cara membedakan antara ikan mujair jantan dan mujair betina

PERIKANAN

CIRI-CIRI IKAN MUJAIR JANTAN DAN BETINA

Perbedaan Antara Ikan Mujair Jantan Dan Betina - Ikan Mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari perairan Afrika, Ikan Mujair ini sangat terkenal di Indonesia. ikan mujair sangat mudah dalam peliharaan selain itu ikan mujair juga sangat mudah untuk dikembangbiakkan. Ikan mujair juga memiliki keunggulan, ikan mujair bisa hidup di air yang berkualitas rendah,  Berikut ini cara untuk mengetahui perbedaan ikan mujair jantan dan betina, karena ini sangat penting dalam proses perkawinan.

Perbedaan Antara Ikan Mujair Jantan Dan Betina

Ciri Ikan Mujair Jantan

Cara terbaik mengetahui perbedaan antara ikan mujair jantan dan mujair betina adalah dengan melihat bagian vital kelamin. Tangkap ikan mujair jantan, lalu anda balikkan tubuh bawahnya ke arah atas. Ikan mujair jantan alat kelaminnya berbentuk sedikit meruncing dan tepat di bagian bawah ekornya terdapat 2 buah lubang, yaitu lubang urogenital (pembuangan urine dan sperma) dan lubang anus.
Selain bagian vital kelamin, letak perbedaan ikan mujair jantan dan mujair betina juga terlihat dari ciri-ciri fisik. Sirip ikan mujair jantan dibagian dada berwarna agak kecoklatan apabila kita perhatikan dengan mata telanjang. Ikan mujair jantan warna pada bagian dagu tampak kehitaman atau warna kemerahan.
Perut ikan mujair jantan lebih pipih dan didominasi warna kehitaman. bila bagian perut dipijat maka ikan mujair jantan tersebut akan mengeluarkan cairan. Ini hanya terdapat pada pejantan saja, berbanding terbalik dari betina.

Ciri Ikan Mujair Betina

Cara paling efektif mengetahui letak perbedaan ikan Mujair jantan dan ikan mujair betina adalah dengan memeriksa alat kelaminnya. Ikan mujair betina memiliki alat kelamin yang menyerupai seperti bentuk bulan sabit yang ada di bagian bawah perut dekat ekor. Ikan mujair betina memiliki 3 buah lubang di bagian dekat ekornya, yaitu lubang urine, lubang telur dan lubang anus.
Perbedaan ciri-ciri fisik ikan mujair jantan dan mujair betina terlihat dengan jelas di bagian dada. Sirip ikan mujair betina lebih banyak didominasi oleh warna kehitaman. Sedangkan pada bagian dagunya berwarna agak putih. Perut ikan mujair betina lebih mengembang bila dibandingkan dengan mujair jantan yang lebih pipih. Sirip bagian perut terlihat warna putih dan pada bagian tubuh itu tidak akan mengeluarkan cairan bila kita pijat.

Kesimpulannya: 

Perbedaan Antara Ikan Mujair Jantan Dan Ikan Mujair Betina

CARA MEMBEDAKAN ANTARA IKAN MUJAIR JANTAN DAN MUJAIR BETINA

Perbedaan ciri-ciri fisik ikan mujair jantan dan mujair betina dapat diwakilkan dari cairan yang ada di bagian perut. Apabila perut dipijat, Ikan mujair jantan akan mengeluarkan cairan dan itu tidak terjadi pada mujair betina. Cara yang paling efektif adalah dengan melihat bentuk alat kelaminnya.

Alat kelamin ikan mujair jantan nampak meruncing bila kita bandingkan mujair betina yang menyerupai bulan sabit. Selain itu letak perbedaan ikan mujair jantan dan mujair betina terlihat jelas dari jumlah lubang yg terdapat di bagian bawah dekat ekor, ikan mujair jantan mempunya dua lubang dan mujair betina mempunya tiga lubang.

Demikianlah informasi singkat mengenai Perbedaan Antara Ikan Mujair Jantan Dan Ikan Mujair Betina

Belum ada Komentar untuk "cara membedakan antara ikan mujair jantan dan mujair betina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel