4 JENIS IKAN LOUHAN KAMFA DAN CIRI CIRINYA

IKAN LOUHAN KAMFA

4 JENIS IKAN LOUHAN KAMFA DAN CIRI CIRINYA

Jenis dan Ciri – Ciri Ikan Louhan Kamfa - Ukuran anakan ikan louhan kamfa lebih panjang dari ukuran anakan ikan louhan lainnya dan bentuk badannya agak persegi. Ciri lainnya ukurun sirip ikan louhan kamfa melebar dan lebih panjang.

Warna mata ikan louhan kamfa pada umumnya kuning keputihan, namun untuk yang kualitas super warna matanya merah terang. Sangat langka memang mendapatkan anakan louhan kamfa yang bermata merah terang. Bentuk mata ikan louhan kamfa agak cekung kedalam dan berukuran kecil. Saat masih anakan, ikan louhan kamfa memiliki warna dasar merah dan hijau kekuningan, warna dasar ini hampir sama dengan jenis ikan louhan cencu.

    Bibir ikan louhan kamfa sangat mudah untuk dikenali, karena bentuk bibir louhan kamfa sama besar antara bibir atas dan bibir bawahnya. Sangat berbeda dengan ukuran bibir ikan louhan jenis lainnya, yakni bibir bawah rata-rata lebih besar dari bibir atas.

    Ukuran sisik ikan louhan kamfa lebih tebal dan besar dibanding ikan louhan jenis lainnya, dan ini merupakan salah satu faktor yang menjadikan nilai ikan louhan kamfa lebih tinggi dari louhan jenis lainnya. Ditambah pola corak warnyanya yang menyerupai bunga yang tertata rapih dan lebih besar dari pola corak ikan louhan jenis lainnya.

      Jenis dan Ciri – Ciri Ikan Louhan Kamfa

      Ikan louhan kamfa umumnya terbagi menjadi 4 kelas, yakni ikan louhan kamfa thailand, ikan louhan kamfa modern, ikan louhan king kamfa, dan ikan louhan kamfa klasik. Berikut adalah ciri-ciri ikan louhan kamfa tersebut.

      1. Ikan Louhan Kamfa Thailand
      Nama kamfa thailand diambil dari tempat asal jenis louhan ini dibudidayakan. Ikan louhan Kamfa thailand merupakan hasil dari persilangan antara ikan louhan cencu dengan ikan louhan kamfa. Ciri ciri dari ikan Louhan kamfa thailand diantaranya yaitu Merah pudar adalah warna tubuh ikan louhan kamfa thailand. memiliki benjolan (jenong) yang tidak terlalu besar pada kepalanya. Dengan marking pola bunga hitam dari benjolan kepala sampai ekornya. Sebab warnanya yang pudar dan benjolannya yang lebih kecil menjadikan jenis ikan louhan ini paling murah dibanding ikan louhan kamfa jenis lainnya.
      Jenis dan Ciri – Ciri Ikan Louhan Kamfa

      2. Ikan Louhan Kamfa Modern
      Ikan louhan kamfa modern memiliki ukuran tubuh lebih kecil begitu juga dengan tonjolan pada kepalanya lebih kecil bila dibandingkan dengan ikan lohan jenis kamfa lainnya, sedangkan untuk warna tubuh ikan louhan jenis ini hampir sama dengan ikan louhan kamfa klasik. walaupun ukuran tubuh dan tonjolan pada kepala ikan louhan kamfa modern lebih kecil, namun dari segi harga ikan louhan kamfa modern lebih mahal dibanding dengan louhan kamfa klasik, di karenakan ikan louhan kamfa modern tergolong langka, dan jenis ikan louhan kamfa modern ini memiliki corak warna yang paling cantik jika dibanding dengan jenis ikan louhan kamfa lainnya. 

      3. Ikan Louhan King Kamfa
      Ikan louhan king kamfa termasuk jenis ikan louhan termahal di antara jenis louhan kamfa lainnya. Terlebih yang sudah sering memenangi kontes harganya bisa puluhan bahkan ratusan juta. Ciri ciri dari ikan louhan king kamfa diantaranya yaitu mempunyai tonjolan pada kepalanya berwarna merah dan cenderung lebih besar jika dibanding dengan ikan louhan jenis lainnya, mutiara di sekujur tubuhnya lebih rapih dan lebih besar, sampai-sampai jenis louhan kamfa ini terlihat berwarna silver, karena hampir sekujur tubuhnya tertutup bintik-bintik mutiara yang sangat banyak.

      4. Louhan Kamfa Klasik
      Ikan louhan kamfa klasik pada bagian tengah tubuh hingga ekornya berwarna silver agak putih sedangkan pada bagian kepala hingga tengah tubuhnya berwarna merah, kedua warna tersebut merupakan ciri khas ikan louhan kamfa klasik. Walau terkadang ada juga yang warnanya merah dan kuning. Pola corak bintik-bintik silver atau mutiara pada kamfa klasik hanya terdapat pada bagian tengah hingga ekornya saja, selain itu ukuran mutiaranya pun lebih kecil.

      Demikianlah informasi mengenai 4 jenis ikan kamfa yang banyak terdapat dipasaran, data tentang ikan kamfa ini kami olah dari berbagai sumber

      Belum ada Komentar untuk "4 JENIS IKAN LOUHAN KAMFA DAN CIRI CIRINYA"

      Posting Komentar

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel