CIRI CIRI IKAN BETOK, KANDUNGAN IKAN BETOK DAN CARA MEMBERSIHKANNYA

CIRI CIRI IKAN BETOK, KANDUNGAN IKAN BETOK DAN CARA MEMBERSIHKANNYA.


mengenal ikan batok

Ciri-Ciri Ikan Betok - Ikan Betok merupakan salah satu ikan yang berhabitat di perairan tawar. Jadi ikan betok hanya bisa dijumpai di sungai – sungai dan danau saja. Nama lainnya adalah ikan bethik yang mana ikan ini banyak dijumpai didaerah jawa. Yang menjadi keunikan dari ikan betok yakni kemampuannya untuk naik ke daratan. Jadi ikan betok termasuk ikan yang liar. Saat memancing ikan betok harus hati – hati agar jangan sampai sesudah dipancing ikan ini malah lepas lagi. 

ciri – ciri ikan betok yaitu sebagai berikut :

  1. warna sedikit coklat dan agak kehijauan pada bagian atas kulitnya.
  2. Untuk ukuran ikan yang hidup diperaian tawar ikan betok ini tergolong kecil dengan panjang maksimal dari ikan betok adalah 25 cm.
  3. Untuk dibagian samping badan ikan betok berwarna kuning.
  4. Jika dilihat pada bagian bawah ikan betok memiliki warna yang gelap melintang dan tidak beraturan.
  5. Dibagian kepala ikan betok terdapat sisik yang keras dan kaku sekali.
  6. Pada insang ikan betok ini terdapat gigi atau duri yang tajam.
  7. Ikan betok  usianya dapat mencapai 6 tahunan.

Ikan betok saat ini sudah jarang ditemukan untuk dijual. Di pasar-pasar sudah jarang ditemukan ikan jenis ini. Kalaupun ada, ukurannya sangat kecil. Hal ini disebabkan karena intensitas penangkapan yang sangat tinggi oleh masyarakat sekitar. 

Ikan betok mulai banyak dibudidayakan terutama didaerah Kalimantan karena ikan betok memiliki nilai ekonomi yang tinggi, selain itu rasa daging ikan betok yang cukup lezat dan gurih. Jenis yang sering dibudidayakan adalah ikan betok hijau, jenis ini dapat mencapai bobot sekitar 200 gram dibanding kan dengan jenis betok lainnya.

Ikan betok banyak dikonsumsi karena bermanfaat dibidang kesehatan. rasa daging dari ikan betok ini sangat enak sekali. Ini berhubungan dengan kandungan yang terdapat didalam daging ikan betok antara lain adalah :
  • Omega 3 diperlukan oleh anak dimasa pertumbuhan dan juga janin didalam kandungan ibunya. Ini karena omega 3 berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan janin dan anak.
  • Fosfor bermanfaat bagi kesehatan tulang.


Belum ada Komentar untuk "CIRI CIRI IKAN BETOK, KANDUNGAN IKAN BETOK DAN CARA MEMBERSIHKANNYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel