangat indah.

JENIS-JENIS IKAN MANFISH / ANGEL FISH

Ada beberapa jenis Ikan Manfish atau Angel fish diantaranya yaitu manfish imperial, manfish diamond, manfish marble dan manfish black-white.

Jenis Ikan Manfish dan Ciri-Cirinya
  • Ikan Manfish Imperial : mempunyai warna dasar perak tetapi tubuhnya dihiasi empat buah garis vertikal berwarna hitam/coklat kehitaman.
  • Ikan Manfish Diamond (Berlian) : berwarna perak mengkilat sampai hijau keabuan. pada bagian kepala atas terdapat warna kuning hingga coklat kehitaman yang menyusur sampai bagian punggung
  • Ikan Manfish Marble : memiliki warna campuran hitam dan putih yang membentuk garis vertikal
  • Ikan Manfish Black-white : mempunyai warna hitam menghiasi separuh tubuhnya bagian belakang dan warna putih menghiasi separuh bagian depan termasuk kepala.

CIRI-CIRI IKAN MANFISH / ANGEL FISH

HABITAT HIDUP IKAN MANFISH / ANGEL FISH

Bentuk tubuh ikan manfish seperti segitiga. gaya berenang ikan inipun sangat elegan membuatnya dikenal dengan sebutan angelfish. Karakter ikan manfish yang gemar bergerak zigzag ini cukup tenang, bahkan saat gugup karena belum beradaptasi diaquarium. ikan Manfish atau Angel fish dapat dicampur dengan jenis ikan apapun asal kan bukan ikan tipe predator yang suka mengejar ikan lain.

Ikan manfish akan mulai terlihat agresif terhadap sesamanya setelah berumur 8 – 12 bulan dengan saling menggigit mulut (jaw-locking) seperti banyak dilakukan ikan siklid lain yang berukuran raksasa.

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Dalam Budidaya Ikan Manfish

Budidaya ikan manfish ini sudah banyak dilakukan di Indonesia. Meski ikan ini sebenarnya asli Amerika, namun karena banyak diminati diseluruh penjuru dunia untuk dijadikan ikan hias, maka sampailah juga ikan manfish ini di Indonesia yang mana kini dibudidayakan guna dijual kembali sebagai ikan hias. Ikan ini dijuluki sebagai ikan bidadari karena ia memiliki corak warna yang sangat indah dan gerakan yang tenang di perairan.

Beberapa pembudidaya meletakkan tanaman air dipermukaan sebagai pelindung ikan dari sinar matahari langsung.


Ciri-ciri ikan manfish betina :
  1. Ukuran tubuh relatif lebih kecil dari pejantannya
  2. Ikan manfish betina perut terlihat besar atau menonjol jika dilihat dari atas (dari puggung)
  3. Bentuk kepala lebih kecil
  4. Antara mulut ke sirip punggung membentuk garis lurus
Ciri-ciri ikan manfish jantan :
  1. Ukuran tubuh relatif lebih besar dari ikan betinanya
  2. Ikan manfish jantan tanpak pipih jika dilihat dari atas (dari punggung)
  3. Bentuk kepala agak besar
  4. Antara mulut ke sirip punggung membentuk cembung
Ikan Manfish atau Angel fish merupakan pernang cepat sehingga sulit di tangkap pada perairan luas. ikan manfish menyukai berenang secara bergerombol atau berkelompok baik jantan maupun betina.
Membedakan Indukan Ikan Manfish Jantan dan Betina

Ikan Manfish atau Angel fish yang dipelihara dikolam permanen dengan ukuran besar akan berenang secara bergerombol dan sangat cepat, sehingga untuk melakukan penangkapan biasanya dilakukan pada malam atau pagi hari. 
Ikan Manfish dikenal sebagai induk yang baik bagi anak-anaknya. mereka akan menjaga dan merawat anak-anaknya hingga mampu hidup mandiri. namun untuk alasan bisnis sebaiknya penetasan telur dan pembesaran benih dilakukan dibak khusus, tidak dicampur dengan induknya. dengan demikian induk bisa berproduksi lagi dalam waktu yang relatif singkat.

Demikianlah informasi singkat mengenai Ikan Manfish atau Angel fish, data ini kami olah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "JENIS-JENIS IKAN MANFISH / ANGEL FISH dan CIRI CIRINYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel