Habitat Ikan Polka Dot Stingray dan ciri cirinya

Ikan Polkad Dot Stingray

ciri ciri Ikan Polka Dot Stingray (Potamotrygon leopoldi)/Ikan Pari


Jenis Ikan Hias - Ikan bukan hanya sekedar untuk dikonsumsi saja, banyak penghobi ikan hias yang merawat dan memelihara ikannya dengan sangat baik sehingga ikan tersebut memiliki nilai jual yang sangat tinggi karena hasil perawatan yang mereka lakukan. Ada juga beberapa jenis ikan yang memang memiliki bentuk serta warna yang unik sehingga membuatnya memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dan juga karena tingkat kesulitan untuk menemukan ikan tersebut.

Beberapa jenis ikan ini dapat anda pelihara dirumah untuk menghiasi pemandangan rumah anda dengan warna dan bentuk ikan ini. Jenis ikan berikut ini memiliki harga yang tinggi karena habitat dari ikan ini berasal dari luar negeri dan tingkat kesulitan untuk mendapatkan ikan ini juga cukup tinggi sehingga jika anda ingin memiliki ikan ini harus merogoh kocek yang cukup banyak. Berikut ini adalah salah satu jenis ikan hias termahal :

Ikan Polka Dot Stingray (Potamotrygon leopoldi)/Ikan Pari

Ikan Polka Dot Stingray adalah jenis ikan pari air tawar yang berasal dari sungai Xingu, Brazil. Ikan Polka dot stingray mempunyai nama lain seperti Black devil stingray, Yellow-spotted black amazon stingray dan Xingu river ray. Ikan Polka dot stingray atau Ikan pari banyak menghabiskan waktunya di dasar perairan dan sesekali ikan ini naik ke permukaan air untuk mencari makanan.

Habitat Ikan Polka Dot Stingray (Potamotrygon leopoldi)/Ikan Pari

Habitat hidup ikan pari air tawar ini adalah sungai berarus lambat dengan pasir pada dasarnya yang mempunyai suhu 20 – 290C dan pH 6 – 7,5. 

Perawatan ikan Polka dot stingray ini di aquarium membutuhkan tangki yang cukup besar dengan setting dasar pasir, sedangkan untuk menjaga kesehatannya perlu dilakukan filtrasi atau pergantian air sesering mungkin.

Ciri-Ciri Ikan Polka Dot Stingray (Potamotrygon leopoldi)/Ikan Pari

Ikan Polka dot stingray / ikan pari berwarna hitam pada keseluruhan tubuhnya kecuali bagian bawah tubuh yang berwarna cerah. Selain itu, ikan Polka dot stingray / ikan pari ini mempunyai banyak pola lingkaran berwarna putih kekuningan di bagian atas tubuhnya. Ikan pari ini berbahaya karena mempunyai sengatan yang sangat fatal.

Ikan Polka dot stingray / ikan pari dewasa dapat mencapai panjang tubuh 40 – 60 centimeter. Ikan Polka dot stingray ini bersifat karnivora dengan memakan ikan kecil, invertebrata air seperti cacing dan crustacea. Ikan Polka dot stingray bersifat aktif dengan laju metabolisme yang tinggi sehingga membutuhkan setidaknya dua kali makan sehari. 
Ikan Polka Dot Stingray (Potamotrygon leopoldi)/Ikan Pari

Cara membedakan kelamin ikan Polka dot stingray

Seperti umumnya ikan pari, ikan Polka dot stingray sangat mudah membedakan jenis kelaminnya, ikan Polka dot stingray Jantan mempunyai sepasang alat kelamin yang disebut “claspers” pada pangkal ekornya yang digunakan untuk menginseminasi betina saat reproduksi. Ikan Polka dot stingray/Ikan pari bereproduksi dengan cara matrotrophic viviparity. Ikan Polka dot stingray muda akan berkembang di dalam tubuh betina dan akan lahir dengan bentuk yang sempurna. Anakan ikan Polka dot stingray akan lahir dengan membawa kuning telur yang digunakan sebagai asupan nutrisi untuk selama beberapa minggu.

Sekian informasi mengenai Ikan Polka dot stingray / ikan pari, data ini kami olah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "Habitat Ikan Polka Dot Stingray dan ciri cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel