Jenis-Jenis Ikan Arwana yang bernilai jual tinggi

PERIKANAN

Jenis-Jenis Ikan Arwana super red atau arwana merah yang bernilai jual tinggi

Jenis-Jenis Ikan Arwana - Bagi para penggemar ikan hias pastinya mengetahui tentang Ikan Arwana seperti ciri-ciri ikan arwana, jenis-jenis ikan arwana, Asal usul ikan arwana dan sebagainya. Ikan arwana termasuk salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar yang cukup populer bagi para pecinta ikan hias. Salah satu Ciri khas dari Ikan Arwana yaitu warna sisiknya yang sangat cantik dan cara berenang yang sangat indah dan anggun. Nama latin Ikan Arwana yaitu Scleopages sp. Ikan hias yang satu ini sering disebut juga dengan sebutan ikan naga atau dragon fish, Platapad, Kelesa, Siluk, Battamundi, Saratoga, Kayangan, Tangkelese, Peyang dan Arowana. Ikan Arwana sebenarnya termasuk jenis ikan purba yang sampai saat ini belum punah dan masih terdapat di sejumlah negara didunia. Selain itu Ikan arwana habitat hidupnya disungai-sungai yang tersebar di wilayah Asia Tenggara. Sedangkan di Indonesia ikan arwana tersebar di sekitar Kalimantan dan Irian. 

Arwana Afrika – African Arwana
Jenis-Jenis Ikan Arwana black golden yang bernilai jual tinggi

Ikan Arwana Afrika dan ikan Arwana Silver kedua jenis ikan hias ini sama-sama berasal dari negara Afrika. Ikan Arwana Afrika ini berasal dari Afrika bagian timur Seperti di negara Gambia, Kamerun dan negara Senegal. Meskipun ikan arwana ini berasal dari wilayah yang sama, namun terdapat perbedaan dengan jenis Arwana Silver.
Perbedaan-perbedaan tersebut terdapat pada bentuk kepala yang lebih kecil apa bila kita bandingkan dengan jenis Arwana Silver.

Arwana Black Golden

Ikan Arwana Black Golden yaitu salahsatu jenis dari ikan Arwana Golden. Ikan Arwana Black Golden biasanya banyak terdapat di Malaysia daerah Johor, Bukit Merah, Trengganu dan Perak,.

Ikan Arwana Black Golden ini mungkin sangat sulit untuk didapatkan karena jenis ikan arwana ini harganya yang jauh lebih mahal ketimbang jenis-jenis ikan arwana yang lainnya. Ciri-ciri dari ikan Arwana Black Golden ini yaitu memiliki warna emas dan diselimuti dengan sisik tebal yang berwana hitam.

Arwana Silver – Arwana Brazil
Jenis-Jenis Ikan Arwana silver atau arwana brasil yang bernilai jual tinggi

Ikan Arwana Silver ini disebut juga ikan Arwana Brazil. Jenis ikan arwana ini termasuk yang paling sering dijumpai karena harganya yang terjangkau atau tergolong ikan arwana yang harga murah. Ciri-ciri ikan Arwana Silver – Arwana Brazil yaitu memiliki Bentuk tubuh panjang dan memiliki sirip yang panjang.

Ikan Arwana Silver – Arwana Brazil ini akan sangat indah dipandang apa bila sudah berukuran dewasa, sekitar 50 centimeter sampai 60 centimeter. Pada awal mulanya ikan Arwana Silver – Arwana Brazil ini berasal dari Amerika Selatan, tapi saat ini sudah banyak dikembangbiakan di sejumlah negara termasuk Indonesia.

Saat ini ikan Arwana Silver – Arwana Brazil telah ada dengan warna platinum silver atau warna sisiknya yang menyerupai warna platinum di seluruh tubuhnya.

Arwana Arapaima Gigas
Jenis-Jenis Ikan Arwana  arapaima gigas yang bernilai jual tinggi

Ikan Arwana Arapaima Gigas yaitu salah satu jenis ikan air tawar terbesar di dunia dan disebutkan bahwa jenis ikan hias ini masih memiliki hubungan kerabat dengan ikan Arwana. Pada saat ikan Arwana Arapaima Gigas ini sudah mencapai usia dewasa, panjangnya dapat mencapai hingga 3 m atau bahkan bisa lebih. Berat ikan Arwana Arapaima Gigas ini bisa mencapai 200 kg.

Ikan Arwana Arapaima Gigas bernapas dengan cara mengambil oksigen langsung dari atmosfer. Ikan Arwana Arapaima Gigas yang masih muda akan muncul ke permukaan air untuk mengambil oksigen setiap 5 menit. Sedangkan Ikan Arwana Arapaima Gigas dewasa akan muncul setiap 15 menit hingga 20 menit sekali ke permukaan untuk mengambil oksigen. Saat dewasa, lidah Ikan Arwana Arapaima Gigas ini mampu mencapai 15 centimeter.

Apa bila air di lingkungan ikan ini sedikit atau air menyusut maka secara otomatis tingkat kadar oksigen akan menurun. jika hal ini terjadi maka ikan Arwana Arapaima Gigas akan menghirup udara langsung dari atmosfer. Selain itu juga kalau lingkungannya kering, maka ikan Arwana Arapaima Gigas ini akan menggulung seperti membentuk sebuah bola. Fungsinya yaitu untuk membenamkan dirinya dalam sebuah lubang hingga air kembali terisi penuh.

Biasanya ikan Arwana Arapaima Gigas ini banyak terdapat di perairan Amazon dan Essequito serta merupakan jenis ikan air tawar yang dilindungi oleh undang-undang di Negara Guyana. juga ikan Arwana Arapaima Gigas ini dilindungi oleh CITES dan IUCN.

Kemudian juga jenis ikan ini sudah termasuk ke dalam hewan langka. populasi ikan Arwana Arapaima Gigas diperkirakan kurang dari 850 ekor di Hutan Iwokara pada lahan basah Rupununi.

Itulah beberapa jenis ikan arwana yang bernilai jual tinggi, dan akan sangat menguntungkan bila membudidayakan ikan arwana jenis ini karena memiliki peminat yang sangat banyak, data perikanan ini kami olah dari beberapa sumber.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Ikan Arwana yang bernilai jual tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel