CARA MEMBEDAKAN IKAN EKOR PEDANG JANTAN DAN BETINA

PERIKANAN

Mengenal tentang ikan ekor pedang

Jenis Ikan Hias Air Tawar - Ikan Ekor pedang/Xiphophorus helleri termasuk salah satu ikan hias air tawar yang paling populer. Nama Xiphophorus sendiri berasal dari bahasa Yunani ξίφος (pedang) dan φόρος (pembawa). Ikan hias air tawar yang satu ini termasuk golongan Livebearers, yaitu ikan yang berkembangbiak melalui pembuahan internal. Berbeda dengan kebanyakan ikan yang bertelur lainnya.

Ikan hias air tawar yang satu ini selain mempunyai bentuk yang sangat unik dan juga memiliki bermacam” jenis, ikan hias jenis ini juga termasuk ikan yang cukup tangguh dan tahan dari segala macam penyakit, Ikan pedang ini juga mudah untuk diternak atau dibudidayakan.

Salah satu yang menjadi daya tarik dan keunikan dari ikan hias yang satu ini yaitu pada ikan pedang jantan terdapat sirip belakang yang cukup panjang menyerupai seperti pedang. Sedangkan yang betinanya mempunyai bentuk tubuh yang lebih bulat daripada pejantan.

Asal Usul Ikan Ekor Pedang

Ikan Ekor Pedang/Swordtail/Xiphophorus helleri berasal dari perairan sungai di sekitar negara Meksiko Selatan, Ikan Ekor Pedang/Swordtail/Xiphophorus helleri ditemukan juga hingga di perairan Guatemala, Amerika Tengah. Ikan ekor pedang ini masuk ke dalam keluarga Poecillidae. Varietas dari Ikan Ekor Pedang yang sering dijumpai yaitu Neon Swordtail, Red Wag, Red Velvet, dan masih banyak lainnya.

Ukuran Ikan Ekor Pedang

Ukuran tubuh ikan ekor pedang dewasa berkisar antara 10 sampai 12 centimeter. Di dalam aquarium, ikan ekor pedang lebih menyukai berenang di area sekitar permukaan. Perbandingan jumlah ikan ekor pedang jantan dan betina yang ideal yaitu 1 banding 3. Selain itu Ikan ekor pedang jantan terkenal aktif secara seksual. Maka ketika menyatukan ikan ekor pedang jantan dan betina dalam satu wadah kita harus benar-benar memperhatikan karena apabila jumlah pejantannya melebihi dari rasio ideal, Maka ikan ekor pedang betina akan mudah kelelahan dan bahkan yang betina bisa stress karena terus menerus diganggu oleh beberapa pejantan.

CARA YANG PALING MUDAH DALAM MEMBEDAKAN ANTARA IKAN EKOR PEDANG PEJANTAN DAN BETINA

perbedaan ikan ekor pedang jantan dan betina

Perbedaan Ikan Ekor Pedang Jantan dan Betina

Induk Ikan Ekor Pedang Jantan

  1. Tubuhnya ramping.
  2. Warnanya lebih cerah.
  3. Kepalanya besar.
  4. Yang Jantan memiliki tonjolan dibelakang sirip perut (gonopodium) ini adalah modifikasi sirip anal yang menjadi sirip yang panjang.
  5. Ikan ekor pedang jantan sirip punggungnya lebih panjang.

Induk Ikan Ekor Pedang Betina

  1. Tubuhnya gemuk
  2. Warnanya kurang cerah.
  3. Ikan ekor pedang jantan dibelakang sirip perut nya tidak ada  tonjolan (gonopodium), tetapi berupa sirip halus.
  4. Sirip punggung biasa.
  5. Kepalanya agak lebih runcing dari pada pejantan.
  6. Perbandingan pemijahan jantan dan betina 1:3
Nah itulah sedikit informasi mengenai Ikan Ekor Pedang, data tentang ikan ekor pedang ini kami olah dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBEDAKAN IKAN EKOR PEDANG JANTAN DAN BETINA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel