mengenal Ikan aligator atau ikan spatula dan jenis jenis nya

IKAN ALIGATOR

Ikan aligator atau ikan spatula dan jenis jenis nya

Jenis Ikan Hias - Ikan dengan nama latin (Atractosteus spatula) ini memang memiliki keunikan yang khas dan beda dari ikan hias pada umumnya. Ini adalah ikan predator asli penghuni Sungai Amazon, Brazil, ikan ini memiliki sifat buas. ikan ini memiliki moncong yang menyerupai Aligator atau Buaya Hitam. 

Ikan aligator atau ikan spatula ini merupakan salah satu spesies ikan predator yang banyak diminati oleh para pengemar ikan predator, ikan yang memiliki moncong seperti buaya ini terbagi kepada 7 Spesies dari 2 genus (Atractosteus dan Lepisosteus). Yang banyak diperjual belikan adalah jenis aligator gar / spatula dan florida gar. Keunikan lain dari Ikan Aligator adalah ikan ini memiliki kepala yang keras dan sisik yang sangat kuat, sisik Ikan Aligator tidak mempan terhadap pisau tajam biasa. dari beberapa informasi disebutkan bahwa jenis ikan ini bisa hidup hingga 30 tahun dan bisa memiliki berat sampai ratusan kilogram.

Untuk memelihara jenis ikan ini diperlukan akuarium ukuran yang sangat besar karena ikan aligator atau ikan spatula ini bisa mencapai ukuran 1 meter lebih. 
untuk pelihara ikan ini cukup mudah, ikan aligator ini hanya memakan ikan atau udang beku. Dan ikan aligator ini memiliki harga yang cukup murah. Sepertinya kolam ikan predator lebih tepat bila ikan ini sudah berukuran besar. 

Di indonesia sendiri jenis ikan ini sering dijuluki sebagai ikan buaya karena bentuk moncongnya seperti buaya. Ikan aligator atau ikan spatula memiliki keunikan berupa moncong yang panjang beserta gigi berukuran besar dan tajam. Ikan jenis aligator ini sudah dilarang masuk ke negara indonesia melalui Permen Kelautan dan perikanan No 41/PERMEN-KP/2014 mengenai larangan pemasukan jenis ikan berbahaya dari luar negeri ke dalam wilayah RI. Karena apabila dilepas disungai atau kali bisa merusak ekosistem yang ada.

Ikan Aligator merupakan ikan purba yang masih bertahan hidup hingga saat ini. Fosil Ikan aligator ini banyak ditemukan dan para peneliti berpendapat Ikan Aligator sudah ada sejak 100 tahun lalu. Berikut ini adalah jenis jenis ikan aligator:

Jenis jenis ikan Aligator Gar dan Ciri cirinya


1. Ikan Aligator Cubar Gar ( atractosteus tritoechus )
mengenal Ikan aligator atau ikan spatula dan jenis jenis nya

Jenis ikan gar ini kuba. Ikan ini termasuk daftar spesies yang terancam punah dan saat ini telah di lakukan penangkaran. Panjang maksimal ikan ini bisa mencapai 2 meter. di habitat asli nya ikan dewasa Cubar gar memakan ikan dan burung suhu ideal ikan ini adalah ( 18 ° C – 23 ° C ).

2. Ikan Aligator Shortnose Gar ( lepisosteus platostomus )
Ikan aligator atau ikan spatula dan jenis jenis nya

Ikan aligator Shortnose gar ini berasal dari benua amerika dan mampu tumbuh hingga ukuran 1 meter. Seperti jenis ikan lain makanan ikan perdator ini adalah ikan dan serangga.

3. Ikan Aligator Spotted Gar (Lepisosteus oculatus )
Ikan aligator atau ikan spatula dan jenis jenis

Ikan Aligator Spotted Gar sangat mirip dan sulit dibedakan dengan Aligator Florida Gar. Tidak seperti Aligator Florida Gar yang relatif lebih mudah dicari ikan predator yang rakus ini sulit ditemukan di pasaran. Umur maksimum untuk Aligator gar ini adalah 18 tahun. ikan Aligator Spotted Gar Jantan akan dewasa pada usia dua atau tiga tahun, sedangkan betina dewasa pada usia tiga atau empat tahun. Ikan Aligator Spotted Gar betina rata-rata lebih besar dan hidup lebih lama daripada jantan. Sedangkan kematangan seksual ikan Aligator Spotted Gar betina dicapai pada umur 6 tahun.

4. Ikan Aligator Tropical Gar ( Atractosteus tropicus)

Ikan Aligator Tropical Gar berasal dari perairan dari selatan meksiko hingga Kosta Rika. Jenis ikan aligator ini dapat mencapai panjang hingga 1,25 meter di alam liar ( meskipun sering jauh lebih kecil di penangkaran ). Ikan aligator Tropical gal ini sekilas terlihat sangat mirip dengan ikan aligator Longnose Gar baik warna maupun marking, tetapi dapat dibedakan dengan dari moncongnya yang lebih pendek dan lebar.

5. Ikan Aligator Gar ( Atractosteus spatula )
ikan hias aligator gar

Ikan Aligator Alligator Gar atau Aligator Spatula ini merupakan yang terbesar, Ikan Aligator Alligator Gar atau Aligator Spatula ukurannya bisa mencapai hingga panjang hingga 3 meter dan mencapai berat 140 kilogram. Jenis Alligator gar ini yang banyak di perjualbelikan. Untuk memelihara ikan ini sebaiknya kita siapkan akuarium berukuran besar atau kolam ikan predator.

6. Ikan Aligator Longnose Gar ( lepisosteus osseus )

Ikan Aligator Longnose gar berasal dari kawasan Amerika Utara dan Tengah. Ikan Aligator Longnose gar ini dahulu sempat menjadi makanan. Tetapi sekarang jenis ikan aligator ini di Amerika menjadi favorit para pemancing. 

Makanan dari ikan aligator longnose gar ini adalah ikan kecil, serangga dan udang. Kematangan seksual untuk ikan aligator longnose gar jantan antara tiga dan empat tahun, sedangkan betina di usia enam tahun.  Telur ikan aligator longnose gar sangat beracun untuk manusia, tetapi ikan predator lainnya bisa mentolerir racunnya.


7. Ikan Aligator Florida Gar ( lepisosteus platyrhincus )
ciri ciri ikan aligator

Ikan Aligator Florida Gar ini sangat mirip dengan aligator Spotted Gar. jenis Ikan aligator ini pada saat dewasa memiliki panjang berkisar 51,7 sampai 132,2 centimeter dan biasanya berat mencapai 1,36 hingga 4,36 kg.

Ciri ciri dari Ikan predator ini yaitu memiliki, bintik-bintik hitam yang tidak teratur di bagian atas kepalanya dan seluruh tubuh termasuk sirip anal. Pada saat jenis ikan aligator ini masih muda ia memiliki garis-garis gelap di bagian belakang dan samping. Jarak mata kurang dari dua pertiga panjang moncong. jenis ikan aligator ini memiliki warna coklat-olive di bagian belakang dan sisi atas, dan putih atau kuning pada bagian perut, jenis ikan aligator ini agak unik dari pada jenis lain.  

Sekian dari penjelasan ini semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat sedikit menambah wawasan kita. 

Belum ada Komentar untuk "mengenal Ikan aligator atau ikan spatula dan jenis jenis nya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel