Ciri-Ciri Induk Ikan Patin Yang Siap Pijah

PERIKANAN

Ikan patin yang sudah matang gonad

Ciri Induk Ikan Patin Yang Siap Mijah – Seleksi adalah kegiatan memilih atau memisahkan antara induk-induk ikan patin yang sudah matang gonad. Tujuan seleksi untuk mendapatkan induk-induk ikan patin yang siap untuk mijah, dimana telur-telur dapat dibuahi dan spermanya bisa membuahi. Kegiatan penseleksian induk ikan patin ini dilakukan setelah pematangan gonad dan sebelum pemijahan dilakukan.

Yang perlu untuk diperhatikan adalah sebelum melakukan penseleksian induk ikan patin, air kolam disurutkan hingga setinggi 5 centimeter. Induk ikan patin ditangkap satu persatu, kemudian kita lihat kematangan gonadnya. Induk ikan patin yang sudah matang gonad dimasukan kedalam plastik ataupun bisa juga dimasukan dalam karung yang halus dan basah, lalu angkut ke bak pemberokan, sedangkan induk-induk ikan patin yang belum matang gonad dikembalikan lagi ke kolam sebelumnya.

Memang betul ikan patin ini dapat dipijahkan secara alami maupun secara buatan, Namun, yang menjadi syarat utama keberhasilan dalam pemijahan ikan patin ialah induk patin yang dipijahkan, haruslah yang sudah matang kelamin atau matang gonad.

Adapun ciri-ciri induk ikan patin yang telah matang kelamin atau matang gonad dan siap untuk dipijahkan adalah sebagai berikut:

Induk Ikan Patin Jantan:

  1. Berat 1,5 – 2 kg,
  2. Umur 2 tahun
  3. Kulit perut lembek dan tipis,
  4. Kelamin membengkak dan berwarna merah tua.
  5. Bila diurut keluar cairan sperma berwama putih

Induk Ikan Patin Betina :

  1. Berat 3 – 4 kg
  2. Umur 3 tahun
  3. Kulit pada bagian perut lembek dan tipis
  4. Perut membesar ke arah anus
  5. Kloaka membengkak dan berwama merah tua
  6. Pada Ikan patin betina yang sudah matang kelamin perut akan terasa empuk dan halus bila diraba
  7. Jika di sekitar kloaka diurut akan keluar telur yang bentuknya bulat dan besarnya seragam.
Demikianlah uraian singkat mengenai ciri-ciri ikan patin yang sudah matang kelamin atau matang gonad, data perikanan ini kami rangkum dari beberapa sumber, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Induk Ikan Patin Yang Siap Pijah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel