jenis dan ciri ciri umum ikan lele dan habitat nya

MENGENAL TENTANG IKAN LELE

jenis dan ciri ciri umum ikan lele dan habitat nya

Jenis dan ciri ciri ikan lele - ikan lele merupakan jenis ikan yang habitatnya di air tawar dan berlumpur. ikan lele memiliki tubuh yang licin, sedikit pipih memanjang dan di sekitar area mulutnya terdapat sepasang kumis. Ikan lele ini lebih aktif di malam hari, ikan lele di habitat aslinya akan memijah pada saat musim penghujan. 

ikan lele berhabitat di air tawar dan tidak pernah di temukan pada air asin. Ikan lele biasa hidup di sungai, rawa-rawa bahkan ikan lele juga mampu bertahan hidup di selokan got.

Ikan lele termasuk jenis ikan yang memiliki banyak nama atau sebutan, ikan lele memiliki nama yang berbeda pada beberapa daerah, ikan lele termasuk jenis ikan yang memiliki banyak species, namun demikian, secara ilmiah ikan lele lebih dikenal dengan nama clarias, berasal dari kata chlaros bahasa yunani yang berarti kuat atau lincah, seperti pada kenyataannya di alam bebas, ikan lele memang terkenal sangat lincah dan ikan lele mampu bertahan hidup meskipun dalam kondisi air dan kadar oksigen yang minimum, dikarenakan ikan ini memiliki alat pernapasan tambahan berupa labirin. 

Ikan lele dikembangbiakkan atau dibudidayakan di indonesia untuk konsumsi. kerapkali ikan lele di taruh di tempat-tempat yang tercemar di karenakan dapat menyingkirkan kotoran-kotoran. Ikan lele yang di taruh di tempat-tempat yang kotor mesti diberok terlebih dulu sebelum saat siap untuk dikonsumsi. diberok itu adalah maksudnya dipelihara pada air yang mengalir sekian hari dengan maksud untuk membersihkannya.

kadang-kadang ikan lele juga di taruh di sawah di karenakan dapat memakan hama-hama yang ada di sawah. Ikan lele kerap juga di taruh di kolam-kolam atau juga di tempat-tempat air tergenang yang lain untuk menanggulangi tumbuhnya jentik-jentik nyamuk.

CIRI CIRI UMUM IKAN LELE

Ikan lele memiliki ciri tubuh yang memanjang atau lonjong, dan kulit tubuhnya tidak bersisik dan licin, sirip punggungnya memanjang pada bagian punggung dan terkadang menyatu dengan ekor, bawah perut terdapat sirip anus yang memanjang hingga ke ekornya, 
mengenal tentang ikan lele dan ciri ciri umum ikan lele serta jenis jenisnya

bagian kepala ikan lele cenderung lebih gepeng dan dilindungi oleh tulang yang sangat keras, mata ikan lele terlihat hitam dan kecil disisi kiri dan kanan kepala, pada bagian dada, ikan lele memiliki dua buah patil, yaitu sirip yang terdiri dari tulang yang keras dan lancip.

Masyarakat Indonesia dahulu hanya mengenal jenis lele lokal, kemudian sekitar tahun 1985 jenis lele dumbo masuk ke Indonesia, kualitas lele dumbo yang pada saat itu lebih unggul dibanding dengan Ikan lele lokal langsung mendapatkan tempat di hati para pembudidaya ikan lele di nusantara. Seiring berjalannya waktu dan mungkin juga dikarenakan oleh kelalaian banyak pihak, maka kualitas ikan lele dumbo mengalami penurunan, daya tahan dan pertumbuhan ikan lele dumbopun berangsur-angsur hilang. 

Sekitar tahun 2004 munculah strain baru ikan lele dumbo keluaran Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi yang diberi nama lele sangkuriang, indukan lele dan bibit lele sangkuriang telah membawa pencerahan kepada banyak pelaku usaha ternak lele hingga saat ini, baik indukan maupun benih ikan lele sangkuriang memiliki banyak sekali keunggulan setelah melalui proses perbaikan genetik, selain daya tahan tubuh lebih kuat terhadap serangan penyakit, bibit ikan lele sangkuriang juga dapat tumbuh lebih cepat, selain itu jumlah telur indukan lele sangkuriang juga lebih banyak, semoga saja kualitas lele sangkuriang tetap bisa dipertahankan atau mudah-mudahan malah bisa semakin ditingkatkan.

JENIS-JENIS IKAN LELE

di negara indonesia terdapat 6 jenis ikan lele yang bisa di budidayakan, antara lain :

  1. clarias teysmani, dikenal dengan nama ikan lele kembang di jawa barat , kalang putih di padang .
  2. clarias batrachus, dikenal dengan nama ikan lele di jawa , ikan maut di sumatera utara , ikan kalang di sumatera barat serta ikan pintet di kalimantan selatan .
  3. clarias melanoderma, yang mana dikenal dengan nama ikan duri di sumatera selatan , wiru di jawa barat, wais di jawa sedang.
  4. clarias loiacanthus, yang mana dikenal dengan nama ikan penang di kalimantan timur dan ikan keli di sumatera barat.
  5. clarias nieuhofi, yang mana dikenal dengan nama kaleh di kalimantan selatan, ikan lindi di jawa , limbat di sumatera barat.
  6. clarias gariepinus, yang dikenal dengan nama lele dumbo , king cat fish, didatangkan dari afrika.

Belum ada Komentar untuk "jenis dan ciri ciri umum ikan lele dan habitat nya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel