cara membedakan jenis kelamin ikan koi jantan dan koi betina

PERIKANAN

cara yang paling mudah membedakan ikan koi jantan dan ikan koi betina

Perbedaan Ikan Koi Jantan dan ikan Koi Betina - Koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki kombinasi warna unik yakni putih, hitam, kuning dan merah. Sehingga ikan koi sangat indah jika kita pelihara di dalam kolam rumah. Cyprinus carpio L bahasa latinnya ikan koi. Ikan koi ini sudah tersebar diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia sendiri dan yang paling dahsyat lagi ikan koi di negara jepang. Bahkan kini semakin hari ikan koi ini terus digemari oleh para pecinta ikan hias, sebab selain warnanya yang cantik ikan koi juga sangat mudah dipelihara.

Namun, salah satu masalah bagi pemula untuk membudidayakan ikan koi ini ialah masalah dalam pemilihan ikan koi yang baik dan yang berkualitas. Ikan koi super dan unggul memiliki ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki oleh ikan koi biasa, saat ini sudah banyak dijual ikan koi yang berkualitas bagus tetapi harganya yang terbilang sangat mahal.

Ikan koi super bisa mencapai harga jutaan rupiah. Sedangkan untuk jenis ikan koi biasa, dengan ukuran yang sama, mungkin harganya hanya beberapa puluh ribu saja. Bahkan bila ukurannya kecil, harganya bisa lebih murah. Sebelum kita memulai budidaya ikan koi ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu tentang perbedaan antara ikan koi jantan dan koi betina

Membedakan Ikan Koi Jantan dan Koi Betina

ciri-ciri umum ikan koi jantan dan koi betina

Berikut ini adalah sedikit informasi mengenai ciri-ciri pada ikan koi jantan dan ikan koi betina, ciri-ciri fisik seperti ini dapat dengan mudah dilihat pada saat ikan koi sudah berumur 5-7 bulan, karena pada umur ini ciri fisik dari ikan koi sudah terlihat jelas. 

Ciri-Ciri Ikan Koi Jantan

  1. Pada umumnya postur badan Ikan koi ramping dan memanjang.
  2. Jika Perut diraba akan terasa padat
  3. Pipi ikan koi jantan cenderung lebih kasar, namun ada juga ikan koi jantan yang pipinya halus.
  4. Bila di raba pada bagian sirip dada ikan koi jantan maka akan terasa kasar.
  5. Bila Anus ditekan ikan koi jantan akan mengeluarkan cairan yang berwarna putih lengket ini khusus untuk ikan koi dewasa
  6. Bentuk sirip ikan koi jantan biasanya lancip.

Ciri-Ciri Ikan Koi Betina

  1. Pada umumnya badan ikan koi betina lebih gemuk, dan bentuknya membulat. 
    ciri-ciri ikan koi betina
  2. Perut koi betina jika diraba terasa lembek.
  3. Badan ikan koi betina juga nampak lebih besar dari pada koi jantan, Apabila kita lihat dari atas badan ikan koi betina tampak melebar kesamping kanan dan kiri.
  4. Ikan koi betina mempunyai pipi yang halus.
  5. Di bagian sirip dada ikan koi beti
  6. Dan bila kita raba tidak kasar, akan terasa halus.
  7. Bila bagian anus di tekan ikan koi betina akan keluar kotoran.
  8. Bentuk sirip ikan koi betina biasanya bulat.
Itulah informasi singkat mengenai perbedaan antara ikan koi jantan dan koi betina, semua data tentang ikan koi ini kami olah dari beberapa sumber, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

    Belum ada Komentar untuk "cara membedakan jenis kelamin ikan koi jantan dan koi betina"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel