Ciri-Ciri Indukan Ikan Bawal Yang Matang Gonad dan siap dipijah

PERIKANAN

Cara mengetahui ikan bawal yang matang gonad

Ciri-Ciri Indukan Bawal Yang Matang Gonad - Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari masyarakat kita. Ukuran yang besar, rasanya yang sangat gurih, dan duri yang tidak begitu banyak adalah beberapa keunggulan mengapa ikan bawal ini menjadi pilihan para penikmat kuliner. Sedangkan petani ikan air tawar sangat menyukai memelihara ikan bawal karena cara memeliharanya yang relatif sangat mudah, ikan bawal tahan dari serangan penyakit dan biaya produksi juga relatif murah, serta pertumbuhannya yang cukup cepat berbeda dengan ikan air tawar lainnya. Dengan semakin meningkat nya permintaan ikan bawal dipasaran, maka kita memiliki peluang besar untuk usaha perikanan dengan memproduksi bibit ikan bawal untuk dijual maupun untuk dibesarkan sendiri.

Biasanya indukan ikan bawal siap untuk dipijahkan ketika sudah berusia tiga tahun untuk induk bawal jantan sedangkan empat tahun untuk induk bawal betina. Ciri-ciri induk ikan bawal jantan yang telah matang gonad atau telah siap untuk dipijahkan yaitu kita dapat mengetahuinya dengan cara memijit atau mengurut pada bagian di sekitar alat kelaminnya. Jika saat kita urut mengeluarkan sperma/cairan berarti ikan bawal tersebut sudah siap untuk membuahi telur. Kemudian Ciri-ciri dari induk ikan bawal betina yang telah siap untuk dipijahkan yaitu lubang kelaminnya berwarna kemerahan. Kemudian hal lainnya yang juga harus diperhatikan yaitu perawatan induk ikan bawal yang harus dipisahkan di dalam kolam perawatan dan terpisah antara induk bawal jantan dan induk betina agar terhindar dari pemijahan liar karena jika terjadi pemijahan liar hasilnya sudah pasti tidak akan optimal.

    Memilih Induk Ikan Bawal

    Kita dapat membesarkan induk ikan bawal sendiri ataupun membeli indukan ikan bawal yang sudah siap untuk dipijahkan. apabila anda memutuskan untuk membeli indukan ikan bawal, maka belilah dari petani ikan yang sudah terbukti kualitasnya.

    Berikut adalah ciri-ciri indukan ikan bawal yang baik:
    Bentuk tubuh induk jantan lebih langsing, Sedangkan bentuk tubuh induk betina melebar dan pendek
    Warna kulit induk jantan kemerah-merahan, Sedangkan warna kulit induk betina lebih gelap.
    Perut induk jantan kasar dan perut induk betina lembek.

    Ciri-Ciri Indukan Ikan Bawal Yang Matang Gonad

    Cara Memilih Induk Ikan Bawal
    Gambar : Perut induk ikan bawal terlihat sangat merah
    1. Indukan ikan bawal jantan yg sudah matang gonad dan siap dipijah dapat kita tandai dengan warna pada bagian dadanya yang merah cerah, jika distripping atau diurut ke arah bagian perut akan keluar sperma (cairan putih susu).  
      Ciri-Ciri Indukan Ikan Bawal Yang Matang Gonad
    2. Pada induk ikan bawal betina ciri yang telah matang gonad dapat dilihat dari bagian perutnya yang membesar atau mengembang.
      Ciri-Ciri Indukan Ikan Bawal Yang Sudah Matang Gonad
    3. Kemudian untuk memastikan bahwa telur-telur induk ikan bawal betina tersebut telah matang gonad sebaiknya telurnya diambil sedikit dengan menggunakan kateter, cara mengambilnya yaitu dengan memasukkan kateter tersebut ke dalam lubang kelamin induk bawal betina yang terdapat saluran kantung telurnya sedalam lebih kurang 2,5 centimeter, lalu diisap secara perlahan dan harus dengan sangat hati-hati agar tidak menyakiti ikan, sehingga telur sebagian akan masuk kedalam selang kateter.  
      Ciri-Ciri Indukan Ikan Bawal Yang Matang Gonad
    4. Jika telur-telur bawal tersebut sudah berbentuk bulat, dan warnanya sudah kehijauan, serta mempunyai ukuran yg seragam, maka itu menandakan bahwa induk ikan bawal tersebut sudah matang kelamin dan siap untuk dipijahkan.
    Nah, itulah sedikit informasi mengenai ciri-ciri ikan bawal yang sudah matang gonad, data perikanan ini kami olah dari beberapa sumber, semoga informasi tentang ikan bawal ini bermanfaat bagi kita semua.

    Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Indukan Ikan Bawal Yang Matang Gonad dan siap dipijah"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel