JENIS IKAN NILA DAN CIRI-CIRI IKAN NILA GIFT

Ikan Nila Gift

JENIS IKAN NILA DAN CIRI-CIRI IKAN NILA GIFT

Jenis Ikan Nila - Ikan nila sebenarnya sudah lama menjadi salah satu sumber pendapatan bagi sebagian masyarakat karena nilai jualnya yang lumayan tinggi. Selain itu, ikan nila juga termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang tidak begitu sulit untuk dikembangbiakkan atau budidaya dan perawatannyapun tidak sulit.

Ikan nila sendiri sebenarnya bukan asli ikan air tawar asli Indonesia. Spesies yag bernama latin Oreochromis niloticus tersebut pertama kali di datangkan dari luar negeri pada tahun 1969. Semenjak saat itu para ahli terutama badan Balai Benih Induk (BBI) indonesia terus bereksperimen melahirkan sub-spesies terbaru. Seiring dengan populasi jenis ikan nila di alam liar juga sudah semakin terancam hingga sampai saat ini lembaga tersebut terus mengembangkan Strain terbaru.

Sebenarnya, tidak banyak yang tahu bahwa ada beberapa jenis ikan nila dan perbedaan jenis, tentunya, akan mempengaruhi cita rasa dari olahan ikan nila tersebut. Bagi para petani ikan nila, mengetahui jenis ikan nila akan sangat membantu sebagai patokan dalam pengembangbiakan. Ikan nila sangat mirip dengan ikan mujair, karena jika dilihat secara fisik ikan nila memang sangat mirip dengan ikan mujair

Namun sayangnya, banyak masyarakat kita yang kesulitan dalam membedakan antara ikan nila dan ikan mujair. Sebenarnya, perbedaan antara ikan nila dan ikan mujair sangat mudah untuk diidentifikasi melalui bentuk dari kedua jenis ikan tersebut. Jika dilihat sepintas, ukuran tubuh ikan nila lebih besar sedangkan ukuran ikan mujair lebih kecil. perbedaan lainnya yakni ikan nila memiliki garis-garis yang mencolok dibagian sirip, sedangkan ikan mujair tidak.

Pemilihan Ikan Nila

Jenis jenis ikan nila : setidaknya lebih dari 16 jenis ikan nila yang ada di Indonesia, maka memilih ikan nila yang tepat sesuai dengan kebutuhan haruslah dilakukan dengan cermat. Ada beberapa tujuan utama dalam memilih ikan nila, yaitu untuk kolam dan untuk budidaya ikan nila atau untuk hiasan di aquarium.
Berikut salah satu jenis ikan nila yang sangat terkenal

Ikan Nila Gift

JENIS IKAN NILA DAN CIRI-CIRI IKAN NILA GIFT

Gift adalah singkatan yaitu : genetic improvement of farmed tilapias, Nila Gift (genetic improvement of farmed tilapias) spesies yang pertama kali dibudidayakan di International center for Living Aquatic Research Management pada tahun 1987. Lembaga yang sudah didukung oleh Asian Development Bank dan Unites Nations Development Programe (UNDP) tersebut berhasil melahirkan nila Gift dari hasil perkawinan silang antara jenis ikan nila dari Singapura, Thailand, Mesir, Kenya, Israel, Senegal, Ghana, dan Taiwan.

Pada tahun 1994, jenis ikan gift ini sendiri mulai merambah ke tanah air dan terus dikembangkan oleh badan ahli setempat. Kurang lebih saat ini sendiri ikan nila gift sudah mencapai generasi keenam dan pasti akan terus berkembang. Dari segi warna ikan nila Gift tidak begitu menawan, namun ia mempunyai keunggulan dari segi pertumbuhan. saat menginjak umur 5-6 bulan Ikan nila gift bisa mencapai bobot badan 600 gram / per ekor. Selain itu keunggulan atau kelebihan ikan nila gift yang lain yaitu interval pemijahan dalam kurun waktu 3-6 minggu dan sang induk bisa sampai melahirkan telur sebanyak 2000 – 3000 butir telur.

CIRI-CIRI IKAN NILA GIFT

Sepintas, sosok ikan nila Gift dan ikan nila lokal agak sedikit sulit dibedakan, terutama ketika masih dalam stadium benih. Perbedaannya hanya bisa diketahui dari bentuk proporsi dan warna tubuh.

Ukuran kepala ikan nila gift relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran kepala ikan nila lokal. Namun ukuran mata ikan nila gift cukup besar dibandingkan dengan ukuran mata ikan nila lokal.
Dari segi tinggi dan lebar tubuh, ikan nila gift tampak lebih tebal dengan perbandingan 4 : 1 dan ikan nila lokal tampak lebih tipis dengan perbandingan 3: 1.

Tubuh ikan nila gift lebih pendek dengan perbandingan panjang dan tinggi 2 : I, sedangkan perbandingan panjang dan tinggi tubuh ikan nila lokal 2,5 : 1.

Ciri lain yang membedakan antara ikan nila gift dan ikan nila lokal adalah warna tubuh. Warna tubuh ikan nila gift hitam keputihan dan bagian bawah tutup insangnya berwarna putih, sedangkan ikan nila lokal berwarna putih. Sementara kehitaman dan ada yang berwarna kuning. jika dibandingkan dengan ikan nila lokal, ikan nila gift memiliki beberapa Berat komparatif sebagai berikut.

- Jumlah telurnya lebih banyak 20-30%
- pertumbuhannya lebih cepat 300-400% dan Berat benihnya mencapai 17,5 gram.
- Pertumbuhan saat pembesaran lebih cepat 100-200% dengan konversi pakan rendah, yaitu berkisar 0,8-1,2.
- tahan terhadap lingkungan yang kurang baik dan memiliki toleransi hidup di perairan dengan salinitas 0-15%0, sehingga bisa dipelihara di perairan payau.

Nah, demikianlah informasi mengenai ikan nila gift, data tentang ikan nila gift ini kami olah dari berbagai sumber. semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "JENIS IKAN NILA DAN CIRI-CIRI IKAN NILA GIFT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel