Mengenal ikan arapaima gigas dan ciri-cirinya

PERIKANAN

Mengenal ikan arapaima gigas dan ciri-cirinya


Ikan Arapaima GigasIkan air tawar raksasa, Arapaima gigas, saat ini semakin digemari oleh masyarakat pecinta ikan hias. Ikan yang berasal dari perairan tropis Amerika Selatan ini sekarang ini sudah banyak dijual sebagai ikan hias peliharaan.

Jenis Ikan raksasa ini yaitu ikan Arapaima gigas juga biasa disebut paiche atau pirarucu. Ikan arapaima gigas ini bernafas di udara atau dipermukaan air, cara bernafas ikan arapaima gigas ini sangat berbeda dengan jenis ikan lainnya

Ciri-Ciri Ikan Arapaima Gigas

Ikan arapaima gigas termasuk salah satu jenis ikan air tawar terbesar yang bisa mencapai panjang sampai 2,75 meter dan berat dapat mencapai 200 kg. Ikan arapaima gigas mempunyai bentuk badan yang lebar, bersisik, berwarna abu-abu dan bentuk kepala yang meruncing. 
ikan arapaima gigas dan ciri-cirinya
Ketika masih kecil, ikan Arapaima gigas berwarna kehitaman. Namun, semakin besar warna di bagian ekor yang tadinya berwarna hitam berubah menjadi merah. ikan arapaima gigas banyak hidup di Amazon di Amerika Selatan dan danau-danau sekitarnya, Ikan ini disebut juga ikan gabus amazon. Sepintas, bentuknya memang mirip ikan gabus. 
Meskipun ikan arapaima gigas ini mampu bertahan di dalam air selama 10-20 menit, jenis ikan ini lebih cenderung bertahan di permukaan air. Di sinilah ikan arapaima gigas ini mengintai mangsa dan muncul kepermukaan air untuk bernafas. Oleh karena kebiasaan ikan arapaima gigas yang berada di permukaan air menyebabkan ikan raksasa ini mudah sekali diburu oleh manusia menggunakan tombak atau seruit yang tajam. Bahkan ada beberapa suku di Amazon memakan daging ikan arapaima gigas, termasuk lidah ikan ini. suku-suku tersebut juga mengoleksi sisik ikan arapaima gigas ini yang dijadikan perhiasan.

Makanan Ikan Arapaima Gigas

Jenis Makanan Ikan Arapaima Gigas

Ikan Arapaima gigas biasanya memakan ikan-ikan yang berukuran kecil, tapi bisa pula ikan raksasa ini menyergap burung-burung yang sedang berada di dekat permukaan air. Biasa nya untuk membesarkan ikan arapaima gigas ini hingga berbobot 15 kg dibutuhkan waktu dua tahun bahkan bisa lebih. "Makanannya ikan masih hidup atau mati sama saja. Ikan arapaima gigas juga mau makan daging.

Jika dilihat dari segi harga ikan Arapaima gigas lumayan tinggi. Di Jalan Sumenep, seekor ikan arapaima gigas seukuran lengan orang dewasa harganya bisa mencapai sekitar Rp 1,2 juta. Ada juga ikan Arapaima gigas berumur dua tahun, berat sekitar 15 kg dan panjang 1 meter, harganya mencapai hingga Rp 4 juta.

Demikianlah uraian singkat mengenai ikan arapaima gigas, semoga informasi perikanan ini bermanfaat bagi kita semua. data ini kami olah dari beberapa sumber 

Belum ada Komentar untuk "Mengenal ikan arapaima gigas dan ciri-cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel